Pages

Friday, February 26, 2021

Pendampingan PSP Hati Kedua

Tahap 1
1. Pengisian data.
2. Penggalian informasi khusus tentang kemampuan KS yang miliki 
3. Menyiapkan dan mengunggah RPP 
Tahap 2
4. Simulasi mengajar (10 menit), jadwal di email
5. Wawancara

Tips menulis esay. Tulis di words baru kemudian disalin ke laman. Laman secara otomatis merefresh setiap 10 menit sekali. Jika langsung menulis pada laman, maka akan hilang karena  ter-rerresh otomatis. 


Thursday, February 25, 2021

Pendampingan pendaftaran program sekolah penggerak

Pembukaan oleh Sekdis Kab Cianjur, Akib B.
Acara dibuka oleh Sekdis Kabupaten Cianjur, Akib B.

Harapan perubahan kondisi pendidikan Kabupaten Cianjur terfasilitasi oleh ditetapkannya Kabupaten Cianjur sebagai pelaksana Program Sekolah Penggerak. 

LPMP dan Paud Dikmas TKPLB yang menjadi nara sumber pada acara pendampingan ini memaparkan hal-hal berikut ini.
Kebijakan Kemendikbud Merdeka Belajar Episode 7 menuntut adanya implementasi PGP di tingkat Kabupaten. 
Sekolah Penggerak (SP) adalah sekolah terpilih yang menerima PGP. Pada tahun 2025 diharapkan semua sekolah menjadi sekolah penggerak.
Kabupaten Cianjur menjadi salah satu dari 111 Kabupaten  dengan jumlah sekolah 2.500 yang menjadi sasaran SP. Tahun 2023 akan menyasar 250 Kab/kota dengan jumlah sekolah 10.000.
SP diperoleh melalui seleksi. Seleksi SP terbuka untuk semua sekolah selama sekolah dapat menunjukkan data sekolah selama 3 tahun ajaran (4 tahun anggaran). SP mendapatkan  5 intervensi. Hasil intervensi dikelompokkan ke dalam Level 1 s.d Level 4.
Tahapan seleksi diawali dengan komitmen dan CV dari KS ke laman yang disediakan. Jawa Barat dibuka untuk 297 sekolah, Kab Cianjur 43 (23 SD, 5 SMA, TK) sekolah.  
Tahapan 2 MoU  dan kesiapan sekolah telah ditandatangan oleh Kemdikbud. 
Pendaftaran masih terbuka sampai 6 Maret 2021.
Masalah: Pendaftar banyak tetapi tidak submit.
Pendaftar masuk melaui akun SIM PKB oleh karenanya operator diharapkan membantu mendaftar. 
Pengawas diharapkan mendampingi para KS untuk mendaftar.
Tujuan: KS yang submit bertambah banyak.
Yang hadir di sini menjadi Tim yang mendampingi KS mendaftar dan dipastikan submit. 

Tanya Jawab:
  1. Masalah kurangnya pendaftar karena mas akerja KS yang kurang dari 4 tahun. Selain itu karena ada penjelasan dari Sekdis bahwa sekolah yang bisa ikut telah ditunjuk.
  2. Rully: Untuk SLB, informasi masih minim. Kabupaten Cianjur terdapat 8 SLB. Kuota SLB ada atau tidak?
  3. Agam: Kebijakan yang diberikan sangat bagus tetapi pada tataran pelaksanaan memunculkan masalah baru; SP tidak bisa rotasi ini menimbulkan pemikiran KS tidak mau memilih SP karena sekolah tempat kerjanya nun jauh di sana; bagaimana dengan biaya dan program?

Rangkaian kegiatan:
JUmat ada kegiatan daring luring untuk pendampingan pendaftaran.
Senin, pendaftaran oleh operator, coaching klinik kepada KS
Cianjur; 6 operator, operator menjadi petugas daerah yang mendampingi sekolah lain sampai selesai. 
Fokus pendampingan: koordinasi, progres data pendaftara, penentuan strategi pendampingan, teknis pendaftaran.
Pendaftar terdapat 210 pendaftar PAUD 6, SD 103, SMP  87, SMA 12, SLB 2. Status verval (kandidat dan diajukan) yang selesai baru 12, SMA daftar 12, diajukan 0. Pendaftar hanya 5,7%. Aturan pendaftaran 2 kali dari kuota. 
Paud; 1.668, SD 1248, SMP: 373, SMA: 94, SLB: 8 Kuota SD 23, SMP 11, SMA 5, SLB 2

Informasi rekrutmen Kepala Sekolah dan Pelatih Ahli Program Sekolah Penggerak

25 Januari - 6 Maret 2021

Seleksi Tahap 1:

a. Pendaftaran

b. Pengisian Biodata (CV)

c. Pengisian Esai

d. Unggah Dokumen

1 Februari - 6 Maret 2021

Seleksi Tahap 1 : Tes Bakat Skolastik (TBS)

 8 Maret - 10 Maret 2021

Verifikasi dan Validasi Data serta Penilaian Seleksi Tahap 1

 1 Maret - 14 Maret 2021

Pengumuman hasil seleksi tahap 1 dan penjadwalan seleksi tahap 2.

 15 Maret - 21 Maret 2021

Seleksi Tahap 2:

 a. Simulasi Mengajar dan Wawancara

b. Survei Kebinekaan

22 Maret - 9 April 2021

Keputusan Bersama Kemdikbud dan Pemda atas hasil seleksi19 April - 26 April 2021

30 April 2021 Pengumuman dan Penetapan Sekolah Pelaksana Program Sekolah Penggerak



Pendaftaran melalui laman sekolah penggerak di sekolah.penggerak.kemdikbud.go.id/pendaftaran-sekolah-penggerak 

" Apapun yang dilakukan oleh seseorang itu, hendaknya dapat bermanfaat bagi dirinya sendiri, bermanfaat bagi bangsanya, dan bermanfaat bagi manusia di dunia pada umumnya. "KHD


Sunday, February 21, 2021

Refleksi Lokakarya 3

Lokakarya 3 dilaksanakan 20 Februari 2021 
Tempat: SMPN 2 Cibinong Bogor 
Peserta: CGP, KS, PS
Kegiatan terlaksana 100%
1. Pembukaan: Daring
 2: Kesepakatan kelas
Peserta menuliskan kesepakatan pada kertas warna
3. Bagja

Friday, February 19, 2021

PCR, Antigen, Antibodi

Singkatannya saya tidak tahu.  Tapi saya mengalami ketiganya. 
Antibodi,  yang pertama diambil darah dari pangkal lengan, kemudian dari ujung jari (lebih ringan sakitnya)
PCR,  dicolok lubang hidung, sakitnya 3 hari ga selesai.
Antigen, dicolok lubang hidung, tapi ga bikin sakit,  cuman geli-geli sedikit.
Hasilnya negatif.  

Thursday, February 18, 2021

Pulang

Belum sempat kuucapkan selamat masuk sekolah baru. 
The bitterest tears shade over the grave are for the words left unsaid and deeds left undone

Tuesday, February 16, 2021

Cianjur Masuk sebagai Sasaran Pelaksana Program Sekolah Penggerak

 Selasa, 16 Februari 2021 dibuka Webex sosialisasi Program Guru Penggerak. Acara pembukaan dihadiri oleh PLT Bupati Cianjur, Herman, Wakil Walikota Kota Bandung, Kepala Dinas Pendidikan Cianjur dan Kota Bandung, serta Kepala LPMP Provinsi Jawa Barat. 

Tanggung jawab sekolah dalam pelaksanaan Program Sekolah Penggerak seiring lima intervensi yang dilakukan. 



Wednesday, February 10, 2021

Rindu

Sesak kepala penuh gambarmu 
Tak satu mili pun tersisa untukku jeda dari godamu
Terlalu larut untuk menunggu
Terlalu pagi untuk menjemputmu
Engkau siksa bagi senjaku.

Mereka mengira itu adalah pelajaran

Saat saya menghadiri pernikahan anak teman-suami (pusing?) di sebuah vila, saya disuguhi hiburan organ tunggal. Lagu yang disuguhkan mulai dari dangdut, kemudian menjadi dangdut yang terdengar seperti dangdut jenis baru. Saya sebut jenis baru karena penonton dan penyanyi menarinya dengan gaya yang tidak begitu sama dengan dalam pikiran saya. Penari berkesan mengumbar gerakan pantat mengarah pada mengajak berkegiatan seks. 
Diantara mencerna setiap sendok makan, saya mencoba menikmati suguhan musik yang hingar bingar menggelegak di ruang pelaminan.
Usai lagu pertama,  naik penyanyi dari tamu undangan. Anaknya sekitar usia 8 tahun turut serta.  lbunya mulai bernyanyi,  entah apa judulnya. Musik pengiring berbaur kendang yang membuat gerakan penyanyi dan penonton mempertontonkan goyang seputar daerah kelamin. Ketika keteplak kendang berbunyi,  bagian depan daerah kelamin juga digerakkan ke depan.  Sangat seronok.
Menjadi menyedihkan saat gerakan itu ditiru anak-anak.  Dengan wajah polos, anak si penyanyi menirukan gerakan goyang sensual. 
Untuk sementara waktu, saya memandangnya sebagai hal lucu.  Lucu, anak-anak dengan suka cita dan tanpa paksaan menirukan gerakan goyang dangdut dan mulutnya dengan hiasan gigi ompongnya, menirukan syair lagu. 
Tapi lama-lama, saya merasa sedih. Anak-anak  menirukan gerakan  goyang sensual para orang tua dan menganggap itu adalah bagian dari keseharian atau ritual saat mengunjungi pesta nikahan. 
Pemberian pelajaran yang diberikan secara turun temurun yang tidak disadari para orang dewasa. Anak-anak menerimanya sebagai sebuah pelajaran yang berlaku dalam kehidupan sehari-hari.
(Asgo, Landbau, Cipanas) 

Saturday, February 6, 2021

Penyegaran AKM

 Tujuan dari asesmen nasional.

Miskonsepsi AKM



Miskonsepsi dipersiapan

Yang penting bukan kondisi saat ini to, tapi progres, mempertahankan


Mata pelajaran apapun penting. Matematika dan bahasa Indonesia membantu untuk memperoleh kemampuan bernalar dan membaca


Literasi dan numerasi menjadi penentu keberhasilan seseorang, itu tidak benar. Yang benar adalah literasi dan numerasi membantu siapapun berhasil dalam belajar.

Hanya dengan sampling dari 7,8 juta siswa, maka dilakukan AN. Di level kelas tentu tidak melulu mendorong ke literasi dan numerasi, malah seharusnya ditambah dengan keterampilan menulis esay, misalnya. Pastikan kelas dapat memotret keunikan siswa.

Lakukan pembelajaran yang membantu murid menjadi bisa membentuk kebiasaan, pola pikir dan karakter. Contoh, RK membuat mind map, nah untuk bisa ke sana harus dibantu dulunya di kelas.


Friday, February 5, 2021

Penyegaran PDP day 2

 Penilaian termasuk salah satu hal yang harus dilakukan pendamping.



Refleksi ada rubrik, 25%

RTL 


Ada pemantau dari manajemen
Pendampingan individu dilakukan 8 kali pendampingan. Untuk kuesioner (KS, rekan sejawat, siswa) pada pendampingan ke-2 pada bulan ke-3.
Pada pendampingan ke-4 ada observasi perilaku CGP.
Pelaporan Lokakarya

Catatan hasil lokakarya 3 sesuai dengan LK yang ditetapkan.





Jurnal komunikasi digunakan untuk melaporkan jika ada peserta yang tidak aktif.
 Berikan komentar dalam bentuk deskripsi.

Secara operasional, Pendamping
KOmponen:
  1. Kehadiran dan partisipasi CGP di saat Lokakarya (Rekaman daftar hadir)
  2. Observasi perilaku CGP dan proses implementasi materi dalam pembelajran di kelas dan atau sekolah (Instremen behavior yang diturunkan dari kompetensi)
  3. refleksi guru penggerak (disediakan)
  4. RTL CGP
LIhat: PPT Penilaian Akhir MOdul (Pdf) 



Thursday, February 4, 2021

PENYEGARAN PDP

 

Saat ini kita hidup dalam masa transisi, segala sesuatu di sekitar kita berubah.
Inspirasi dari masa pandemi berupa praktik baik yang mencakup belajar dadri ruah, bekerja dari rumah, optimalisasi aneka sumber belajar, percepatan literasi TIK, tumbuh kreativias baru, peran serta orang tua meningkat.
Strategi pembelajaran berupa panataan isi ajar, penyampaian isi ajar, dan pengelolaan pembelajaran.



mewujudkan kesetaraan 
kita tercipta tidak sama
harmony in diversity
Mari kita bergerak bersama-sama.

Monday, February 1, 2021

Mengalami Menulis

Kegiatan IHT Literasi SMKN 1 Takokak bersama Ibu lr hj Sumariyah.
Pembukaan.
Penyerahan buku Aku bukan Siti Badriah