Pages

Thursday, December 6, 2018

Materi 2

Penguatan literasi sekolah

TLS, Satgas provinsi
Ada kegiatan 15 menit membaca yan dilakukan setiap hari ( di awal, tengah, akhir pembelajaran)
Ada bahan kaya teks yang terpampang di setiap kelae
Ada postet2 kampanye untuk membaca untuk memperluas pemahaman dan
Siswa memiliki jurnal harian
Ada berbagai kegiatan tindak lanjut dari 15 menit membaca dalam bentuk respin
Ada pengembangan berbagai strategi membaca dalam.kegiatan 15 menit atau dalam pembelajaran
Guru melaksanakan strategi literasi dalam semua mata pelajaran

Minta buku ke Asia foundation

Sumber data: siswa, guru, karyawan,  buku t3ks pelajaran,  buku pengayaan
Jdih.go.id situs semua peraturan yang dikeluarkan pemerintah

Buku pengayaan 870 buku: 75% non fiksi 25% fiksi
3- 6 rombel 1000buku

Indikator literasi dalam pembelajaran
1. Sebelum membaca
Mengidentifikasi tujuan membaca*
Dalam arti luas : menyimak menonton video
Membuat prediksi: menghubungkan aantara yang diketahui dengan apa yang akan dipelajari
2. Ketika membaca
Mengidentifikasi informasi yang relevan
Mengidentifikasi kosa kat baru, kata kunsi, dan atau sulit
Mengidentifikasi bagian teks yang sulit lljika ada ll dannatau membaca kembali  bagian itu
Memvisuakisasi dan atau think aloud atau membunyikan secara lisan apa yang ada dalam pikiran pada saat berusaha memahami bacaan, memecajkan maslah, atau mencoba menjawab pertanyaan
Contoh secara berkelompok soswa mendiskusikan ... dan menyajikan dalam bentuk grafik
Membuat inferensi
Membuat pertanyaan tentang isi teks dan gal2 terkait dengan topik tersebut (dapat menggunakan sumber di luar tels atau buku pengayaan)
3. Setelah membaca
Membuat ringkasan
Mengevaluasi teks
Contoh
Mengubah dari saru moda ke mods ke moda lain
Contoh  masing2 kelompok ...dalam bentuk bagan
Memilih mengkombinasikan dan atau menghasilkan teks multimoda untuk mengomunikasikan konsep tertentu
Menginformasi prediksi
Contoh apa yang sudah kamu pelajari tentang...
Penggunaan alat bantu

Indikator yang belum dieksplisitkan
Membuat prediksi
Mengidentifikasi

Menjadikan sekolah sebagai organisasi pembelajaran berbudaya literasi  (berkarakter)

No comments:

Post a Comment