Pages

Saturday, April 27, 2019

Judul

Keranjang bayi
Boneka barbie
Foto kopi
Angkot
Jus buah
Pagar putih

Gadis rambut panjang
Lampu taman
Kelapa.

Sunday, April 21, 2019

Blog meeting


Teman2 blog batch 2. Meeting 1

1. Selly Nuraprilia media tulis menulis yang lebih luas. Blog bisa dilihat. Manfaatnya bisa langsung diambil.
2. Ayu media pembelajaran, sesuatu yang dianggap penting.
3. Mega situs untuk meluangkan tulis
4. Ahmad Syamsudin  web aplikasi untuk tulisan informasi.
5. Asep Abdul Aziz Cikaret, berbagi informasi
6. Ridwan Setiawan buat curhat
7. Siti Halimah
8. Andi Nur Alam
9. Ai Nurjanah
10. Firqonul Haq
11. Farah Aulia
12. Salman Darusssalam
13. Mega Regita Putri
14. Endah Kurniati

Tujuan
1. Menyimpan catatan sebagai ayah
2. Bertukar pikiran
3. Buat jualan gepuk
4. Promosi barang, jasa (umrah, training)
5. Buat keren2an, gaya2an contoh landing page, call to action dan alamat email untuk dihubungi
6. Menyalurkan hobi,  misalnya nulis
7. Ajang curhat, fb laku karena bisa curhat, manusia alaminya ingin berbagi, menceritakan dirinya.
8. Menambah penghasilan, ada yang jualan blog, tulisan tentang weton, primbon, pengunjung banyak 1k lebih, pekerjaan mereview.  Visitor menjadi penentu penghasilan. Asep lukman.com jualan trening.
9. Sarana belajar, berbagi,lagi trend blog dakwah.
10. Mengasah kemampuan,  gunakan fb masih kurang pembacanya, blog bisa lebih,  menulis tentang apa yang kamu tahu saja (you write about teaching)
11. Eksistensi diri,  kita dikenal setelah meninggal.

Saptuari.com membuat buku dari blognya

Idea: contoh soal membedakan
Tidakada yang bisa menghalangi kesuksesan selain diri kita sendiri.

Blog tekniknya sama, bagaimana memanfaatkannya yang menjadikan berbeda.
Motto: eksis, narsis, laris
Share di semua media jika ada transaksi dengan cara itu menaikkan kepercayaan calon pelanggan lain

Hasil ngeblog
1. Mendapatkan teman
2. Menemukan hobi lain
3. Menghasilkan tulisan yang baik
4. Memperluas jaringan
5. Mendapatkan penghasilan

Latihan nulis tanpa jeda, jangan jadi editor sekaligus.
bukan plagiat, ada tekniknya

Fokus dengan niche blog.
.. fokus 1 niche
.. memiliki pengunjung loyal
.. mudah di monetize, tempelkan jualan yang nyambung dengan itu.
.. menjadi ahli dalam 1 niche

You: niche: mengajar, jualan rekaman suara latihan recognize gambar.

Menemukan topik blog
1. Kenali minat anda
2. Kenali keahlian anda
3. Kenali hobi anda
4. Monetize blog anda, jual, buku terbaik, grosir buku, toko, distributor,  pusat, kulakan, lapak,
Contoh e-bay, sendal jepit,  keris,  kerjasama dengan UMKM kita yang jualnya.
5. Temukan kata kunci yang tepat.

10 hal yang dilakukan saat senggang
Coret 3● yang jarang dilakukan
3 Yang penting ☆
1. Nonton Anime
2. Baca buku ☆ ☆☆
3. Menulis jurnal harian ☆
4. Membuat cerpen
5. Membersihkan rumah ◇
6. Ngobrol ■
7. Nonton Iflix
8.  Membuat buku biografi
9.  Menyulam ●
10. Foto2 alam ●
11. Menulis tentang ngajar

Data, analisa,
Macam2 niche
Food, fashion, beauty,  travel, book, graphic, technp, parenting, education,  motivasi, sport, bisnis,  movie, law, healthy.

Local bussiness optimalization
Blogging menggunakan apa baiknya
1. Blogspot
Html friendly, lebih gampang dikomersilkan, dashbor sederhana, faktor keamanan, tidak ada iklan

2. Wordpress
Lebih nyaman, midaj menjawab komentar,  membedakan tag dan kategori,  permalink dapat di custom, kapasitas gambar fan video 3GB, ads fitur askimet, dapat memblokir dengan IP tertentu

Gambar dikompres 50kb, jangan masukan videonya, klik embednya, ubah dulu ke html.

Blog yang menghasilkan
1. Blog template yang baik
2. Background putih lebih disukai, hitam lambat di hape loadingnya
3. Sidebar/widget kanan
4. Responsive (bisa dibuka di hape, laptop)
5. Fast loading
6. User friendly
7. Sidebar yang sesuai.
Asesoris yang tidak berguna, hilangkan

Merubah tukisan jadi transferan
1. Miliki blog/web
2. Job review
3. Google adsense
4. Web affiliate
5. Toko online
6. Jual keahlian

Tugas
1. Blog?
2. Penting?
3. Niche apa? Education
4. Kenapa?
5. Target blog?

Guru/siswa mencetak buku pelajaran, buku karya guru/siswa

Siapkan video2 yang link ke materi pelajaran.

Blog
Masuk google
Email: badriahyankie9@gmail.com
Title Edublog
Badriah Yankie.blogspot.com

Beli domain
Whois.com

Nyari buat deskripsi
Persamaan kata.com

Ctrl D, untuk bookmark

Kata yang paling cepat ditemukan server adalah how to
Bagaimana cara mengajar dengan mudah

Sub judul
Edutrip

Monday, April 15, 2019

Teu gancang bari pincang 4

Teu Gancang bari pincang
Bagian 4
Ku Badriah
Renghap ranjug kuring nyekel angen. Brek diuk, teu kuat nahan rakacakna haté. Pating burial getih-getih kapeurih nu baheula disidem, ngocor kaluar tina sabulu-bulu. Gusti na bet dikersakeun abdi panggih jeung Rafli? Sirah pinuh ku pananya. 

Teu hadé kabawa ku rarasaan. Kuring buru-buru istigfar, ngumbah beungeut, terus wudu. Lahaola, Gusti pasihan abdi kakiatan. Kuring nangtung, niat téh rék terus balik. Kolotrak panto toilét dibuka.

“Hampura,” ceuk bapana pangantén lalaki bari nangtung hareupeun panto nu kakarak dibuka.

Létah asa heuras, teu aya kecap nu bisa kaluar. Kalayan teu dititah, cimata murubut. Kuring ngabalieur neger-negerkeun manéh sangkan teu ngabangingik ceurik, komo nepika pingsan mah. Matak ngabarubahkeun nu keur hajat atuh. Ku nuturkeunna bapana pangantén lalaki ka toilét ogé tangtuna geus matak ibur keur kulawarga jeung pangantén awéwé.

Bapana Rafli neuteup mata kuring nu pinuh lamokot ku kasedih. Héhérang panonna ngagupayan mawa ka mangsa kuring keur dibagi rapor SD, kelas genep. 

Jelas natrat, moal poho kumaha samar polahna nu jadi indung waktu tepung jeung bapana Rafli. Duanana bangun reuwas kacida. Indung kuring,  Mamih, ngeleper, pias. Bapana Rafli nya kitu kénéh. 

Tepungna Mamih jeung Bapana Rafli kalayan teu disangka-sangka ngarobah lalakon hirup kuring nu nyangka geus teu boga Bapa. Saban kuring nanyakeun dimana Papih, Mamih pok deui-pok deui ngingetan lamun Mamih jadi indung sakaligus bapa keur kuring. Sainget kuring mémang mamih ngagedékeun kuring istuning teu aya nu ngabantuan ti sisi ti gigir. Kahirupan mamih ditomplokkeun kabéh pikeun ngurus percetakan Tantra Printing. 

Bapana Rafli olohok waktu mamih nerangkeun kocoran getih saha nu aya diri kuring. 
"Ieu Salma, tuang putra. Dina akteu kelahiranna natrat ngaran bapana: Priyatna, nyaéta Akang pisan," mamih muka rusiah jati diri kuring, "harita waktos Akang mirak abdi, abdi ngandeg nembé 6 minggon." Sora mamih ngageter, bapa Rafli, hartina bapa kuring ogé,  teu lemek  teu nyarék. Sigana reuwas kacida nepika teu bisa nyarita. Sanggeus rada leler kakarak kedal nyoara. 

"Tanti, naha bet teu bébéja lamun keur kakandungan? Teu sah Akang nalak nu keur kakandungan," bapa Rafli nganaha-naha semu hanjakal nu taya babandinganna. 

Kuring jeung Rafli ukur papelong-pelong, teu ngarti. Naha kuring ngadadak jadi dulur sabapa jeung Rafli. Naha saha ari Rahadi anu fotona aya di kamar mamih. Kahirupan mamih milik mamih, kuring salaku anak cukup ku dipépéndé dongéng orok anu dipalidkeun dibekelan endog hayam. Orokna digedékeun di hiji leuwung liwung ku leungun hiji aki-aki. Endogna jadi hayam jago. Orokna jadi rumaja  engkéna jadi raja, jeung papangih jeung bapana. Tah orok éta teh ibarat kuring, orok nu dipiceun, digedékeun ku indungna sorangan. 

Naon maksud mamih ngibaratkeun diri kuring dipiceun. Saha nu miceun kuring? Boa-boa mamih lain indung kuring. 

Hanca

Guneman

1Majalah
Jurnal
Buku

Jurnal
Pelatihan sudah dilaksanakan dibina 5 orang sekaligus mitra bestari (UPI, LPMP, Pengawas)

Forum Komunikasi

Naskah 20

Dana 750k per naskah, dulu

Panji SMAN 1 Nagrak Sukabumi
Edyar SMAN 1 Ciawi Bogor
Rahmat Hidayat SMAN Cikalong Wetan
Pengawas Ibu Listiawati Depok
Ihat Solihat SDN Cikaret

Daerah,  jenjang
Editor: Panji, Edyar, Badriah

PemRed: Badriah

Rarancang
Template
Konten

Setting
Cetak
Pewajahan

Terbit target 3 x 1 tahun
UPI, Pengawas Eep, LPMP Tatang Sunendar

Size B5
100 halaman

Terbit
April sosialisasi
Spasi 1.15
Huruf Arial
10 hal
Margin kiri 3, 3, 2,5 atas bawah
Juli
Des

Dana 3jt

Friday, April 12, 2019

Babu Kajajadén karya Sjarif Amin

Hiji nonoman panggih jeung wanoja bali anu keur gawé jadi tukang ngasuh anak sinyoh di Bandung. Ti saprak panggih duanana pada bogoh. Waktu si wanoja balik deui ka Bali, terus ménta dibawa kabur ka Bandung, manéhna dag-dagan teu wani. Antukna si wanoja tulus dikawinkeun ka lalaki pilihan kolotna. Tapina si wanoja nganteng haténa ka nonoman urang Bandung. Tungtungna gering. Méméh maot manéhna panggih heula nu panungtungan.  Ngawariskeun buku harianna jeung lontar nu maturan manéhna beurang peuting.

Latarna jaman  walanda. Kumaha kahirupan jaman harita kagambar. Matak mawa ka jaman anu kacida bédana jeung kiwari.

Teu gancang bari pincang

Reuwas lain dikieuna waktu kana ping-ping karasa aya nu baseuh rada-rada haneut. Untungna borolona teu kana lahunan. Lamun kana lahunan, atuh kabéh bakal nampuyak dina lahunan. Sakitu gé teu sué-sué teuing nasib téh. Utahna ngaborolona kana sisi pingping. Lamun lalega mah kuring bakal ti tibuburanjat, tapi da puguh hareurin, ukur bisa neuteup ka si aki anu beungeutna pias. Nu diteuteup samar polah, lain ngarasa karunya ka kuring bangunna mah. Manéhna moal nyahoeun baju anu dipaké ayeuna keur ka ondangan sobat.  Manéhna samar polah sabab … utahna can tuntas.
Lalaki nu gigireun ribut, néangan kérésék. Sigana manéhna paureun si aki utah deui, terus kabagéan utah sési 2. Kérésék ka si aki ditampanan, leungeunna katingali urat hungkul siga akar-akar kai natrat dina kulitna. 

Kuring nu kabagéan hadiah eusi peujit mah, teu dipiroséa. Si aki-aki memener kérésék, siap-siap utah babak kadua. Kuring teu bisa ngambek, da utah mah lain kahayang, teu direncanakeun deuih. Nya, kudu wayahna wé. Katambah deui, aki-akina téh kolot pisan. Aéh ari aki-aki mah dimana-mana gé kolot. Maksud téh aki-akina bangun lain tukang iinditan kana mobil, kolot baheula, nu kamana-mana téh cukup ku leumpang. 

Tungtungna utah téh dielapan ku tisu, teu beresih bener, tapi lumayan teu ngahiuk teuing. Bau késang, bau solar, bau haseup, bau utah, campuh. Mun teu éra mah, hayang orolo, tapi géngsi, piraku utah nurutan aki-aki. 

Reg élp téh eureun. Sirah supir euleugeug. Beuheungna nu pendék hayang bisa maca kaayaan di hareup. Lar tukang Gemblong liwat. Jalan ditutup sakeudeung cenah, aya présiden liwat rék ka istana Cipanas. Meg haté mentegeg. Aya-aya wé séséngkélan téh. Mun teu inget ka sobat, hayang turun, terus wé balik deui ka Cianjur. 

 Leng ngahuleng, beu lalampahan téh nepika kieuna. Ras inget ka obrolan dina WA jeung sobat. 

“Calon suami aku, namanya Rafli,” ceuk sobat dina sms, “orangnya baik, soléh banget, pokona moal aya,” cenah bangun agul pisan ku pisalakieunna. “Bilangnya mah aku pacar keduanya, tapi ga apa-apa, kan nikahnya mah, sama aku.” 

Kuring milu bungah ku sobat anu kaubaran raheut haténa kusabab bébénéna mutuskeun kalayan taya alesan. Sobat téh banget kuat ngadoa, atawa meureun kaasup manusa anu dikakaya, matak digantian ku Alloh téréh-téréh, ku nu soléh, nu moal aya duana ceuk manéhna téa mah.

Pengeusi élp ampir kabéh humandeuar, narik napas panjang bangun hayang ngasupkeun kasabaran bareng jeung asupna hawa kana dada. Kuring ukur bisa ngarep-ngarep sangkan waktu ulah nérélék, bisi datang ka ondangan kapolosan. Gerung kadéngé élp maju deui. Siga nu sahaté kabéh penumpang pok ngagerenyem, “Alhamdulillah.”

Nepi ka ondangan jam dua leuwih, rohangan katingali rada kosong, jam sakitu mah tamu-tamu geus baralik tangtuna gé. Kuring memener baju, rada teu paruguh leumpang mapay karpét beureum téh, rumasa awak bau solar, bau élp, jeung bau utah. Mudah-mudahan wé teu kaangseu ku pangantén. 

Lalaunan kuring naék kana hambalan panggung pangantén. Teges pisan katingali sobat nu mapag ku imut bungah. Di gigireunna lalaki nu ngaran Rafli tangtuna gé. Maké baju seragam pangantén warna salem. Lamun seug kuring nu nangtung di dinya, mana teuing bungahna. 

Srog kuring nepi ka hareupeun pangantén lalaki. 
“Rafli?” kuring nanya.
“Salma?” pangantén lalaki malik nanya. Sobat kuring olohok, teu nyangka lamun kuring wawuh ka Rafli. 

Kuring buru-buru nyampeurkeun sobat, terus sasalaman, capaka cipiki. “Saya ga bisa lama, harus langsung pulang, ditunggu di kantor, “ pok téh teugeug pisan. 

“Difoto dulu atuh Ma, buat kenangan,” ceuk sobat. Jeprét-jeprét kuring dipoto jeung pangantén.  

Buru-buru kuring turun, terus muru toilét.  Dada asa nyelek, eungap. Titingalian asa teu puguh, poék. Kesang tiis juuh. Ceg leungeun nyekel biwir bak cai. Borolo kuring utah.

Hanca.

Thursday, April 11, 2019

Jalur mobil

Hayang gancang kalah pincang
Bandung Ciamis
Kereta Bandung- Ciamis
Elp Bandung Ciamis, kautahan aki-aki, lewat Panjalu, turun di Pom Bensin Gentong duduk berhadapan
Nunggu bis ke Pangandaran.

Rapat kelulusan jam 11.
Sampai jam 12

Pendidikan karakter

1. Rutin: terus menerus dan konsisten: upacara, perayaan hari besar, membersihkan kelas
2. Keteladanan: perilaku dan sikap guru dan tendik memberikan contoh baik
3. Pengkondisian: penyediaan sarpras, toilet, tempat sampah
4. Integrasi mapel
5. Budaya sekolah

Double track: seni budaya, prakarya, kewirausahaan

Saturday, April 6, 2019

50 + 1

06 April 2019
Berdasarkan catatan ijazah yang dijadikan patokan umur, saya berusia 50 + 1 tahun hari ini.
Bagi mereka yang belum mengalami usia 51, mungkin bertanya-tanya, seperti apa rasanya berusia 51 dan apa yang diharapkan pada saat usia menginjak 51 tahun.

Saya pribadi pun tidak menyangka bahwa saya akan berusia sepanjang ini. 51 tahun. Pada saat ini, katanya akibat salah makan, terlalu banyak makan bahan buatan, memakan makanan tidak sehat, sangat biasa ditemukan seseorang wafat pada usia muda. Berusia 51 menjadi usia yang sangat rentan secara kesehatan, produksi kerja, emosi, finansial dan hal-hal lain yang tidak dialami mereka yang berusia di bawah 51.

Secara kesehatan, pada hari ulang tahun, saya terbangun dengan bagian belakang kepala sakit, berdenyut. Mungkin akibat kekurangan tidur. Tidur menjadi masalah bagi saya setelah berusia 50. Gelombang tidur berubah. Pada pukul 19.00 sangat ngantuk, terus ketika diikuti dengan tidur, pukul 2.00 pagi terbangun dan tidak bisa tidur lagi. Nanti sekitar pukul 8.00 atau 9.00 siang, kembali mengantuk. Perubahan gelombang tidur ini, membuat kepala sakit. Mungkin ini tidak bisa digeneralisir. Bisa saja orang lain yang berusia 51 tetapi terbangun dengan sumringah, badan segar bugar. Itu anugerah.

Selain kepala sakit, tulang-tulang agak ngilu dan mata agak perih. Itu keadaan yang menyambut ulang tahun ke-51.

Produksi kerja secara intelektual, lebih baik. Saya bisa mengatakan lebih baik karena saya memiliki lebih banyak halaman buku yang dibaca ketimbang tahun lalu. Hal itu membuat pekerjaan menjadi lebih baik karena ada dukungan pengetahuan dari hasil membaca. Namun secara fisik, tidaklah sekeras sebelumnya. Badan tidak mendukung untuk melakukan hal-hal melebihi takaran usia 51 yang dimiliki orang yang tidak pernah berolahraga.

Secara emosi, saya merasa lebih baik. Saya lebih mudah mengendalikan kemarahan dengan melihat masalah terlebih dahulu, baru mengambil sikap. Secara alamiah, emosi menurun. Apakah pengaruh meditasi? Entahlah.

Financially, berat karena pasangan hidup race for legislative member in Cianjur regency.




Yuval Noah Harari: Spirituality is about question
Religion is about answer (you must believe it, if not you go to hell)

Berbagi Pengalaman (Mengajar) dengan Menulis Artikel


Pengalaman mengajar dapat menjadi inspirasi bagi orang lain sekaligus menjadi alat refleksi untuk pelakunya. Menuliskan pengalaman mengajar dapat dilakukan dengan berbagai cara, salah satunya adalah dalam bentuk artikel.
Menulis artikel untuk tujuan berbagi pengalaman mengajar dapat menggunakan jenis teks paparan atau deskripsi. Teks deskripsi adalah teks yang berisi penjelasan secara rinci mengenai barang, orang, benda, masalah, kasus, isu, atau sesuatu. Memaparkan pengalaman mengajar termasuk kedalam mendeskripsikan kasus.
Secara struktur teks deskripsi terdiri dari: 1) judul, 2) nama penulis, 3) identifikasi, dan 4) deskripsi, 5) Penutup (optional).  Kelima hal tersebut akan diuraikan di bawah ini.
Pertama, judul. Tidak ada ketentuan baku untuk membuat judul artikel pengalaman mengajar. Sekadar saran, judul jangan terlalu panjang. Sebelum membuat judul pengalaman mengajar, ingat-ingat pengalaman mengajar yang mana yang akan ditulis. Sebagai contoh, seorang guru Bahasa Inggris SMA ingin berbagi pengalaman mengajar menulis Caption dengan menggunakan IG. Judul yang bisa ditulis misalnya  Caption IG Fasilitasi Siswa Berpikir Kritis, atau IG untuk Caption, atau  Berbagi Caption dengan IG, atau judul lain yang dipandang  mewakili pengalaman yang akan dibuat artikelnya.
Kedua, nama penulis. Umumnya, pada media massa nasional nama penulis ditulis tanpa menggunakan gelar. Namun, jika penulisan gelar dipandang perlu, dicoba saja dicantumkan. Masalah nanti gelarnya muncul atau tidak, itu ditentukan oleh redaksi.
Ketiga, identifikasi. Identifikasi adalah tulisan yang berisi penjelasan mengenai kasus apa yang akan dibahas. Identifikasi disimpan di awal sebagai paragraf pembuka. Tidak ada ketentuan berapa jumlah kalimat atau paragraf untuk identifikasi. Untuk sekadar latihan, cobalah gunakan identifikasi yang terdiri dari dua paragraf. Paragraf pertama berisi pengantar untuk masuk ke penjelasan spesifik tentang kasus yang dibahas.
Sebagai gambaran, judul Caption IG Fasilitasi Siswa Berpikir Kritis dapat diberi identifikasi seperti berikut. Pada paragraf pertama, tulis hal umum terkait menulis caption, misalnya Memberikan penjelasan pada gambar telah menjadi bagian dari keseharian dalam kehidupan era digital. Setiap orang mengunggah gambar diikuti dengan penjelasan mengenai gambar tersebut. Tujuannya tiada lain adalah untuk memberikan makna lebih mendalam dan lebih luas terhadap gambar.
Pada paragraf kedua tulis hal spesifik mengenai kasus yang sedang dibahas. Sebagai contoh, Para siswa, sebagai anggota masyarakat digital, tidak luput menggunakan Caption. Tidak adanya pengalaman belajar membuat caption, mengakibatkan caption penyerta gambar menjadi tidak berfungsi. Pun, tidak adanya sarana orisinal belajar membuat caption, mengakibatkan menulis caption tidak membantu memperjelas maksud gambar. Memberikan siswa mendapatkan pengalaman belajar membuat caption dan diunggah pada IG diasumsikan membantu para siswa menjadi penulis caption piawai.
Ketiga, deskripsi. Deskripsi adalah bagian yang menjelaskan secara rinci kasus yang sedang ditulis. Jika kasusnya terkait penggunaan IG untuk Caption, deskripsi pertama misalnya memuat bagaimana tatacara membuat caption yang kemudian diunggah pada IG. Deskripsi kedua, misalnya memuat kendala yang mungkin ditemukan pada saat membuat caption dan pada saat caption telah dimuat di IG. Deskripsi ketiga, misalnya menjelaskan hal-hal positif yang ditemukan setelah siswa mengunggah Caption pada IG.
Menuliskan pengalaman mengajar dalam bentuk artikel jenis paparan secara teori seperti diuraikan di atas. Hal lain yang harus diperhatikan pada saat menulis artikel adalah menghindari penggunaan pronomina saya, kami, kita, atau penulis agar paparan tidak menjadi subyektif (persona). Selain itu, agar artikel bisa termasuk kedalam tulisan teks ilmiah mengingat teks ilmiah disepakati impersona atau keterlibatan penulis tidak ditulis.
Kalimat Menulis caption yang diunggah pada IG membuat siswa saya semangat. Mereka berupaya membuat caption terbaik agar bisa banyak diberi komentar oleh pengikut IGnya juga oleh saya sebagai gurunya. Termasuk subyektif, ada persona saya di dalamnya.
Untuk disajikan pada artikel, ubah menjadi Menulis caption yang diunggah pada IG membuat para siswa semangat. Mereka berupaya membuat caption terbaik agar bisa banyak diberi komentar oleh pengikut IGnya juga oleh gurunya.
Seluruh pengalaman mengajar guru dapat dijadikan artikel dalam bentuk paparan. Pengalaman yang dipandang biasa-biasa saja karena bagian dari rutin mengajar, ketika dipaparkan kedalam bentuk artikel bisa saja menjadi inspirasi bahkan solusi bagi guru lain.

Monday, April 1, 2019

Kartu

Kartu

Oleh: Badriah
One-piece dress pink tua membalut tubuhmu menyembunyikan sejarah bekas kehamilan yang kamu katakan telah mencabik ramping pinggangmu. Tubuhmu tidak mengatakan bahwa telah pernah ada jabang bayi yang pernah menjadi bagian siang dan malammu selama sembilan bulan. Kamu sangat cantik. Membuatku berdebar ketika kutahu warna matamu tidak sekelam fotomu yang kulihat pada Facebook yang mempertemukan kita. Pasti kamu menghabiskan waktu berjam-jam memilih baju agar aku terpesona kepiawaianmu menyembunyikan bekas jejak kehamilan. Kamu juga pasti telah merencanakan agar aku tak bisa melepaskan pandanganku dari lekuk garis bibirmu yang kau tegaskan dengan warna pink tua senada dengan bajumu.
“Kamu harus tahu bahwa aku penasaran seperti apa wajahmu diluar kotak hape,” katamu, alismu mengangkat, memaksaku untuk mengakui bahwa akupun penasaran dengan rupamu di luar layar laptop. Kamu pasti yang lebih penasaran. Katamu tadi di WA, kamu mau buka kartu. Aku tidak pernah bermain kartu. Memang aku mengizinkan teman sekosku bermain cangkulan, 41, atau Capsa Susun, tapi aku tidak pernah gabung. Aku tidak suka asap rokok, juga tidak paham kenapa harus ribut gara-gara beda poin.
“Aku berkesimpulan kamu orang baik,”
“Maksudmu?”
“Kayanya kamu bukan laki-laki mata keranjang,” senyummu melebar, tanpa mempedulikan pelayan menyimpan air jeruk hangat yang katanya kesukaanmu, kamu berkata, “Aku bersedia jadi istrimu.”
Darahku naik ke ubun-ubun dan berebutan mendapat tempat di vena-venaku sehingga membuat pipiku kemerahan. Kamu sangat agresif, sangat berani. Aku suka perempuan yang mengambil pokok pembicaraan. Pipiku semakin panas, kamu mengetahui jika aku pemalu sehingga aku tak punya nyali menawarkan diriku sendiri untuk menjadi suami.
“Secepat ini kamu mengajak menikah?” tanyaku. Kamu pasti telah bosan mengurusi bayi sendirian. Suamimu, katamu, meninggalkanmu tanpa memberi aba-aba dan tanpa laba. Kamu bermodalkan facebook menggapai-gapai mencari ayah tiri untuk sesekali mengistirahatkanmu dari urusan bayimu. Kamu pandai membuatku trenyuh dan iba dengan memajang foto bayi yang kau peluk di dadamu.
Aku melihat diriku sendiri menjadi lelaki hebat. Sekali tepuk dua lalat. Aku menikahi seorang perempuan dan langsung menjadi ayah. Kamu akan memujiku sebagai lelaki setengah dewa yang bersedia menerima kamu apa adanya. Kamu dan anak balitamu. Kamu akan bercerita pada semua orang betapa mulianya hatiku yang menyayangi anakmu seperti darah dagingku sendiri. Kamu akan memasang foto di facebookmu, foto kita berdua dan di antara kita ada anak balita. Kamu akan mengunggah kegiatan sehari-hari kita di facebook sehingga teman-teman sekosku akan terkaget-kaget betapa beraninya aku menikahi janda beranak satu. Teman-teman sekerjaku akan tanpa pikir panjang memencet like gantu love ganti like diikuti GIF the Simpsons untuk meledekku.
Menikah tujuannya untuk berketurunan. Aku, tanpa harus bersusah payah telah disediakan anak. Mengapa kisah pernikahanku begitu sederhana. Inikah jawaban terhadap semua kenapa yang setiap malam kuajukan pada Tuhan.
“Jangan senyum sendiri,” katamu mengagetkanku. Kamu terlihat semakin cantik dengan tatapmu yang semuanya hanya tertuju padaku. Warna malam melatari bibir pink tua yang kamu pakai dengan sangat rapi, semuanya terlihat sempurna. Kamu membuatku mabuk kepayang. Tidak. Aku tidak pernah mabuk karena makan buah kepayang. Aku tahu rasa buah kapayang, ibuku memasaknya untukku. Ibuku menyebutnya keluwek, picung, dan itu tak bikin aku mabuk sama sekali.
“Aku harus mengambil keputusan.” Kamu memasang wajah serius, matamu lurus menembus jantungku. Kamu kemudian bercerita ketidakpuasanmu pada rumahtangga. Aku terpukau, lipstik pink tua menyebabkan suara yang keluar dari bibirmu terdengar memintaku untuk tampil menjadi dewa penolongmu. Sekarang aku tahu mengapa para wanita memakai lipstik. Mereka telah tahu sejak awal jika efek suara yang melewati lipstik membuat pendengarnya tersihir, mabuk tanpa makan buah kepayang.
Kamu tidak berhenti bercerita, air jeruk panas kesukaanmu telah lama dingin. Mungkin kamu tidak berencana meminumnya, khawatir air asamnya menghapus lipstikmu. Kamu suguhkan sinetron dimana kamu pelakon utamanya. Kisahmu menjejali kepalaku, tanpa jeda. Kamu tamatkan dalam satu episode yang panjang dan membuatku lupa jika malam telah larut. Terlalu larut untukmu yang meninggalkan anak balitamu sendirian di rumah. Aku tak berani menanyakan dengan siapa anakmu malam ini. Ini malam pertama kita bertemu. Tak elok jika kurusak dengan pertanyaan yang menggambarkan betapa tidak berpengalamannya aku mengurus anak.
“Sekarang bagaimana?” tanyaku sangat hati-hati khawatir kamu salah tanggap. Kamu menggigit bibirmu menyumbat agar air mata tidak sempat mengalir. Kamu menahan nafas, membuatku merasa sesak.
“Pulanglah, “jawabmu.
“Pulang?”
“Kenapa?”
“Bukankah kamu mengajakku menikah?”
Kamu menunduk, bahumu bergerak, sumbatan air matamu telah jebol. Tanggul kesabaranmu telah habis. Kamu terus menangis, tanpa jeda, membiarkanku membuat cerita dalam kepala. 
Perlahan kamu mengangkat wajahmu. Lipstikmu masih utuh, kulihat bibirmu terbuka dan berkata, “Aku belum bercerai dari suamiku, jadi aku tak dapat menikah denganmu.”
Lipstik pada bibirmu terlihat seperti kartu draw 2 yang membuatku lumpuh. Itulah yang kamu maksud dengan buka kartu pada WAmu tadi siang.

Selfi, ops ada masalah

Tanggal 01 April 2019 menjadi sangat penting. Banyak kejadian penting yang mengubah hidup seseorang terjadi akibat angka hari ini 01042019.
Pertama, hari ini ada selebaran di WA yang dikirim Direktur Pembinaan SMA, Purwadi Sutanto, "Selamat menempuh ujian Nasional 2019" tertulis dengan tinta putih pada latar biru disertai foto Pak Direktur sendiri. Flyer dari Bapak Direktur menegaskan bahwa pelaksanaan UN tahun 2019 merupakan upaya pencapaian optimal dan aktualisasi karakter bangsa Indonesia. Pada bagian penutup diberi tanda petik, Pak Direktur berpesan, "Prestasi penting, jujur yang utama."

Hari ini, hari pertama UN bagi para siswa SMA seIndonesia. Siapapun yang mengikutinya hidupnya akan berubah.

Kedua, hari ini adalah hari ancaman bagi para guru agar menggunakan aplikasi K-mob. Ancamannya disebar di WA, seperti berikut:
Mohon ijin bpk ka.cabdin wil VI, meneruskan info dr WAG
#
#
Info dari Bu Anita BKD Prov. Jabar terkait K-Mob, sbb :
1. Sehubungan Kepgub ttg K-Mob blm diterbitkan dan Server/Bandwith di BKD sampai saat ini msh dalam tahap penyempurnaan, maka jadwal uji coba aplikasi K-Mob akan diperpanjang sampai batas waktu yg blm ditentukan.
2. Bagi karyawan/i yang blm menginstal atau melaksanakan uji coba K-Mob agar segera melakukan penginstalan dan uji coba di HP nya masing-masing paling lambat tgl 31 Maret 2019, dan jika tidak dilaksanakan maka BKD akan memberikan sanksi berupa penahanan TTP.
3. Selama Kepgub ttg K-Mob belum ditetapkan, maka karyawan/i tetap mengerjakan SKP Online setiap bulannya sesuai dengan jadwal.
4. Selama perpanjangan uji coba K-Mob diharapkan Bapak/Ibu selalu membiasakan diri menggunakan aplikasi K-Mob dengan menggunakan fitur-fitur yang sudah tersedia di dalam aplikasi sesuai dengan fungsinya.
5. Bapak/Ibu tidak perlu khawatir, trouble yang terjadi pada aplikasi K-Mob selama uji coba tidak akan mempengaruhi jumlah TTP yang diterima
6. Alarm pada K-Mob hendaknya selalu diaktifkan pada saat jam datang dan pulang agar pada saatnya nanti K-Mob diberlakukan Bapak/Ibu tidak lupa mengabsen.
7. Tupoksi pada K-Mob khusus untuk Bapak/Ibu Guru cukup di isi  unsur utama dan unsur penunjang tanpa disertai rincian. Rincian tupoksi hanya diuraikan pada saat mengisi SKP PERSONAL, kecuali untuk Kepala Sekolah, Kasubbag TU, Wakasek disesuaikan dengan Pergub No. 70  tahun 2018.
Demikian informasi kami sampaikan agar menjadi maklum. Trm ksh. BKD Prov. Jabar

Pernyataan nomor 2, sangat menarik. Lambat menginstal, TTP tidak cair. Ancaman sebab akibat yang harus diterima. Kinerja adalah menginstal.

Pada WA grup, berseliweran kabar bahwa K-Mob tidak mau kompromi. Mendebarkan hati para pegawai yang sudah terbayang tidak cair TPP gara-gara aplikasinya ngadat. Aplikasinya mengatakan "Terjadi Kesalahan, OPs ada masalah, silahkan ulangi lagi, tutup"

Dipastikan ratusan ribu pegawai negeri di Jawa Barat sedang berusaha memasukkan foto selfinya ke aplikasi ini. Waktu yang disediakan sempit, hanya 2 jam saja.

Ketiga, siswa SMP mengikuti USBN. Mereka berdebar-debar karena khawatir kebijakan zonasi benar-benar diterapkan. Kalau zonasi diterapkan artinya tidak bisa masuk ke SMA yang diinginkan. Apa kaitan USBN SMP dengan kebijakan zonasi? Para siswa mengikuti USBN (dan katanya pasti lulus karena yang memberi nilai gurunya sendiri) tujuannya agar bisa melanjutkan ke SMA/SMK. Namun melanjutkan menjadi runyam karena ada ketentuan zonasi. Artinya siapa dekat dia yang dapat.

Keempat, masyarakat menghitung hari ke hari H pencoblosan. Ramai-ramai orang bertengkar, bermusuhan, saling caci gara-gara beda pilihan. Sesak media sosial dengan informasi yang berisi hujatan, cacian, mendiskreditkan para calon.

Banyak hal baru yang terjadi dinegeri ini. April 2019 merupakan bulan yang sangat penting. Ia berperan sebagai "waktu menjawab segalanya".