Pages

Tuesday, October 20, 2020

AKM dan implikasinya pada pembelajaran

 Rahmawati
Bagaimana caranya meningkatkan kualitas pembelajaran.

Fakusnya: shifting mengajar, bukan trik dan tips menjawab soal AKM. aspek 1) memaatikan setiap pembejalaran mencapture mengahasilkan kompetensi, menumbuhkan karakter, dan memebrikan iklim belajara yang kondusif. 2) memberikan kesempatan kepada siswa sesuai kemampuan siswa, akomodatif, 3) melakukan pembelajaran yang menjadikan siswa pembelajar sepanjang hayat.

Mengapa literasi dan numerasi? Tidak untuk mengecilkan arti mata pelajaran, namun untuk .. bahwa mata pelajaran apapun bisa menumbuhkan literasi dan numerasi. Mendeliveri pelajaran lebih mudah jika suswa menguasai materi/bidang apapun. BIdang apapun dapat menumbuhkan literasi dan numerasi. 

Learning to read --> Reading to learn. 

Belajar bisa membilang.

NUmerasi: 1,2,3,4,5,6 

Olahraga: kepadatan penduduk itu yang banyak permeter persegi?

BIologi, punah, angkanya yang banyak/sedikit per meter persegi?

Mengukur waktu ada di matematika, tetapi itu ada di semua mapel. semua guru berkata, ujian ini waktunya 30 menit, kerjakan... nah itu konsep numerasi. 

Dalam AKM akan mengelompokkan siswa pada kompetensinya. 


Memasang sebuah lilin dan lelehannya tidak mengotori dinding: lilin, korek api, paku payung: harus berpikir out og the box: gunakan wadah paku payung untuk menyimpan lilin.

otonomi: beri peluang untuk berkreativitas, our desire to be and directed it 
masteri:

Purpose: beri penugasan yang bermakna

ted talks, daniel pink


level: perlu intervensi khusus, dasar, cakap, mahir

Bagaimana mendapatkan kompetensi sampai mahir oleh siswa. Dalam pelajaran mentriger siswa untuk berkata setuju/tidak setuju, mendukung/tidak mendukung. Menghadirkan celah untuk berdiskusi, berpendapat. Untuk membuat siswa memilah informasi, 

hadirkan problem yang penyelesaiannya memerlukan beragam cara berpikir.

Teaching at the right level

Resep cireng. Guru keterampilan: Hasilnya enak, didorong literasi: bikin ringkasan resepnya (paham isi teks...)

Kreatif dalam memberikan stimulus: Teksnya multi interpretasi, ..., 

Bagaimana pembelajaran bernuansa kreativitas dan inovasi. Setiap mata pelajaran membangun literasi dan numerasi.

Kasus: 4 halaman bacaan

IK: bantu dengan visual atau audio visual, mahir: khatam, beri challenge: menurut kamu, di sekitar kamu apa barang yang makin langka, buat strategi menangani harga akibat kelangkaan.

Perhatikan: tingkat literasi siswa tidak sama. 

Berikan penugasan yang bersifat projek. 





No comments:

Post a Comment