Pages

Saturday, March 20, 2021

PELATIHAN MEMBACA PISA PERTEMUAN 1: 20 MARET 2021

Kemampuan membaca siswa Indonesia memprihatinkan. Hal ini tidak dapat dibiarkan. Salah satu solusi yang dapat dilakukan adalah para guru membantu siswanya mampu menjawab soal PISA. Ketidakmampuan menjawab PISA diasumsikan pangkal masalahnya bagaimana membaca dan menjawab tes PISA belum diajarkan. Oleh karenanya, guru harus mengajarkan teks dan mengenalkan pertanyaan-pertanyaan yang digunakan pada PISA, dan satu hal penting lagi adalah guru harus belajar dan mampu membuat soal sejenis PISA.  

Sabtu, 20 Maret 2021 merupakan pertemuan 1 bagi para guru untuk melatih dirinya agar kompeten mengajar dan melatih murid menjawas soal jenis PISA. 

RUNDOWN Pertemuan 1:  20 Maret 2021
08.30 – 09.50 Mengerjakan Soal 1
09.50 – 10:00 Istirahat
10:00 – 10.10 Pembukaan
10.10 – 10.40 Apa Itu PISA?
10.40 -  11.40 Mengukur kompleksitas teks
11.40 -  13.00 Ishoma
13.00 – 14.30 Pengenalan Jenis Teks setara PISA

Peserta yang mengikuti pelatihan membaa PISA


Penyaji 1
Eva Tuckyta Sari 




Murnijati



Statistik teks 


Readibility:
Hard words, lihat berapa persen.
Pada PISA hard words 32%
Grammatical intricacy: ..
Patokan untuk readibility: Hard word, lexical density, dan gunning fox index 
Dari aspek linguistik, jumlah silabi menjadi alat ukur. satu silabi tidak dianggap hard word. Namun tiga silabi ke atas termasuk hard word.
Kasus: untuk Bahasa Indonesia, berbeda. dua silabi: tulat, tubin, menjadi kata sulit karena kata tersebut tidak digunakan, atau murid tidak pernah mendengar/membaca/memakainya. 

Spoken: lexical density rendah
Perhatikan berapa clause untuk menghitung kompleksitasnya (Grammatical intricacy). 
Ketika Bu Emi datang, saya sedang memasak. (2 klausa: induk dan anak kalimat)

Teks Prosedur vs Teks Laporan Hasil Percobaan
Pembeda utama dapat dilihat dari tujuan. Prosedur untuk memberi instruksi (tujuan, bahan, steps, unsur kebahasaan: dominan  bahasa perintah, instruksi sangat jelas/presisi). Sedangkan, laporan hasil percobaan tujuannya memberikan informasi, dalama beberapa hal ada argumennya, ada teorinya. Meyakinkan bahwa yang dilaporkan itu benar, teks makro (campuran) karena ada prosedurnya, ada argumennya, ada deskripsinya. 

Teks dalam bahasa tulis lebih compact, menggunakan kata-kata teknis. Teks lisan menggunakan bahasa sehari-hari.

Introduction ....by Eggins halaman 61, membahas grammatical intricacy.

Materi 2. Prof. Emi Emilia

Jenis soal pada PISA berdasarkan proses kognitifnya:
1. Retrieve and locate inforamtion; Menjawab pertanyaan yang ada di teks
- Access and retrieve information within a text – scanning a single text in order to retrieve target information consisting of a few words, phrases or numerical values. 
- Search for and select relevant text – searching for information among several texts to select the most relevant text given the demands of the item/task.
2. Understand (interpret and integrate)
- Represent literal information – comprehending the literal meaning of sentences or short passages, typically matching a direct or close paraphrasing of information in the question with information in a passage. 
- Integrate and generate inferences – going beyond the literal meaning of information in a text by integrating information across sentences or even an entire passage. Tasks that require the student to create a main idea or to produce a summary or a title for a passage are classified as “integrate and generate inference” items. 
- Integrate and generate inferences across multiple sources – integrating pieces of information that are located within two or more texts.
- Siapa yang tidak setuju dengan pendapat x?
Untuk menjawab, bisa saja tanpa membaca teksnya, contoh untuk fact and opinion
3. Evaluate and Reflect
- Assess quality and credibility – evaluating whether the information in a text is valid, current, accurate, unbiased, reliable, etc. Readers must identify and consider the source of the information and consider the content and form of the text or in other words, how the author is presenting the information. 
- Reflect on content and form – evaluating the form of the writing to determine how the author is expressing their purpose and/or point of view. These items often require the student to reflect on their own experience and knowledge to compare, contrast or hypothesize different perspectives or viewpoints. 
- Detect and handle conflict – determining whether multiple texts corroborate or contradict each other and when they conflict, deciding how to handle that conflict. For example, items classified as “detect and handle conflict” may ask students to identify whether two authors agree on the stance of an issue or to identify each author’s stance. In other cases, these items may require students to consider the credibility of the sources and demonstrate that they



Teks ada 4 klasifiaksi: sumber, organisasi, navigasi, dan jenis 
1. Sumber: Tunggal/Ganda (1 teks/dua teks untuk menjawab sekian pertanyaan)
Teks 1: Manfaat susu
Teks 2: Pro krontra minum susu
Siswa tidak dapat menjawab pertanyaan jika tidak membaca teks kedua, pada PISA klik Next
2. Organisasi:
Teks statis dan dinamis (yang bisa diklik-klik di layar)
3. Format:
Teks yang tidak berkelanjutan contoh Blog, tidak berkelanjutan, campuran
4. Jenis: pribadi, umum, dunia kerja

Tips:
1. Soal bisa diprediksi karena menggunakan  jenis teks yang digunakan dalam kehidupan sehari-hari dan diajarkan di sekolah

 Tugas
Cari 1 teks, imitasi seperti contoh yang diberikan
Pelajari contoh
Cari teksnya dari berbagai sumber
Jumlah pertanyaan antara 5-6
Bentuk Word
Masukkan ke Google Classroom
Dikumpulkan paling lambat,  Jumat.  

Ai Nuraeni, Dewi, Lilah, Neni Ratnasari: Umum
Badriah, Eva Juliani, Munijati: Pendidikan, ganda


Analisis kualitatif soal PG dan Esai dapat diunduh di sini

2 comments:

  1. Cool blog, ibu. Thank you so much. Your note is quite neat and well-structured. Catatan saya acak-acakan :)

    ReplyDelete