Pages

Saturday, May 29, 2021

Elaborasi CGP

 

bcafd
pengelolaan yang berdampak pada murid
menguatkan pemahaman dan biai diri CGP yang berdampak pada murid, denga fokus untuk mengambangakn keterampilan guru dalam mengembangkan aset yang dimiliki sekolah untuk merencanakan program yang berdampak pada murid dengan tahapan BAGJA, prinsip MELR, serta manajemen resiko. 

tujuan:
  1. mengenal kembali maksud dari pendidikan
  2. beragam cara membangun program yang berdampak
  3. mendiskusikan prinsip=prinsip merencanakan dan menggulirkan program berdampak
  4. refleksi: apa yang akan kita bawa pulang?
Elaborasi 1
Mad ROhim: lebih dari sekedar mentransfer ilmu sehingga menambah ilmu seperti karakter, disiplin

Tuti: mengarahkan, menuntun, membimbing agar bisa mandiri. Pendidikan itu proses untuk merancang, menilai, membimbing, yang membantu seseorang lain memiliki keterampilan, pengerahuan, atau proses membimbing murid yang membuatnya memiliki pegangan hidup, bisa menghadapi masa depan melalui berbagai pelajaran, pembiasaan. 


tujuan pendidikan itu 
Menuntun segala kekuatan kodrat yang ada pada anak-anak (agar dampak (berpihak pada anak)  agar mereka dapat mencapai keselamatan dan kebahagiaan yang setinggi-tingginya baik sebagai manusia maupun sebagai anggota masyarakat (KHD)

Dampak yang diharapkan adalah terbentuknya profil pelajar Pancasila. Cirinya adalah:
1) Beriman, bertakwa kepada TYME, dan berakhlak mulia, ditunjukkan dengan akhlak beragama, akhlak pribadi, akhlak kepada manusia, akhlak kepada alam, akhlak bernegara.
2) Berkebhinekaan global, ditunjukkan dengan: mengenal dan menghargai budaya, komunikasi dan interaksi antar budaya, refleksi dan tanggung jawab terhadap pengalaman kebhinekaan, berkeadilan sosial.
3) Bergotong royong, indikasinya bisa kolaborasi dan menunjukkan kepedulian.
4) Kreatif, ditandai dengan: menghasilkan gagasan yang orisinal, menghasilkan karya dan tindakan yang orisinal, memiliki keluwesan berpikir dalam mencari alternatif solusi permasalahan.
5) Bernalar kritis, indikasinya: memperoleh dan memproses informasi dan gagasan, menganalisa dan mengevaluasi penalaran, mereleksi dan mengevaluasi pemikirannya sendiri
6) Mandiri, tandanya: pemahaman diri dan situasi, regulasi diri

nilai-nilai guru penggerak: mandiri, berpihak pada murid, reflektif, olaboratif, inovatif.





Program yang meningkatkan keberpihakan pada murid: spirit: menguatkan yang sudah ada (pada diri murid, di lingkungan), mendorong kebermaknaan, 

Buat program
1. plan
2. implement
3. evaluate

Alat bantu
1. 5 tahapan Bagja
2. 7 aser/modal utama
3. 5 tipe resiko
4. ...




5D: define, discover, dream, design, deliver

Mari diskusi: ceritakan oengalaman membangun program yang berdampak pada murid di kelas, mari kita identifikasi prinsip dan strategi kuncinya.

1. Tuti: 
2. Erlina: SDN 5 Dewantara: ada 3 CGP dalam 1 sekolah, kolaborasi: program meningkatkan literasi siswa: menyiapkan sudut baca, kunjungan rutin ke perpustakaan, program membaca di halaman sekolah secara rutin, pembuatan mading, 
3. Supriyadi: manajemen resiko snagat dibutuhkan saat membuat program. tujuannya untuk mengurangi, meminimalisir kalau bisa malah emnghilangkan resiko sehingga hasilnya optimal.

Program yang berpihak pada murid 






No comments:

Post a Comment