Pages

Friday, May 21, 2021

Penyegaran Pendampingan Daring CGP Modul 3

 

Badriah turut hadir dalam penyegaran Pendamping
Tujuan: Penyamaan persepsi terkait pendampingan individu ke-5 dan Lokakarya. Pendampingan ke-5 dilakukan minggu depan. Selain itu penjelasan mekanisme kegiatan yang akan datang.

Waktu pendampingan selama 3 hari yang terdiri dari beberapa materi.

Pengajar pada saat penyegaran adalah fasilitator yang dibagi kedalam 5 kelas, dan masing-masing kelas diampu oleh satu fasilitator. Dwi Tri Lestari sebagai pengampu kegiatan, Aswiati, Rudianto (Dinas pendidikan Kab Cirebon).

1. Arahan dan pembukaan

 dari P4TK PLB yang diwakili koordinator Humas, DR Agus Jayamiharja


Ingat, keikutsertaan Pendamping akan menjadi catatan sejarah. Cucu, cicit akan membaca "Pada masa pandemi dulu, nenek kita itu jadi pendamping guru penggerak".

2. Penjelasan Teknis  (Dadang Supriatna)

Materi ajar 21 Maei 2021





Kelas A tetap berada di ruang meeting asal, kelas B, C, D, dan E pindah ke link lainnya.

3. Materi 1


Dwi Lestari Widya Prada LPMP Riau

Peserta kelas A



Kelompok: 4
Mandiri terbimbing 2 JP

Review Modul 3

3.1 Pemimpin pembelajaran dalam pengelolaan sekolah



Modal Politik (kemarin masih belum jelas, Mad Rohim), budaya, sosial, alam, agama, dan budaya, (7 kelompok aset)


Program berbasis BAGJA (buat pertanyaan, ambil pelajaran, gali mimpi, jabarkan aksi, atur eksekusi)



Modul 3.1: Pengambilan Keputusan Sebagai Pemimpin Pembelajaran

Dalam Pengambilan keputusan dilema yang muncul adalah etika (Ethical dilemma) dan moral (moral temptation). 

Jenis-jenis paradigma dilema etika yang dihadapi oleh dirinya sendiri maupun orang lain;
1. Individu lawan masyarakat (individual vs community) 
2. Rasa keadilan lawan rasa kasihan (justice vs mercy) 
3. Kebenaran lawan kesetiaan (truth vs loyalty) 
4. Jangka pendek lawan jangka panjang (short term vs long term)


3 (tiga) prinsip yang dapat dilakukan untuk membuat keputusan dalam dilema pengambilan keputusan
1. Berpikir Berbasis Hasil Akhir (Ends-Based Thinking) 
2. Berpikir Berbasis Peraturan (Rule-Based Thinking) 
3. Berpikir Berbasis Rasa Peduli (Care-Based Thinking)

9 langkah pengujian keputusan yang diambil dalam dilema pengambilan keputusan

1. Mengenali bahwa ada nilai-nilai yang saling bertentangan dalam situasi ini.
2. Menentukan siapa yang terlibat dalam situasi ini.

3. Menentukan siapa yang terlibat dalam situasi ini.

4. Pengujian benar atau salah

- Uji Legal

- Uji Regulasi/Standar Profesional

- Uji Intuisi (mengandalkan tingkatan perasaan dan intuisi)

- Uji Halaman Depan Koran (Apa yang Anda akan rasakan bila keputusan ini dipublikasikan pada halaman depan dari koran dan sesuatu yang Anda anggap merupakan ranah pribadi Anda tiba-tiba menjadi konsumsi masyarakat?)

- Uji Panutan/Idola (- Uji Panutan/Idola)


Tema Pendampngan.



1.4. Kategori mengembangkan diri sendiri dan orang lain: mengelola emosi, menggunakan prinsip moral, dan menunjukkan keyakinan terhadap Tuhan yang Maha Kuasa untuk mengembangkan perilaku kerja dan praktik kepemimpinan yang mengikuti kode etik kepemimpinan sekolah. 

2.1. Kategori memimpin belajar mengajar: mengembangkan kelas sebagai sistem sosial yang merencanakan, mengatur, dan mewujudkan lingkungan kelas yang merdeka belajar. 

 3.2. Kategori memimpin manajemen sekolah: Menyusun dan memantau program sekolah agar berjalan sesuai rencana dan mengarah pada tujuan.





No comments:

Post a Comment