Pages
Friday, June 25, 2021
Dear Ariel Goodbody
Covid-19 Day 2
Thursday, June 24, 2021
SMAN 1 Pacet
Monday, June 21, 2021
Penyegaran kembali tugas pokok guru
Saturday, June 19, 2021
PSP KSPS The last day
Monday, June 14, 2021
PSP KSPS Day 5
- Gaya Belajar peserta didik
- Kegemaran peserta didik
- Kondisi psikis peserta didik
- Kondisi fasilitas satuan pendidikan tempat Bapak/Ibu bertugas
- Kondisi Sosial dan budaya di lingkungan sekitar satuan pendidikan Bapak/Ibu
- Kearifan lokal di lingkungan sekitar satuan pendidikan Bapak/Ibu
Saturday, June 12, 2021
PSP Day 4
1. CP saya pahami sebagai narasi yang mendeskripsikan kompetensi yang digunakan untuk mengukur pencapaian siswa, atau merupakan sebuah ungkapan tujuan pendidikan yang merupakan suatu pernyataan tentang apa yang diharapkan diketahui, dipahami, dan dikerjakan oleh siswa setelah menyelesaikan suatu periode belajar.
2. Hal baru: CP merupakan perwujudan dari learning outcomes atau achievement standard.
3. Adanya pergeseran trend dari teacher center menjadi student center dan pembelajaran yang berbasis pada hasil.
4. CP adalah kompetensi pembelajaran yang harus dicapai oleh peserta didik pada setiap tahap perkembangan, pada setiap mata pelajaran yang memuat sekumpulan kompetensi dan lingkup materi yang disusun secara komprehensif dalam bentuk narasi.
Kepentingan pemangku kepentingan
kekuatan besar: pemegang kepentingan utama
Kekuatan kecil, kepentingan besar: berikan informasi
A: kepentingan besar, kekuatan besar
B; Kepentingan kecil. kekuatan keci
C; Kekuatan kecil, kepentingan besar
D;
Peta Pikiran
Kombinasi terburuk adalah mengerjakan LMS (MOOC) dengan kondisi setiap hari ada tugas yang harus diselesaikan. Tapi tidak bisa membuka tugas hari selanjutnya untuk bagian asinkrous, ini kurang enguntungkan saya yang ingin menerjakan sesuai waktu yang diiliki. Kalau saja bagian asikronus di buka anytime, saya bisa mengerjakan anytime, bukan sesuai YOUR TIMe dan LOCKED BY YOU lagi. DItambah anggota keluarga pulang dari rumah sakit dan setiap malam mengeluh tidak bisa tidur, membuat kamu ikut tidak tidur.
Friday, June 11, 2021
PSP Day 3
habituasi, juara, asri, unggul HIJAU
Kurikulum PSP tidak meninggalkan kurikulum yang telah dipakai, tidak memutus sejarah, malah menguatkan. Harapannya ingin membuat profil yang diharapkan segera terwujud.
Thursday, June 10, 2021
PSP day 2 + BPSDM Day 4
Platform belajar LMS
Agenda hari ini belajar LMS
Flipped learning, pembelajaran terbalik; Biasanya guru memberi penjelasan terlebih dahulu, di LMS, kita tidak diberitahu dulu, namun kita dulu yang membaca, baru besoknya diberi penguatan.
MOdel pembelajaran yang dikembangkan adalah ANdragogi. secara harian belajar seperti struktur seperti ini
Setiap materi hanya bisa dibuka sesuai harinya. Tujuannya agar fokus pada pelajaran per hari saja.
Aktivitas yang harus diikuti secara asinkronus
cara menjawab pertanyaan
Tutup kegiatan dengan submit.
refleksi blog
Ingat untuk memberikan komentar yang selalu positif, this room is for allowing you to speak politely.
Tugas hari ini harus selesai pukul 6.30 pagi, kalau ada kesulitan bisa menghubungi Bu Egi.
Materi 2. Penguatan Pengawas
metode yang dipakai
bedanya masyarakat, bangsa, dan negara
Nilai
Sudut pandang bisa membedakan cara pandang. Dari kiri ada 5 balok, dari sisi kanan ada 4 balok.
Tujuan Pembelajaran
dari kegitan tersebut, produk yang dihasilkan adalah
Filosofi Pendidikan Ki Hadjar Dewantara
Pendidikan merdeka itu berdaya upaya dengan sengaja untuk memajukan hidup – tumbuhnya budi pekerti (rasa, pikiran, roh) dan badan anak dengan jalan pengajaran, teladan dan pembiasaan jangan disertai perintah dan paksaan.
Ki Hadjar Dewantara
Selain itu, Ki Hadjar Dewantara juga mengatakan “seorang tani yang menanam padi misalnya, hanya dapat menuntun tumbuhnya padi ... meskipun ia dapat memperbaiki pertumbuhan tanamannya itu, ia tak akan dapat mengganti kodrat-iradatnya. Misalnya ia tak akan dapat menjadikan padi yang ditanamnya itu tumbuh sebagai jagung ... selain itu ia tidak dapat memelihara tanaman padi tersebut seperti halnya memelihara tanaman kedelai ataupun tanaman lainnya”.
- Apakah yang dimaksud Ki Hadjar Dewantara saat menjelaskan hal tersebut?
- Bagaimana penerapannya dalam pembelajaran dan asesmen di kelas/sekolah?
1. Bahwa pendidikan yang berpihak pada murid adalah yang sesuai dengan bakat, minat, dan kesiapan muridnya. 2. Dalam pembelajaran harus disesuaikan dengan bakat, minat, dan kesiapannya dengan cara memberikan pembelajaran berdiferensiasi (konten, konteks, dan produk). Asesmen yang diberikan harus yang membantu murid menjadi lebih baik (formatif) dan mengetahui kemampuannya (sumatif).
Tipe Pembelajar Visual | |
Orang visual akan lebih memahami melalui apa yang mereka lihat. Warna, hubungan ruang, potret mental dan gambar menonjol dalam modalitas ini. Adapun beberapa ciri orang dengan tipe belajar visual, yaitu :Rapi, teratur, memperhatikan segala sesuatu dan menjaga penampilanBerbicara dengan cepatPerencana dan pengatur jangka panjang yang baikPengeja yang baik dan dapat melihat kata-kata yang sebenarnya dalam pikiran merekaLebih mengingat apa yang dilihat daripada yang didengarMengingat dengan asosiasi visualMempunyai masalah untuk mengingat instruksi verbal kecuali jika ditulis dan sering meminta orang lain untuk mengulangi ucapannya.Lebih suka membaca daripada dibacakan dan pembaca yang cepatMencoret-coret tanpa arti selama berbicara di telepon atau dalam rapatLebih suka melakukan demonstrasi daripada berpidatoLebih menyukai seni gambar daripada musikSering menjawab pertanyaan dengan jawaban yang singkat ya atau tidakMengetahui apa yang harus dikatakan, tetapi tidak pandai memilih kata-kata yang tepatBiasanya tidak terganggu dengan keributan Tujuan Pembelajaran Di akhir pembelajaran pada materi ini, Bapak/Ibu mampu:
|
Wednesday, June 9, 2021
Bimtek hari ke 3 BPDSM dan Google Meet PSP
Pa Dida yang operasi kanker usus, wafat. Komentar di grup mengungkapkan tidak menyangka kalau Pa Dida wafat secepat ini. Kabar terakhir saya berkomunikasi untuk menawarkan membelikan kantung untuk pembuangan urine karena usunya dioperasi. Kabar berikutnya dia dikemoterapi. Kabar lainnnya, dia sedikit pesimis akan usia.
Ajakan Mendikbud untuk meningkatkan fasilitas demi membangun fasilitas pendidikan bermutu.
Tuesday, June 8, 2021
Bimtek hari ke-2
perubahan teknologi begitu cepat, berada di era digital, virtual menjadi bagian keseharian, pandemi mereformulasi kegiatan pembelajaran dll.
memahami Kebutuhan guru
Unutk komitmen belajar, gunakan nilai priabadi dan kebiasaan diri
memberikan bibit