Pages

Friday, October 14, 2022

Evaluasi Pembelajaran, Desain ADDIE

 Prof Ihat

Penyaji 1: Yulinda

Desain Pembelajaran Model ADDIE (Instructional Design)

Analysis-Design-Develop-Implement-Evaluate menjadi tools efektif dalam pengembangan output dan sumber belajar lainnya. Konsep yang digunakannya adalah: 

  1. analyze (proses perancangan apa yang akan dipejari dengan cara mementukan konten, metode, penilaian, karakteristik warga belajar.). tujuan dari analisis adalah untuk mengidentifikasi kemungkina penyebab kesenjangan kinerja.  
  2. design: kegiatan merancang kegiatan dan pengetahun untuk mencapai tujuan, 
  3. develop: mengembangkan perangkat, membuat produk sesuai struktur model, membuat instrumen untuk mengukur kinerja produk. 
  4. implement: transformasi kegaitan instruksional yang direncanakan ke dalam praktik. prosedur untuk melatih fasilitator dan warga belajar, 
  5. evaluate: evaluasi proses dan hasil.  (Branch, ...)
Penyaji 2: Wiwin Widayani
Model dan Desain Pembelajaran Dick and Carrey (1985)
Desain pembelajaran secagai sebuah sistem, dan pembelajaran adalah proses yang sistematis. Komponen meliputi: 
  1. identify instructional goal/identifikasi tujuan pembelajaran (suatu pernyataan yang menjelaskan kemampuan apa yang harus dimiliki peserta didik setelah mengikuti suatu pengajaran)
  2. conduct instructional analysis/analisis pembelajaran (prosedur yang digunakan untuk menentukan keterampilan dan pengetahuan relevan dan diperlukan oleh peserta didik)
  3. identify entry behaviour (analisis terhadap karakteristik peserta didik yang akan belajar dan konteks pembelajaran yang dapat dilakukan secara bersamaan atau paralel)
  4. write performance objectives/mengembangakan kompetensi atau tujuan pembelajaran spesifik yang perlu dikuasai oleh peserta untuk mencapai tujuan pembelajaran yang bersifat umum (instructional goal)
  5. develop criterion reffered test/instrumen penilaian
  6. develop instruction strategy
  7. mengembangkan dan memilih materi pembelajaran
  8. mengembangkan dan melaksanakan evaluasi
  9. Revise instruction
  10. Design and conduct summative evaluation
Penjelasan Prof Ihat
Model desain pembelajaran: 
  1. Berorientasi kelas (ASSURE) analyze learning, state objective, select methods-media and material-utilize media and material, required learner participation, evaluate and revise
  2. Berorientasi sistem (ADDIE)
  3. Berorientasi produk (Hannafin)
  4. Prosedural (Dick and Carl)
  5. Melingkar (Kemp) 
Penyaji 3: Siti Maspupah
Evaluasi Pembelajaran
Fungsi: formatif, sumatif, diagnostik, penempatan. 
assessment of learning (penilaian akhir pembelajaran/alat ukur pencapaian hasil belajar melalui nilai capaian), assessment for learning (penilaian untuk pembelajaran), dan assessment as learning (penilaian sebagai pembelajaran)


Langkah-Langkah Penyusunan Program Pembelajaran Individual (PPI)
Smith dan Luckasson (1995) membuat perencanaan PPI dalam tujuh langkah, yaitu: 
(1) referral;
referral atau pengalihtanganan dalam PPI merupakan upaya untuk mengarahkan peserta didik ke dalam layanan khusus. Proses pengarahan dimulai dengan meminta informasi/data yang berkaitan dengan kondisi anak, kemampuan dan keterbatasannya, di sekolah. Dengan demikian, guru dapat memutuskan apakah anak tersebut memerlukan layanan khusus atau tidak. Referral bisa diperoleh dari berbagai sumber, seperti orang tua, psikolog, atau dokter yang memberikan rujukan bahwa anak tersebut membutuhkan layanan khusus

(2) assesmen; 
penilaian atau diagnosis untuk menentukan apakah peserta didik tersebut mengalami hambatan atau ketunaan tertentu, urgensi pendidikan khusus, dan jenis layanan yang dibutuhkan. Informasi yang dikumpulkan menjadi acuan dalam mengembangkan kurikulum dan bahan ajar serta penyelenggaraan proses pembelajaran.
(3) identifikasi; 
(4) analysis of services; 
(5) placement; 
(6) instructional decision making; dan 
(7) evaluasi program.  

Asesmen non-akademik dapat saja meliputi asesmen kemampuan persepsi, riwayat perkembangan motorik, asesmen riwayat perkembangan bahasa, dan asesmen perkembangan sosial emosional dan perilaku

Penyaji 4: Japar Rohimat
Evaluasi Program Pembelajaran
Evaluasi Model Kirkpatrick
1. evaluating reaction (mengevaluasi terhadap reaksi pelatihan
2. evaluating learning
3. evaluating behaviour (evaluasi perubahan tingkah laku)
4. Evaluating result (impact program bagi peserta)

Model CIPP (context, input, proses, product) Stuffbeam

Model Stake (Countenance antecedent (masukan) , transaction/ proses, outcome)

Cakupan evaluasi program pembelajaran

desain program pembelajaran, implementasi program pembelajaran dan hasil program pembelajaran


Tugas Makalah

Sistematika

Kata pengantar

Daftar isi
BAB I PENDAHULUAN

BAB II KAJIAN ...

BAB III SIMPULAN

Daftar Pustaka

Lampiran (PPT dilampirkan)

Kembangkan dari PPT, jumlah halaman sesuai dengan bahasan pada PPT. 

Pedoman menulis lihat Panduan penulisan UPI

Bentuk: Hard copy, jilid plastik, dikumpulkan minggu depan. 


No comments:

Post a Comment