Pages

Saturday, November 12, 2022

Kuliah Prof Ace (jam ke-1), Statistik, Hajatan Pa Tapip, Ngisi TRK, Validasi TRK KS, Ngisi jadwal PMO PSP

 Pukul 2 pagi telah bangun untuk menyelesaikan PPT Kemiskinan: Potret Geripis Desa Sukamulya Kec Sukaluyu Cianjur. Sehari sebelumnya, bahkan seminggu sebelumnya telah dibagi tugas, Pa Ds bagian Data MOnograf, Pa DAS bagian dampak, Bapak HTK bagian jenis. Hasilnya, tidak siap, slide masih kosong.

So, I worked by myself to safe my face, It will be weird if a doctorate to be present un-scientific paper.

5.00 mencoba tidur. semalam, E minta tidur bareng. Ia telah beberapa  malam mengaku tidak dapat tidur karena alergi yang tidak juga kunjung sembuh. Saya menduga karena E kedinginan. Kamar tanpa jendela, hanya ditutup kain tipis, pasti angin masuk dan tubuh selama semalaman menahan dingin tanpa jaket, hanya selembar kain selimut tipis, tak kan banyak membantu.

5.30 ada WA grup baru khusus tugas prof Ace, entah dibuat D yang mana.

8.00 masuk ke zoom, saya membuka presentasi.

Ini pa Dede sedang menjaskan bagian data monografi.

Badriah di kelas Prof. Ace
  1.  Siap-siap membuat artikel
  2. tema tetap sama, topik cari yang you are interested in it, warna yang beda, angle beda
  3. Lihat bagaimana lifelong learning diimplementasikan, atau lihat yang ada kaitan dengan Penmas
  4. Wajib presentasi di INternasional, memakai rekaman dalam bahasa Inggris
  5. waktu 2 minggu digunakan untuk menyelesaikan menulis artikel
  6. Artikel: tema: LLE, 
Pertanyaan Bu Yulinda:


Nulis artikel
 tips from Prof Ace:
  1. Mulai dengan yang makro sebagai latar belakang, kurang lebih 500 kata, dua tiga paragraf
  2. review konsep: kemiskinan, ketidakadilan, berakar pada sistem, bukan para orang, jika sistem membuat tidak berkembang, itu namanya kemiskinan struktural, bisa juga intergenerational, misalnya kebiasaan miskin, nilai-nilai yang tumbuh dalam keluarga yang membuatnya miskin, misalnya karena pendidikan. Anak pendidikan rendah, anaknya kelak juga miskin, dan rendah pendidikannya. Ada kemiskinan yang tidak mendasar, yang bisa diselesaikan dalam waktu singkat, misalnya karena tidak punya kemampuan, keterampilan, ini bisa diintervensi dengan pelatihan. ada kemiskinan musiman, misalnya pengangguran musiman, awal atau akhir tahun, karena industri tidak berjalan. Kemiskinan  karena informasi yang kurang, ketimpangan antara informasi pekerjaan yang tersedia dengan kebutuhan kerja. 
  3. cari kecenderungan di Sukaluyu yang mana, polanya yang mana, nanti ada bisa ...
  4. metodologi: satu paragraf, 
  5. pembahasan, analisis, bicara tentang keadaan yang ada di Sukaluyu
  6. pembahasan boleh pakai data lain, tapi harus ngambil yang utama dari Sukaluyu. Data pengangguran dari Cianjur, yang real di Sukaluyu bagaimana. boleh pakai data statistik antar desa sebagai referensi. kalau tidak ada yang kuantitatif, ambil saja yang kualitatif. referensi makronya: cianjur, jawa barat, googling saja.
  7. Bambang: artikel itu perorangan? ada masalah sanitasi, bolehkah fokus ke sanitasi?
  8. Tanya Ade Romi untuk urusan presentasi. you can consult me, anytime.
  9. Bagaimana :LLE bisa memutus kemiskinan. hubung-hubungkan dengan kondisi dan teori. Setelah tahu keadaan, pelajari karakteristiknya, apa yang dilakukan mereka yang bisa membuat hidup menjadi lebih baik, permodalan, 
  10. Dari presentasi dapat menjadi bahan untuk menyusun

Semua  harus ikut presentasi dalam bahasa Inggris, untuk pemenuhan tugas akhir. Your task, fokus ke learning organization.

Dua pertemuan ke depan untuk persiapan presentasi kelompok



masukkan Dr Sardin:

Pertanyaan:
  • Nenden: Deden: Data: KK pengangguran, sejahtera, TKW, mengubah kondisi sejahtera. Akses kepada pendidikan sangat rendah karena sarana pendidikan kurang. gambarkan di SD< SMP, SMA. 
  • Isu: dalamin pendidikan formal. yang mengakibatkan ke rendahnya pendidikan 
  • Yulinda: Mempertajam data. angka-angka pendidikan, pekerjaan, pengelompokkan. 
  • Prof Ace: kalau sudah pilih satu isu, balik ke sana, ambil data itu, cari yang paling cocok.
  • Tati: apakah yang disampaikan kelompok mewakili kemiskinan di Sukaluyu. karena tidak menggambarkan keseluruhan data.
  • Kaitan itu bisa lihat dari sebab, bisa lihat dari akibat.
  • Bahas kecil tapi mendalam.
  • Sardin: informasi cukup kaya, lihat kemiskinan sebagai sebab atau akibat. Harus melakukan analisis sebagai akibat atau sebab. sajikan data, analisis, kira-kira apa yang bisa dilakukan: pemetaan program, atau hal lain, kaitkan dengan program desa, khususnya dana desa. Kedua, ada penulisan yang spesifik. Cari harapan hidupnya, apa usaha kemiskinan yang dilakukan oleh mereka. jangan sampai usaha mereka ada hambatan secara strutur: misalnya ga ada sumber yang bisa diakses, ga ada info peningkatan produksi tanaman, cek ke kelompok  yang mengalami ke KDRT, lahir catatan kritis dari masyarakat misalnya ga harus ke saudi, bisa di dalam negeri. Lihat potensi daerah, MCK, stunting, kebiasaan buang sampah.
  • ga usah besar, gagasannya yang besar.
  • aplikasikan penmas untuk mengatasi kemiskinan, melalui LLE. 
  • masalah: pengangguran, mulai dari kehidupan sehari-hari, jadi 1 artikel. Kekerasan, kriminilitas, pengamanan, jadi 1 artikel. putus sekolah
12.00 mengadiri nikahan anaknya Pa Tapip di Gedung Herlina
Berangkat bersama téh M dan E
satu lagi fotonya
Moto anak yang turun 
satu lagi
15. Ngisi TRK
Approve TRK KS

17.08 karak beres ngisi laporan SIM PKB, untuk Laporan Pendampingan Kelompk, refleksi pengawas

Beres laporan, hiji cenah. 

No comments:

Post a Comment