Pages

Wednesday, January 18, 2017

Ada apa dengan mereka?

Dengan menggunakan lagu The Show Must Go On dari Queen sebagai pemicu ide. Para siswa diminta untuk membuat Tips bagaimana menjadi orang baik.
The show must go on berisi untaian lirik kengerian dan kepedihan menjalani kefanaan. Lagu ini menggambarkan bahwa seseorang dapat melalukan kekejian , kejahatan, bahkan mengambil nyawa orang lain untuk memenuhi tujuannya.
Sangat gamblang lagu ini mendeskripsikan figur mindless crime (orang jahat).
Pada saat makna lirik disampaikan, para siswa terlihat sangat antusias.  Mereka tak henti berkomentar, dan mengiyakan sisi buruk manusia ketika ada maunya. Bahkan ada yang mengakui bahwa pernah mengalami posisi jadi pihak yang dirugikan.
Pemerolehan pemahaman tentang makna lagu menjadi semakin lengkap ketika lagunya diperdengarkan dan para siswa menghubungkan antara lirik, musik, dan makna lagu yang diusung. 
Namun kemudian, ketika hal di atas selesai dan mereka diminta memikirkan "tips jadi orang baik" (dalam arti tidak melakukan hal-hal negatif seperti yang diuraikan pada lirik lagu) sebagian besar peserta didik mendadak menjadi sepi ide.  Mereka rerata menuliskan bahwa menjadi orang baik adalah dengan "jangan berbohong, rajin sekolah, jangan galak, hormat pada orang tua". Mereka seolah miskin nilai (value) tentang kebaikan dan kebajikan sehingga tidak dapat menuliskan bagaimana kiat menjadi orang baik.
Sangat menakutkan jika generasi muda tidak mampu menyebutkan indikator-indikator orang baik. Jangan-jangan mereka salah tangkap dan salah tafsir nilai, misalnya bagaimana menjadi seseorang, tanpa mempedulikan bagaimana caranya (gaya hidup menghalalkan segala cara).
Para siswa mengatakan bahwa lebih mudah menyebutkan bagaimana menjadi orang jahat. Temuan ini memicu pertanyaan seperti apakah orang-orang yang ada di sekeliling siswa dan seperti apa orang-orang yang mengisi kehidupan mereka.
Semoga ketidakmampuan menyebutkan bagaimana kiat menjadi orang baik disebabkan oleh miskin kosa kata, bukan karena miskin teladan

1 comment: