Pages

Wednesday, September 7, 2022

Penyamaan Persepsi Kepala Sekolah Penggerak

7.00 KMob
8.00 Membaca dan memirsa teori Konstruktivisme.
9.00 Mengikuti Penyamaan Persepsi Sekolah Penggerak dipimpin oleh Koordinator sekolah penggerak: lbu Medira 
Laporan dari lbu Walimah
Pendampingan angkatan 1 PSP mulai akhir September 2022

Arahan kebijakan dan pembukaan, lbu Medira
B. Materi Pokok oleh lbu Miranda. Yasella, Tim Teknis GTK
1.  Jenis Pendampingan
Ada 3 jenis Pendampingan berdasarkan hasil survei adaptasi implementasi kurikulum.
 Waktu pendampingan September 2022 sampai dengan Juli 2023. 
Pendampingan bentuknya kelompok dengan dua lingkup, yaitu lingkup satuan pendidikan dan lingkup kabupaten dan kota. 

Jenis pendampingan kelompok lingkup satuan pendidikan terdiri dari kunjungan lapangan, refleksi satuan pendidikan, dan PMO level sekolah.

Jenis pendampingan kelompok lingkup kabupaten kota berupa orientasi pendampingan,  lokakarya, (refleksi coaching, khusus pengawas), forum pemangku kepentingan.

Sasaran pendampingan guru/komite pembelajaran kepala sekolah, dan pengawas sekolah.

Ada tiga model pendampingan: 1) model intensif 1 kali, 2) model menengah atau moderat, dan model 3) model Mandiri.
Kegiatan pendampingan berupa orientasi pendampingan PSP 1, lokakarya kurikulum kunjungan lapangan, refleksi satuan pendidikan forum pembangunan kepentingan 1 kali, forum PMO level sekolah.

Tujuan
1. Orientasi untuk melakukan orientasi program di tahun kedua kepada kepala sekolah guru, dan pengawas sekolah menyamakan persepsi antar sekolah dan ringan dan fasilitator terkait skema pendampingan di tahun kedua.

2. Lokakarya kurikulum bertujuan untuk menjelaskan tentang pentingnya asesment awal pembelajaran dan terdiferensiasi, merancang asesmen di awal pembelajaran, merancang pembelajaran berdiferensiasi sebagai tindak lanjut dari asesmen awal pembelajaran.

3. Lokakarya untuk membuat peserta dapat melakukan modifikasi modul ajar project sesuai dengan tujuan, kebutuhan, dan konteks sekolah.

4. Kunjungan lapangan untuk melakukan konfirmasi dari hasil forum pmo di level sekolah dan pengamatan proses pembelajaran di satuan pendidikan.

4. Refleksi satuan pendidikan yaitu mendampingi guru dan kepala sekolah melakukan refleksi dan perumusan rencana kerja dalam implementasi kurikulum merdeka.

5. Pmo mendiskusikan capaian target dan hambatan yang dihadapi di satuan pendidikan dalam implementasi kurikulum Merdeka pembahasan pada kegiatan ini memicu pada poin-poin tercantum pada instrumen laporan pmo di SIM PKB.

Kegiatan model 1 
Orientasi tahun kedua di September 4JP
Lokakarya di Oktober dan Desember 8jp
Refleksi satuan pendidikan di Januari dan Juli 3jp
Kunjungan lapangan persatuan pendidikan di November 3jp
Forum pemangku kepentingan di Mei
Pmo full setiap bulan dengan waktu 2 jam pelajaran


Model 2. 
Kunjungan lapangan dengan cara sampling, 3jp
PMo per 2 bulan sekali Sep, nov, Jan, Mar, méi, jul

Model 3 Mandiri
Kunjungan lapangan sampling
PMO per 3 bulan sekali, srp, Des, Mar, jul

Yang Jawab
Jika terjadi Kepala Sekolah yang pindah maka harus bersurat ke gtk dan PMD kemudian nanti akan di advokasi kepada dinas setelah itu baru ada penentuan Apakah pindah atau bagaimana. 
























No comments:

Post a Comment