Pages

Wednesday, September 7, 2022

Survei Pengawas

isi survei dalam 5 bagian, yaitu 1 bagian uraian tugas pengawas dan 4 bagian kompetensi pengawas.

Petunjuk Pengisian Instrumen Survei Uraian Tugas Pengawas Sekolah
Bagian 1
Dalam bagian ini, Bapak/Ibu akan membaca pernyataan-pernyataan mengenai uraian tugas pengawas sekolah. Di dalam setiap pernyataan, terdapat pertanyaan yang harus dijawab yang akan dijelaskan sebagai berikut:
Apakah tugas ini merefleksikan tugas utama pengawas sekolah?
Pilihlah salah satu angka dari rentang 1 (satu) hingga 10 (sepuluh) yang paling merefleksikan tugas utama pengawas sekolah. Apabila penilaian Bapak/Ibu semakin mendekati angka 1 (satu), maka pernyataan tersebut semakin tidak merefleksikan tugas utama pengawas sekolah. Sebaliknya, apabila penilaian Bapak/Ibu semakin mendekati angka 10 (sepuluh), maka pernyataan tersebut semakin merefleksikan tugas utama pengawas sekolah.

Sejauh mana pemenuhan tugas ini akan bermanfaat bagi kepala sekolah, guru, dan satuan pendidikan?
Pilihlah salah satu angka dari rentang 1 (satu) hingga 10 (sepuluh) yang paling mendeskripsikan bahwa tugas tersebut bermanfaat bagi kepala sekolah, guru, dan satuan pendidikan. Apabila penilaian Bapak/Ibu semakin mendekati angka 1 (satu), maka pernyataan tersebut semakin tidak bermanfaat. Sebaliknya, apabila penilaian Bapak/Ibu semakin mendekati angka 10 (sepuluh), maka pernyataan tersebut semakin bermanfaat bagi kepala sekolah, guru, dan satuan pendidikan.

Bacalah dengan seksama setiap pernyataan uraian tugas yang ditanyakan dan isilah sesuai dengan pengalaman dan pengetahuan yang Bapak/Ibu miliki. Pastikan tidak ada isian yang terlewat. Selamat mengerjakan.
1. Dari tugas perencanaan memberikan pendampingan, apakah tugas ini merefleksikan tugas utama pengawas sekolah?
1.1 Melakukan pendampingan terhadap Kepala Sekolah dalam merefleksikan rapor pendidikan dan penyusunan rencana kerja dan anggaran sekolah dengan kriteria:
a. Menggunakan perangkat pendampingan yang baku.
b. Melibatkan warga sekolah dengan pelibatan perwakilan warga sekolah pada level minimal: pelibatan warga sekolah yang ditunjuk sekolah. 
*
Tidak Merefleksikan
Merefleksikan
1.2 Melakukan pendampingan terhadap Kepala Sekolah dalam merefleksikan rapor pendidikan dan penyusunan rencana kerja dan anggaran sekolah dengan kriteria:
a. Melakukan pengayaan khususnya dalam strategi refleksi pada perangkat pendampingan yang baku
b. Melibatkan warga sekolah pada level partisipatif: mendorong perwakilan warga sekolah mengajukan diri dan ditetapkan sekolah.
*
Tidak Merefleksikan
Merefleksikan
1.3 Melakukan pendampingan terhadap Kepala Sekolah dalam merefleksikan rapor pendidikan dan penyusunan rencana kerja dan anggaran sekolah dengan kriteria:
a. Melakukan pengayaan khususnya dalam strategi refleksi dan fasilitasi pada perangkat pendampingan yang baku
b. Melibatkan warga sekolah pada level representatif: mendorong perwakilan warga sekolah mengajukan diri, untuk kemudian memfasilitasi sekolah menetapkan perwakilan yang merefleksikan keragaman warga sekolah.
*
Tidak Merefleksikan
Merefleksikan
1.4 Melakukan pendampingan terhadap Kepala Sekolah dalam merefleksikan rapor pendidikan dan penyusunan rencana kerja dan anggaran sekolah dengan kriteria:
a. Mengembangkan perangkat pendampingan secara mandiri yang menggambarkan kekhasan daerah dan kompetensi pengawas.
b. Melibatkan warga sekolah pada level partisipasi penuh: pelibatan warga sekolah secara luas yang mengedepankan: pengajuan diri, keragaman, dan penetapan secara bersama oleh sekolah dan warga sekolah.
*
Tidak Merefleksikan
Merefleksikan

2. Dari tugas perencanaan memberikan dukungan, apakah tugas ini merefleksikan tugas utama pengawas sekolah?
2.1 Memberi dukungan kepada Kepala Sekolah terhadap rencana kerja dan anggaran sekolah dalam berkolaborasi dengan Dinas Pendidikan/Kantor Kemenag daerah dan pemangku kepentingan yang lain, melalui upaya berupa:
a. Menyusun dan menyampaikan presentasi rencana pengembangan sekolah dan dukungan yang dibutuhkan.
b. Melakukan komunikasi untuk membangun dukungan yang diperlukan sekolah dalam melaksanakan rencananya.
*
Tidak Merefleksikan
Merefleksikan
2.2 Memberi dukungan kepada Kepala Sekolah terhadap rencana kerja dan anggaran sekolah dalam berkolaborasi dengan Dinas Pendidikan/Kantor Kemenag daerah; dan pemangku kepentingan yang lain, melalui upaya berupa:
a. Menyusun dan menyampaikan presentasi rencana pengembangan sekolah dan dukungan yang dibutuhkan
b. Melakukan komunikasi intensif untuk mendapatkan dukungan yang diperlukan sekolah dalam melaksanakan rencananya.
*
Tidak Merefleksikan
Merefleksikan
2.3 Memberi dukungan kepada Kepala Sekolah terhadap rencana kerja dan anggaran sekolah dalam berkolaborasi dengan Dinas Pendidikan/Kantor Kemenag daerah; dan pemangku kepentingan yang lain, melalui upaya berupa:
a. Menyusun dan menyampaikan presentasi rencana pengembangan sekolah dan dukungan yang dibutuhkan
b. Melakukan komunikasi intensif untuk mendapatkan dukungan yang diperlukan sekolah dalam melaksanakan rencananya.
c. Menyusun rekomendasi program pendidikan untuk diajukan kepada pemerintah daerah
*
Tidak Merefleksikan
Merefleksikan
2.4 Memberi dukungan kepada Kepala Sekolah terhadap rencana kerja dan anggaran sekolah dalam berkolaborasi dengan Dinas Pendidikan/Kantor Kemenag daerah; dan pemangku kepentingan yang lain, melalui upaya berupa:
a. Menyusun dan menyampaikan presentasi rencana pengembangan sekolah dan dukungan yang dibutuhkan
b. Melakukan komunikasi intensif untuk mendapatkan dukungan yang diperlukan sekolah dalam melaksanakan rencananya.
c. Mendukung penyusunan kebijakan pendidikan daerah dengan mendorong keterlibatan sekolah
*
Tidak Merefleksikan
Merefleksikan
3. Dari tugas perencanaan memberikan pendampingan, sejauh mana pemenuhan tugas ini akan bermanfaat bagi kepala sekolah, guru, dan satuan pendidikan?
3.1 Melakukan pendampingan terhadap Kepala Sekolah dalam merefleksikan rapor pendidikan dan penyusunan rencana kerja dan anggaran sekolah dengan kriteria:
a. Menggunakan perangkat pendampingan yang baku.
b. Melibatkan warga sekolah dengan pelibatan perwakilan warga sekolah pada level minimal: pelibatan warga sekolah yang ditunjuk sekolah.
*
Tidak Bermanfaat
Bermanfaat
3.2 Melakukan pendampingan terhadap Kepala Sekolah dalam merefleksikan rapor pendidikan dan penyusunan rencana kerja dan anggaran sekolah dengan kriteria:
a. Melakukan pengayaan khususnya dalam strategi refleksi pada perangkat pendampingan yang baku
b. Melibatkan warga sekolah pada level partisipatif: mendorong perwakilan warga sekolah mengajukan diri dan ditetapkan sekolah.
*
Tidak Bermanfaat
Bermanfaat
3.3 Melakukan pendampingan terhadap Kepala Sekolah dalam merefleksikan rapor pendidikan dan penyusunan rencana kerja dan anggaran sekolah dengan kriteria:
a. Melakukan pengayaan khususnya dalam strategi refleksi dan fasilitasi pada perangkat pendampingan yang baku
b. Melibatkan warga sekolah pada level representatif: mendorong perwakilan warga sekolah mengajukan diri, untuk kemudian memfasilitasi sekolah menetapkan perwakilan yang merefleksikan keragaman warga sekolah.
*
Tidak Bermanfaat
Bermanfaat
3.4 Melakukan pendampingan terhadap Kepala Sekolah dalam merefleksikan rapor pendidikan dan penyusunan rencana kerja dan anggaran sekolah dengan kriteria:
a. Mengembangkan perangkat pendampingan secara mandiri yang menggambarkan kekhasan daerah dan kompetensi pengawas.
b. Melibatkan warga sekolah pada level partisipasi penuh: pelibatan warga sekolah secara luas yang mengedepankan: pengajuan diri, keragaman, dan penetapan secara bersama oleh sekolah dan warga sekolah.
*
Tidak Bermanfaat
Bermanfaat
4. Dari tugas perencanaan memberikan dukungan, sejauh mana pemenuhan tugas ini akan bermanfaat bagi kepala sekolah, guru, dan satuan pendidikan?
4.1 Memberi dukungan kepada Kepala Sekolah terhadap rencana kerja dan anggaran sekolah dalam berkolaborasi dengan Dinas Pendidikan/Kantor Kemenag daerah dan pemangku kepentingan yang lain, melalui upaya berupa:
a. Menyusun dan menyampaikan presentasi rencana pengembangan sekolah dan dukungan yang dibutuhkan.
b. Melakukan komunikasi untuk membangun dukungan yang diperlukan sekolah dalam melaksanakan rencananya.
*
Tidak Bermanfaat
Bermanfaat
4.2 Memberi dukungan kepada Kepala Sekolah terhadap rencana kerja dan anggaran sekolah dalam berkolaborasi dengan Dinas Pendidikan/Kantor Kemenag daerah; dan pemangku kepentingan yang lain, melalui upaya berupa:
a. Menyusun dan menyampaikan presentasi rencana pengembangan sekolah dan dukungan yang dibutuhkan
b. Melakukan komunikasi intensif untuk mendapatkan dukungan yang diperlukan sekolah dalam melaksanakan rencananya.
*
Tidak Bermanfaat
Bermanfaat
4.3 Memberi dukungan kepada Kepala Sekolah terhadap rencana kerja dan anggaran sekolah dalam berkolaborasi dengan Dinas Pendidikan/Kantor Kemenag daerah; dan pemangku kepentingan yang lain, melalui upaya berupa:
a. Menyusun dan menyampaikan presentasi rencana pengembangan sekolah dan dukungan yang dibutuhkan
b. Melakukan komunikasi intensif untuk mendapatkan dukungan yang diperlukan sekolah dalam melaksanakan rencananya.
c. Menyusun rekomendasi program pendidikan untuk diajukan kepada pemerintah daerah
*
Tidak Bermanfaat
Bermanfaat
4.4 Memberi dukungan kepada Kepala Sekolah terhadap rencana kerja dan anggaran sekolah dalam berkolaborasi dengan Dinas Pendidikan/Kantor Kemenag daerah; dan pemangku kepentingan yang lain, melalui upaya berupa:
a. Menyusun dan menyampaikan presentasi rencana pengembangan sekolah dan dukungan yang dibutuhkan
b. Melakukan komunikasi intensif untuk mendapatkan dukungan yang diperlukan sekolah dalam melaksanakan rencananya.
c. Mendukung penyusunan kebijakan pendidikan daerah dengan mendorong keterlibatan sekolah
*
Tidak Bermanfaat

No comments:

Post a Comment