Pages

Tuesday, October 22, 2024

Pendampingan Pengisian Instrumen Komunitas Belajar

 Tempat: SMPN 1 Cipanas
Peserta: Itang, Badriah, Agusriati
Waktu: 7.00-15.30

Pembukaan oleh Pa Angga



Sambutan dari BBGP

- Pengisian masih lebih rendah dibandingkan dengan Provinsi Jawa Tengah

- Diharapkan KS dapat mengisi Instrumen Kombel

Sambutan dari Dinas Pendidikan Kab Cianjur, Ibu Silvia

- Kelompok Belajar untuk meningkatkan kualitas pembelajaran

- Tujuan berkumpul untuk mengisi instrumen

- Ingin memberikan dampak luar biasa kepada murid

- Merombak budaya isolasi menjadi kolaborasi

- Yang hadir dari semua jenjang: PAUD, SD, SMP, SMA, SMK, PKBM

- KS yang diundang, diharapkan dapat berbagi praktik baik

Doa


Bapak Badruzaman


Paparan Materi

  1. Kegiatan: Paparan, Pengisian Instrumen Refleksi, Menyusun Kegiatan Komunitas Belajar yang akan dilakukan dalam 3 bulan ke depan berdasarkan hasil analisis. 
  2. Jenis Kombel: dalam sekolah, antar sekolah, PMM
  3. Struktur Kombel: Tim Kecil atau Tim Penggerak
  4. Memiliki Nilai dan Komitmen Bersama


Masalah:
  • Jadwal belum konsisten
  • Materi belum sesuai kebutuhan
Solusi 
Untuk menentukan materi yang dibahas di Kombel
SMP Cikalongkulon
  1. Tanya kepada guru apa yang ingin dipelajari dan dibutuhkan
  2. membedah CP baru
  3. Belajar membuat TP menjadi ATP
  4. Dari sini, tergerak untuk mempelajari karena sebelumnya hanya unduh dan simpan. Kegiatan praktik memberikan pengalaman berbeda. 
  5. Guru sedang mencoba aplikasi kalender pendidikan per tahun untuk pengisian materi ajar
  6. Guru didorong untuk melakukan inovasi
  7. Guru meminta belajar cara menyusun program pertahun, persemester
  8. pemateri dari dalam sekolah, memberdayakan yang ada
SDN Cipeuyeum Haurwangi
  1. Sudah punya kombel dan sudah terdaftar di PMM
  2. pertama, membedah rapor pendidikan
  3. mencermati yang harus dibenahi berdasarkan prioritas benahi
  4. berdiskusi apa yang paling dibutuhkan oleh guru
  5. menyusun program kombel untuk pelatihan mandiri sebagai tindak lanjut dari benahi
  6. untuk kemajuan terbaik
  7. membedah rapor pendidikan untuk mencari akar masalah
  8. flexible sesuai kebutuhan
Ketua K3S, KS SD Baros
  1. Kombel terbentuk 2 tahun lalu, nama CERIA
  2. aktif baru 1,5 tahun
  3. Awalnya materi diambil dari hal-hal umum: CP, TP, ATP
  4. Berangkat dari masalah di kelas, prioritaskan masalah mana yang akan diselesaikan
  5. dilaksanakan selesai pembelajaran
  6. Tidak pernah mengundang pembicara dari luar, kecuali pengawas bina
  7. Saling antara senior (dalam arti pengalaman)  kepada junior
  8. Kolaborasi dengan hal-hal kekinian: Memberikan tugas menggunakan media Quizizz, karena tidak semua guru bisa
  9. Antar sekolah membentuk forum komunitas belajar se-kecamatan Karangtengah tetapi belum efektif
Mulyadi, KS SMKN 1 Cugenang, PLT SMK 2 Pacet
  1. Kombel menjadi pusat keunggulan, terdaftar di PMM, ada bimbingan dari PMTI, ada pendampingan selama 10 hari, diberi simulasi, pendampingan dari Pengawas.
  2. Aktivitas yang dilakukan: konten materi awalnya dari refleksi guru di pembelajaran, berkolaborasi dengan tujuan yang pasti, yang berdampak ke pembelajaran yang berkualitas, dan bersampak pada lulusan.
  3. SMK PK sudah biasa melakukan Kombel. 
  4. Ada Lesson Study
  5. Instrumen sudah diisi.
Acara ditutup setelah makan siang. 
Saya, Pa ltang, dan Bu Uti pulang. saya dan Bu Uti menumpang mobil Pa Itang.
Sebelumnya saya melakukan pendampingan penyusunan RTL.

No comments:

Post a Comment