Waktu Pelaksanaan kegiatan: Kamis, 9 Februari 2023
Tempat Pelaksanaan: SMA Islam Kreatif Muhammadiyah, Cianjur
1. Presentasi dari Kepala SMA Plus At Taqwa
KS: Dadan Lana, SH
SMA IT At Taqwa bertujuan mewujudkan tujuan pendidikan nasional melalui dikembangkannya Kurikulum yang menggabungkan dengan boarding dan dominan keislaman. Tujuan ini diwujudkan pada Visi sekolah "Terwujudnya peserta didik yang memiliki kriteria insan kamil".
Hal yang telah dilakukan pada tahun 2022 di antaranya: pelaksanaan P5 dengan fokus pada reduce, reuse, recycle. Melakukan marching band untuk kegiatan di lingkungan sekitar. Menjadi tempat penitipan hewan kurban.
Adapun pencapaian tahun 2022 di antaranya: ikut serta pada lomba, ada workshop untuk guru, membuat tower sendiri agar speedy bisa masuk, pembiasaan hari Rabu berupa kajian hadis, siswa ada yang boarding ada yang tidak boarding, pengabdian masyarakat dengan bazar produk siswa, kegiatan khitanan massal, ekskul hadroh, bekerja sama dengan kepolisian, puskesmas, UNSUR, STAIS, penambahan satu ruang kelas, bagian belakang jadi kebun kangkung, tomat.
Yang belum tercapai: benchmarking ke sekolah unggul, rekrutmen PTK Guru, Membangun ruang kelas baru dan lab. Guru ada 13 orang dengan kondisi mengajar pula di sekolah lain.
2. Presentasi dari Kepala SMA Islam An Naba
KS: Muhammad Nizar Taufik, M. Pd
Penilaian kinerja merupakan kegiatan rutin yang hakikatnya sama yaitu menilai prestasi kepala sekolah.
Sekolah bervisi "Terwujudnya generasi Qur'ani" yang diambil dari visi pesantren sesuai keinginan pemilik yayasan. Alasan pemilihan visi ini karena segala hal, seperti akhlak, ada termaktub dalam Al Quran. Harapannya para lulusan mendekati akhlak Rasulullah, melalui kegiatan yang Qura'ni.
Kurikulum yang digunakan kelas 10 Kurikulum Merdeka dan tahun ini mendapatkan bantuan dari Kementrian untuk buku khusus bagi sekolah yang terdampak gempa.
Program yang sudah dilaksanakan di antaranya PPDB, akan menawarkan atau mempromosikan melalui media massa seperti Radar Cianjur. Kegiatan sekolah yang fleksibel, seperti contohnya pada saat terdampak gempa kegiatan sekolah dilakukan secara daring, para santri dipulangkan.
Sekolah memiliki ruang guru, siswa ada yang berprestasi, ada pembinaan rutin dari KS dan kesantrian, kegiatan upacara, supervisi akademik, ekstrakurikuler, kegiatan sosial pada bulan puasa buka bersama, OSMA seperti OSIS, ada IHT, ada kegiatan outing class ke museum Bumi Ageung, ka Balithi, memanah, berkuda bekerja sama dengan As Sa'adah, pada Sabtu tidak ada pembelajaran, digunakan untuk ekskul. Kegiatan sosial berupa membentuk posko gempa di sekolah, para guru menjadi relawan.
3. Presentasi dari Kepala SMA Islam Kreatif Muhammadiyah Cianjur
KS: Abdul Haris, SP
Menjadi KS karena by accident, yaitu menggantikan KS yang sakit. Berlatar belakang pertanian, sarjana ilmu pertanian.
Sekolah berada di Jl Abdulah Bin Nuh, SK pendirian tahun 2013. Visi sekolah "Terwujudnya lulusan yang unggul (akademik non akademik, Mandiri dan Berakhlak)". Kurikulum yang diterapkan mengintegrasikan local wisdom, Ismuba-al Islam, Bahasa Arab, kemuhammadiyahan kekhasan Muhammadiyah, dan .... Menggunakan Kurikulum 2013 jurusan IPA dan IPS. Aktivitas sekolah full day, mulai pukul 07.00 Pembiasaan (membaca al Quran), 8.00-11.40 KBM, 12.30 shalat, 13.00 istirahat, pulang pukul 15.00.
Kegiatan ekstrakurikuler: hizbul wathan, archery club, futsal, tapak suci, English Club. Kokurikuler untuk mewujudkan profil pelajar pancasila melalui IPM, Pembiasaan, dan skill product. Pada awal masuk sekola dilakukan: psikotes, BTQ, Wawancara dan Pengajuan Jurusan, IHT, surlingjar, ANBK, rapat orang tua, MaBit, Eco green, Tahfiz camp.
Kondisi sekolah pasca bencana 21 November 2022. Sekolah menjadi posko gempa kondisi sekolah menjadi semrawut. Pa Majid, Pa Deden, Bu Sri, menjadi sukarelawan. Sekolah divalidasi oleh PPR untuk memastikan sekolah aman. Kemudian dilakukan latihan mitigasi bencana.
Tahun lalu lulusan 50% melanjutkan ke PT, 40% bekerja, 10% wirausaha.
Paparan dan
No comments:
Post a Comment