Disarikan oleh H.M. Sopandi, SH.
Sanduk-sanduk
Papalaku
Pun, sampurasun!
Kaluhur ka Nu Agung
Ka pangkon Gusti Yang Manon
Nu nyiptakeun bumi langit
Ngamandawa sakabéh alam
Kula neda jiad jabah.
Ka sakabéh nu sajagat
Tapi béda teu saalam
Nu aya henteu katingal
Nu ngajirim teu kaciri
Ieu kula neda pangjurung
Neda bantu mun teu kajungjung
Ménta abar mun poékkeun
Ieu kula rék nyusul anu geus jauh
Ngaguar nu kaurugan
Nutur galur anu raeempu
Nu mubus di alas bandawasa
Tapi ...
Inyana tetep aya, raja nu ngarajaan Pajajaran
Nyalindung dina kalbu urang Sunda
Tapi Sunda anu nyunda
Dina ati sanubari
Pun sampurasun!
I. Wilayah Pajajaran
Menurut tutur Ki Juru Pantun, Aki Buyut Baju Rambeng. Ada lima negara Pajajaran yang berdiri satu zaman tapi hanya beda hari.
1. Kerajaan Bantar Sagara (Banten Utara)
2. Pajajaran Jati Purwa (Cirebon)
3. Pajajaran Kulon (Banten Girang)
4. Pajajaran Tengah (Bogor)
5. Pajajaran Girang (Tanah Periangan)
Melihat pembagian wilayah di atas, Kabupaten Cianjur sekarang berada di wilayah Pajajaran Girang.
Dikisahkan, negara Pajajaran adalah negara agraris. Sumber pencahariannya menanam padi dan palawija.
Diketemukan dalam pikukuh urang Sunda. Urang Sunda tara loba kahayang asal:
Leuit kaeusi
Paranjé kaeusi
Sadapan kapiara
Huma kapiara
Linyih pipir
Caang buruan.
Tanaman pokoknya padi, padi huma dan padi sawah.
Dapat diketemukan dalam ungkapan tradisi lisan:
1) "hirup datang ti nu Agung
Hurip datang ti Pohaci"
Mun diuk jeung péso raut,
Mun indit ngajingjing arit,
Tanah legok pelakan bako,
Tanah lamping pelakan hui,
Nu datarna dihumaan,
Nu kitu tara kakurangan dahareun.
2) ulah sok paraséa
Bisi pajauh huma
Masyarakat Cianjur juga dulunya masyarakat petani, utamanya petani huma, terutama daerah Cianjur selatan yang kebanyakan sampai sekarang masih dikenal tata garapan huma, yaitu:
Narawas, memberi ciri untuk huma
Nyacar, membabat hutan
Nukuh, memotong cabang/ranting pohon
Ngaganggang, membiarkan rerumputan yang dibabat, kering
Ngaduruk, membakar rumput-rumput kering
Nemprang, membersihkan tunggul pohon yang kecil-kecil
Ngageuingkeun Nyi Pohaci dari leuit
Ngaréremokeun Nyi Pohaci
Ngaseuk, ngadahupkeun Nyi Pohaci kepada calon suaminya. Bernama Weweg Sambeg Mandala Pageuh (bumi).
Petani huma lebih banyak ritusnya dibanding dengan petani sawah.
II. Siapakah Nyi Pohaci?
Nyi Pohaci adalah Dewi Sri, Dewi Padi. Mengapa ada di dunia sedangkan dewi tempatnya di Kahiangan.
Kisahnya sebagai berikut:
Suatua ketika Batara Guru akan mendirikan istana kerajaan di Suralaya. Istana ini dikerjakan oleh para dewata.
Dewa Anta sangat sedih tidak bisa berbuat apa-apa karena dia wujudnya ular. Saking sedihnya dia menangis, dan air matanya Jatuh ke bumi. Jadi telur 2 biji. Telur itu dierami seekor naga, namanya Naga Gini. Kedua telur itu menetas menjadi 2 bayi. Yang satu berjenis kelamin perempuan, diberi nama Dewi Sri (Pohaci). Yang satu lagi laki-laki, diberi nama Udug Bastu.
Setelah remaja, Dewi Sri menjadi gadis yang elok, cantik jelita. Batara Guru jatuh cinta kepada Dewi Sri. Dia mengutus kabayan dewa, Panji Narada untuk meminangnya.
Dewa Anta sangat terkejut mendengar Batara Guru meminang Dewi Sri. Takut terbongkar rahasianya bahwa Dewi Sri adalah penjelmaan air matanya, Dewi Sri dipanggil pulang ke Kahiangan. Wujud Dewi Sri itu meninggal dunia. Dari kuburan Dewi Sri tumbuh pepohonan:
1. Padi
2. Hanjuang
3. Tamiang
4. Pacing
5. Bambu
6. Rotal séél
7. Ki Huru
8. Kelapa
9. Enau/Kawung
10. Pisang
Pepohonan ino dipercayai saudara-saudara Dewi Sri di dunia. Bertanam padi di huma atau di sawah, pada pupuhunan, pepohononan itu harus ada selengkapnya. Pupuhunan artinya pohon pokok. Tempat yang dipilih petani ukuran 1m2 sebagai pusat huma atau sawah. Diyakini tempat itu tempat kasaktén bumi (puseur pakaya huma atau sawah).
Bila padi huma atau sawah diserang hama, yang diobati cukup padi yang ada pada pupuhunan saja, yaitu 7 pohon ke kiri, 7 pohon ke kanan. Padi pada pupuhunan sembuh, sembuhlah semua padi yang ada di huma/sawah.
Dewi Sri tempat tinggalnya di Kahiangan disebut Bumi Suci, Alam Padang. Disamping tempat tinggal Sunan Ambu.
No comments:
Post a Comment