Tuesday, February 19, 2019

Workshop Review Pengembangan Naskah Pembelajaran dan Penilaian

9Hotel Salak Padjadjaran Bogor 19-22 Februari 2019

Tujuan kegiatan
1. Menelaah saran atau usulan perbaikan naskah pembelajaran  dan Penilaian 2019
2.  Memperbaiki dan mengembangkan naskah pembelajaran dan Penilaian berdasarkan hasil identifikasi
3. Menyusun naskah pembelajaran dan Penilaian baru berdasarkan kebutuhan NSPK (penyusunan norma standar prosedur dan kriteria) SMA

Alur kerja
Lihat, edit, update, ...

Kelompok C Modul SMA Terbuka,
Ruang Executive 1
Koordinator Ujang, Nursyamsudin

Materi 1 Selasa  19 Feb 2019, 19.30-21.30
MBS (Manajemen Berbasis Sekolah)
Prof Hamid Hasan
MBS membuat sekolah memiliki tanggung jawab dan akuntabilitas.
Tidak sedikit guru menjadi single fighter.  Dia buat RPP sendiri, jalan sendiri.

School-based curriculum berlaku di Australia.  Kementrian tidak mengembangkan kurikulum.  Let's thousand flower bloom,  itu mottonya. Pemerintah bertanggung jawab mengangkat KS. KS yang merancang sekolah mau dibagaimanakan.
Mulai 2008 Australia memiliki kurikulum nasional.

UU Daerah no 23 th 2016 tentang pemerintahan daerah mengharuskan sepenuhnya kurikulum pada pemerintah daerah,  itu seharusnya.  Kenapa,  karena pemda tidak diberi kewenangan mengangkat PNS. Maka MBS tidak membicarakan pengangkatan guru.
Di Indonesia KS bukan profesi, tapi guru plus. Di negara lain sudah dianggap profesi dan bersertifikat atau memiliki akta. Akibatnya KS bisa diganti kapan saja.

Di sekolah mana yang menerapkan Guru Utama yang berhak membuat RPP, menentukan buku? Itu bagian dari MBS.
Guru pemula belum berpengalaman.
Guru Utama atau master teacher yang tahu buku mana yang bisa dipakai bukan oleh KS, dia yang menentukan isi pelajaran/ pemegang utama bendera pelajarannya,

Pendelegasian wewenang kepada sekolah untuk membangun dirinya sehingga akuntabel,  itulah MBS.

Ketika guru memberikan ulangan siswanya mendapatkan nilai 60% dari yang diajarkan, merasa gagal.
Matematika pelajaran susah, kalau susah, kenapa diajarkan?
Bahasa Inggris  belajar 6 tahun, tapi tidak bisa apa, kenapa kalah sama kursus yang siap bisa bahasa lnggris dalam 6 bulan.
Bahasa Indonesianya salah tidak apa2, akibatnya berbahasa Indonesia yang salah.  Yang takut salah berbahasa Inggris.
SMK masuk BLK.  SMK sekolah menengah,  BLK menerima siapapun tetapi siap kerja. Lebih sefih lagi,  lulusan SMK masuk BLK.

Pendidikan multikultural, tapi tidak bicara pendidikan berbasis kultur.  We learn through our culture lenses.
WC bersih,  beda bersihnya ketika bicara bersih. 

Sekolah tidak membantu daerah dalam urusan MBS?

Bagaimana bisa KTSP jika tidak MBS. Implementasi kurikulum itu menyangkut bagaimana sekolah melaksanakan kurikulum buatan pemerintah.

Kualitas
MBS menentukan kualitas sekolah, baru bisa akuntabel.
Jika KKM sekian, perolehan nilai 60, bagaimana kualitas sekolahnya?

Tujuan MBS itu meningkatkan kualitas pendidikan terutama kualitas hasil belajar peserta didik, mengembangkan kualitas suasana dan kinerja gurudan tenaga kependidikan, mengembangkan akuntabilitas satuan pendidikan terhadap masyarakat dan bangsa, dan mengembangkan program pendidikan yang sesuai dengan kebutuhan dan peningkatan kualitas kehidupan masyarakat (muatan lokal)

Apa pertangungjawaban sekolah kepada masyarakat (baca orang tua) ketika sekolah memberikan nilai rapor merah?
Apakah angka 70 matematika anak saua sama dengan 70 matematika siswa C. Apa kelemahan anak saya agar sebagai orangtua saya bisa bantu sekolah.
Ini adalah urusan akuntabilitas sekolah pada masyarakat.

Jika memegang profesi artinya qualified untuk pekerjaan yang diampu.

Tugas pokok manajemen: perencanaan, pengorganisasian,  ... pengawasan, 

Sekolah kumuh, selokan menuju sekolah bau, kemudian berubah dengan adanya pendidikan karakter, itu artinya MBS berjalan.

Guru mengajar tanpa jeda. MBS harus mengatur pergantian jadwal, beri 10 menit,  guru jadi segar, siswa kapan istirahat sebentar saja. Jangan OK kamu baru selesai pelajaran x ayo masuk lagi pelajaran y. Siswa bukan manusia super.

Guru punya meja kerja,  tapi tidak punya ruang kerja. Bagaimana guru datang setiap hari walaupun tidak mengajar.  Ini tantangan besar.

Bagaimana kepada guru mengajar 40 jam dan minta kualitas? Come on, tak ada tenaga lagi guru buat bicara kualitas,  habis tenaganya.

Bidang kerja MBS: penetapan kebijakan,  SDM,  fasilitas belajar dan kerja, suasana kerja,  lingkungan sekolah,  dana, implementasi kurikulum,  koordinasi dengan masyarakat,  kordinasi dengan pengambil kebijakan setempat.

Community of educators
Pendidik dan tenaga pendidik adalah satu kesatuan

Aspek implementasi
Perencanaan sekolah, pengembangan mulok, diversifikasi KTSP,  penerapan Kl 1 KD 4, pengembangan 5M, kegiatan ekstra kurikulum.

Penerapan MBS
Setiap GTK dan KS perlu memahami pengertian, tujuan,  kegiatan dan wilayah kerja MBS.
Membangun berbagai peraturan yang terkait dengan kegiatan

No comments:

Post a Comment