Pendampingan pra on dan pasca USBN.
Soal sebelum dirakit, ditelaah terlebih dahulu. yang membuat guru. Tidak dibenarkan dibuat oleh pihak lain. Guru menjamin soal sesuai dengan blue print kisi-kisi dan sesuai dengan materi yang diajarkannya.
Pasal 58 ayat 1 UU 20/2003
Evaluasi hasl belajar peserta didik dilakukan oleh pendidik untuk memantau proses, kemajuan, dan perbaikan hasil belajar peserta didik secara berkesinambungan.
Permendikbud nomor 4
Penilaian hasil belajar dilakukan melalui USBN.
USBN alat ukur keberhasilan capaian kompetensi peserta didik yang dilakukan oleh satuan pendidikan dengan mengacu pada SKL untuk memperoleh pengakuan atas prestasi belajar.
Dokumen USBN adalah hasil pelaksanaan USBN bersifat rahasia, terdiri atas naskah soal, jawaban peserta didik,
Alasan mengases pencapaian
Untuk siswa: pemotivasi
Guru: bagian dari proses pembelajaran, alat evaluasi keberhasilan pengajaran (dibandingkan guru atau sekolah lain), alat untuk pengembangan rencana kurikulum berikutnya.
Syarat kelas 12,
Urutan
1. Soal
2. Telaah soal
3. Uji coba soal (peserta didik, atau oleh pakar, uji keterbacaan soal)
Langkah penyusunan indikator dan soal
1. Kompetensi yang diuji
2. Lingkup Materi
3. Level kognitif
4. Indikator soal ( memuat ciri yang diukur, kata kerja operasional IDEALNYA HANYA 1,
5. Soal (1 soal, 1 indikator, stimulus, opsi jawaban)
Kurikulum berbasis standar.
Petugas jangan merespon pertanyaan yang tidak terkait tugas.
102 SMA, 34 Provinsi
Analisis butir soal: teori klasik
Tingkat kesukaran
Daya pembeda
Diberikan gambar pengukuran benda dengan menggunakan jangka sorong dan mikrometer skrup, peserta didik dapat menunjukkan pengukuran dengan benar. (perlu direvisi)
Perlukah dijelaskan benda apa yang akan diukur? Ketebalan, diameter?
Indikator harus spesifik.
Revisi
Diberikan gambar
Tata letak tulisan tidak mengakibatkan boros kertas.
Peserta didk mampu memahami dan menguasai tentang kebutuhan manhsia yang tidak terbatas dengan kelangkaan sumber daya.
Memahami dan menguasi
L1
Kasus
Menggunakan nalar dan logika dalam memecahkan masalah
Disajikan data pendapatan nasional dan penduduk suatu negara, siswa dapat menganalisis dan menyimpulkan pendapatan perkapita yang paling tinggi dan terendah.
Revisi: KKO hanya 1 saja mis: disajikan data pendapatan nasional dan jumlah penduduk beberapa negara, siswa mampu menyimpulkan
Kondisi perekonomian di negara tersebut.
Belum menguji kompetensi
Seharusnya disajikan masalah (lihat kemampuan yang diuji)
Penulisan angka mengikuti aturan bahasa Indonesia jika seluruh teks itu menggunakan bahasa Indonesia
US 3,765.00 salah
UD 3.765,00 benar
No comments:
Post a Comment