Friday, September 16, 2022

Andragogi: Jejaring Terminologi Konseptual

 Jajat S dan Iip Saripah


Knowles: the art and science to help adult learn (seni dan pengetahuan dalam membelajarkan orang dewasa)

Terminologi: Knowledge Learning Society

  1. Lifelong learning-education (belajar merupakan esensi kehidupan dan menjadi salah satu identitas dari makhluk yang namanya manusia, salah satu hak hidup manusia adalah belajar, pendidikan adalah segala situasi dalam hidup yang mempengaruhi pertumbuhan seseorang, pendidikan adalah keseluruhan pengalaman belajar setiap orang sepanjang hayatnya). Belajar merupakan akumulasi dari pengalaman yang bermakna. R.H. Dave (1973) sering menjadi rujukan untuk belajar sepanjang hayat  mendefinisikan seperti berikut, "bahwa pertumbuhan kejiwaan,  perkembangan kepribadian, pertumbuhan sosial, ekonomi dan kebudayaan, seluruhnya berlangsung terus menerus, seumur hidup."   Menurut Chen-Yen Wang (1997) belajar sepanjang hayat adalah to learn as long as you live dan learning has no boundaries, lifetime learning, life-wide learning, life-span learning. 
  2. critical pedagogy humanisme
  3. transformatif learning
  4. learning organization
  5. EFA, MDGs, SDGs, 4.0, 5.0 
  6. AE-ACE
  7. SOL, Self Evaluation, Experiential Learning
  8. Community based Education

Prof Santoso Samijoyo: social engineering, KIE (komunikasi, informasi, dan edukasi) merupakan pendekatan pendidikan  dalam bentuk gerakan, dengan tujuan untuk melakukan pengurangan terhadap status quo. 

Pengetahuan yang terstruktur menjadi ilmu.

Pengalaman adalah interaksi antara individu dengan lingkungan.

Alkisah, [ada tahun 1972, manusia -manusia pinter sedunia berkumpul,  mengikrarkan cita-cita bersama untuk mencapai kehidupan yang sehidup-hidupnya, cita-cita tersebut dinamai Millennials Development Goals (MDGs). Cita-cita tersebut diusahakan agar bisa tercapai. Seiring berjalannya waktu, cita-cita tersebut dipandang kurang lengkap, maka timur pemikiran untuk menyempurnakannya, maka jadilah Sustainable Development Goals (SDGs). Kini, cita-cita itu dirumuskan dalan 17 tujuan https://www.sdg2030indonesia.org/page/1-tujuan-sdg



Tugas: Minggu depan sudah ada gambaran untuk pemodelan sesuai bidang kerja masing-masing


Perkenalan: 

  1. Siti Maspupah, S2 Bahasa Inggris, Unindra Jakarta, Kepala SMKN 1 Cianjur
  2. Jakaria, S1, S2 Universitas Suryakancana, Bahasa Indonesia, Kepala SMAN 1 Ciranjang, pertama ditugaskan di SMAN 2 Cibinong, pindah ke SMAN 1 Mande. KS sejak 2015.
  3. Tati R, D3 Akademi Kesehatan, melanjutkan S1 UNdip bersama Ibu Saur. SUami di DKM sering diminta berbagai tentang kesehatan, melanjutkan ke S2 Masyarakat Islam di UIN, S2 masuk lagi ke UNDIP kesehatan. Semula di kesehatan lingkungan, Kesehatan masyarakat. Sekarang di Poltekes Gunung Batu. Promotif, rehabilitatif, promotif, preventif.
  4. Bambang Y, D3 berminat ke teknik, S1, S2 Teknik Lingkungan. Pernah membuat Kampung Hijau di Tangerang, setelah ditinggalkan, berhenti. Teknologi yang digunakan menggunakan magot, komposting, biogas. Maka memutuskan kuliah di S3 Penmas agar masyarakat bertanggungjawab terhadap program yang diberikan.





No comments:

Post a Comment