Materi 1
Andragogy
Perkenalan dari Pa Japar dan Pa Haruman.
Perspektif Andragogy
1. Historis
Source: Malcom S. Knowles, andragogy is the art and science of helping adult learning (p.44)
9.00
Materi 2 Landasan Yuridis UUSPN No 20 Tahun 2003
BAB 1 Ketentuan Umum
Pendidikan adalah usaha sadar dan terencana untuk mewujudkan suasana belajar dan proses pembelajaran agar peseta didik secara aktif mengembangkan potensi dirinya untuk memiliki kekuatan spiritual .....
Bentuk: formal, non formal, dan informal.
Sistem yaitu seperangkat unsuer yang secarfa teraturs saling berkaitan sehingga membentuk suatu totalitas
sistem merupakan himpunan komponen ang saling berkaitan untuk mencapai tujuan
sistem merupakan suatu kesatuan integral dari sejumlah komponen yang sailing berpengaruh dengan fungsinya masing-masing
Pembelajaran yaitu interaksi antara berbagai komponen untuk mencapai tujuan pembelajaran.
Teori adalah serangkaian prinsip yang diterima secara ilmiah yang ditawarkan untuk menjelaskan sebuah fenomena
Progresivisme
peserta didik sebagai makhluk sosial yang aktif dan dua percaya bahwa percaya didik ingin memahami lingkungan di mana dia berada secara personal maupun kolektif
harus ada perubahan dalam situasi pendidikan dengan upaya:
- memberi kesempatan kepada murid untuk belajar secara perorangan
- memberi kesempatan kepada siswa untuk belajar melalui pengalaman
- memberi motivasi bukan perintah
- mengikutsertakan siswa dalam aspek kehidupan sekolah
- menyadarkan peserta didik bahwa itu dinamis
Koneksionisme
Belajar memiliki tujuan akhir dalam bentuk peningkatan kemampuan untuk melakukan sesuatu dalam bentuk kompetensi tertentu
Belajar memiliki tujuan akhir dalam bentuk peningkatan kemampuan untuk melakukan sesuatu dalam bentuk kompetensi tertentu
belajar berlangsung menurut prinsip yang sama melalui proses pembentukan asosiasi antara kesan panca indera dengan tindakan
proses belajar berlangsung menurut hukum kesiapan, hukum latihan, dan hukum efek.
Humanistik
- Tujuan memanusiakan manusia.
- proses merupakan hal penting, melibatkan peran aspek kognitif dan afektif
- memberikan keleluasaan kepada muridnya sesuai keinginannya
- manusia itu sendiri yang memegang peranan untuk kesuksesannya sendiri
- Arthur Combs: Belajar terasa berarti bagi pembelajar itu sendiri, nilai bukan hal yang utama
- Bloom dan Krathwohl:
- Carl ROger: belajar harus melibatkan sisi intelektualitas dan emosional siswa
- Maslow: setiap individu akan
Kognitif
- Mementingkan proses belajar, yaitu proses belajar adalah bagaimana perilaku seseorang mencapai tujuan belajar
- jika mengajar hanya mengandalkan kognitif saja, diasumsikan siswa mengalami kesulitan dalam menguasai materi, khususnya siswa kejuruan.
- Benjamin Bloom: ranah kognitif ada 6 (C1-C2)
Implementasi Teori Pembelajaran dalam Pendidikan Masyarakat
Roger's Learning Continuum
Self directed learning: informal learning, self directed learning, Self regulated learning: non formal learning, formal learning.
asumsi belajar orang dewasa (Knowles): 1) KOnsep diri, 2) pengalaman belajar, 3) kesiapan belajar, dan 4) orientasi belajar.
Teori belajar manfaatnya untuk:
- membantu pendidik mengetahui proses terjadinya belajar pada manusia
- pendidik akan mengetahui apa yang harus dilakukan sehingga peserta didik dapat belajar dengan optimal
- membantu pendidik dalam membelajarkan peserta didik
Pendidikan itu melibatkan: input, proses, output. siswa SD lulus (output) sehingga bisa melanjutkan ke SMP. Yang belum Outcome (dampak)
Belajar urutannya: learning, action, dan condition (tingkah laku)
13.22
Prof Hufad dan Dr Vina
STUDI KOMPARATIF PEMBELAJARAN DAN PENGEMBANGAN MASYARAKAT
Harus ada produk kuliah, misalnya monograf, dicetak asosiasi perguruan tinggi, jadi masuk ke google scholar, masuk ke repository UPI, ini menambah profil dalam website di research gate.
Boleh penelitian, boleh reviu literatur. Amati pekerjaan kita, tulis dalam bingkai kaidah penulisan ilmiah.
Mulai dengan "kenapa"
Kenapa anak-anak ini melanggar lalu lintas?
Amati.
Amati.
Publish or Perish
Mendeley
Harus ada novelty, ada beda, ada kebaruan.
unduh memakai Java baru unduh mendeley.
No comments:
Post a Comment