Narasumber: Prof Ihat
Penyaji: Pa Dede
Pembelajaran Jarak Jauh
Domon dominan online dan dontamu dominan tatap muka
Penyaji: Pa Deden
Menggabungkan sinkronus dengan asinkronus.Thorne(2013) Mengatakan bahwa blended learning ini adalah
sistem campuran yang menggabungkan dua komponen atau metode sekaligus.
Campurannya adalah teknologi e-learning dan multimedia. Bahan pembelajaran yang
digunakan streaming video, kelas virtual, teks animasi online yang mana
dikombinasikan dengan bentuk pembelajaran tradisional yang ada di kelas.
Graham (2005) Menjelaskan pengertian blended learning yang
lebih sederhana. Ia mengungkapkan bahwa blended learning ini adalah
pembelajaran yang mana mengkombinasikan belajar online dengan belajar
tradisional atau offline.
Mosa (dalam Rusman, 2011) Blended learning mencampurkan dua
unsur utama yaitu belajar di kelas dengan online. Pembelajaran menggunakan
jaringan internet yang mana didalamnya terdapat pembelajaran dengan basis
website. Pembelajaran ini menggunakan teknologi multimedia seperti streaming
video, email, kelas virtual dan lain sebagainya.
Dwiyogo (2012) Blended learning ini merupakan model
pembelajaran campuran atau gabungan. Metode akan mencampurkan belajar tatap
muka dengan belajar berbasis teknologi. Pembelajaran ini bisa diakses secara
online maupun offline. Model pembelajarannya memiliki kesamaan dengan
e-learning.
Karakteristik Blended Learning
Berikut ini adalah beberapa karakteristik metode blended
learning yang wajib untuk Anda ketahui:
Pembelajaran Menggabungkan Berbagai Cara Penyampaian atau
Pengajaran Karakteristik yang pertama adalah menggabungkan berbagai macam model
pembelajaran konvensional dengan belajar secara online. Metode ini bukan hal
yang baru namun menjadi pelengkap metode belajar atau e-learning. Di metode
satu ini fokus utamanya adalah pelajar diharapkan dapat mandiri untuk bisa
bertanggung jawab dan menyelesaikan pembelajarannya.
Kombinasi Pengajaran Langsung Karakteristik selanjutnya
adalah mengkombinasikan pengajaran secara langsung dan belajar mandiri melalui
online. Pembelajaran ini juga berbasis komputer artinya adalah pembelajaran
menggunakan pendekatan teknologi pembelajaran dengan kombinasi sumber-sumber
belajar tatap muka dengan pengajar. Media yang digunakan untuk metode
pembelajaran ini media komputer, telepon seluler, konferensi video dan lain
sebagainya.
Perpaduan Cara Mengajar dan Gaya Pembelajaran Efektif Dengan
blended learning ini peserta didik akan semakin termotivasi untuk bisa
melakukan kegiatan belajar secara mandiri. Peserta didik juga mudah bertanya di
dalam forum diskusi dengan guru maupun dengan peserta didik yang lainnya.
Guru dan Orang Tua Memiliki Peran yang Sama Karakteristik
yang terakhir adalah guru dan orang tua siswa memiliki peran yang sama. Blended
learning ini menjadi pilihan terbaik untuk meningkatkan efektivitas dan
efisiensi dalam belajar. Selain itu daya tarik untuk berinteraksi di dalam
lingkungan belajar yang beragam juga meningkat. Metode satu ini akan memberikan
fasilitas belajar yang sensitif terutama terhadap berbagai perbedaan karakter
psikologis.
Manfaat dan Tujuan Blended Learning
Berikut ini adalah manfaat dan tujuan blended learning yang
menarik untuk Anda ketahui:
Belajar menjadi Lebih Fleksibel Dengan pembelajaran campuran
murid bisa belajar lebih fleksibel daripada pembelajaran secara konvensional
dimana murid diharapkan bisa lebih santai ketika belajar.
Interaksi dan Keterlibatan Siswa Meningkat Saat ini siswa
sudah akrab dengan teknologi dan menjadi bagian kehidupan sehari-hari. Dengan
menggunakan teknologi saat belajar akan membuat siswa bisa lebih terlibat di
dalam kegiatan pembelajaran.
Meningkatkan Hasil dan Minat Belajar Dibandingkan dengan
metode pembelajaran yang hanya satu macam, blended learning mampu meningkatkan
hasil dan minat belajar siswa. Hal itu karena metode belajar yang digunakan
jauh lebih menarik dan menggunakan media pembelajaran yang menarik pula.
Berdasarkan penelitian dari Wiley, anak-anak SD yang menggunakan blended
learning untuk pembelajaran bahasa Inggris terdapat peningkatan membaca sampai
dengan 20 poin.
Partisipasi Siswa Meningkat Di pembelajaran konvensional,
siswa akan cenderung berperan pasif dalam pembelajaran karena sistem
pembelajaran tradisional ini pusatnya hanya pada pengajar. Hal itu tidak akan
didapatkan pada blended learning, alasannya karena metode pembelajarannya
meningkatkan akses materi maupun aktivitas pembelajaran sehingga mendorong siswa
menjadi lebih aktif.
Kepuasan Belajar Meningkat Blended learning ini bisa
meningkatkan kepuasan siswa dalam pembelajaran dan hasil belajar. Dari awal
siswa mengetahui alur pembelajaran sejak awal. Dari awal siswa akan tahu alur
pembelajarannya. Selain itu siswa juga tahu apa yang diharapkan darinya sampai
syarat mencapai tujuan sampai nilai akhir.
Kelebihan Blended Learning Dibandingkan Metode Lainnya
Blended learning ini terbukti sangat efektif dan efisien.
Bisa dikatakan bahwa model pembelajaran ini menghemat sumber daya, waktu bahkan
biaya yang dikeluarkan. Peserta didik bisa mengakses pembelajaran dimana saja
dan kapan pun. Metode pembelajaran satu ini juga bisa dikembangkan secara
fleksibel. Peserta didik bisa mengakses modul pembelajaran yang mudah karena
dilakukan dengan cara online. Fasilitator maupun guru bisa menyampaikan materi
dengan berbagai macam metode. Misalnya video konferensi, video tutorial,
sharing modul pembelajaran dan sebagainya.
sumber: https://sekolahmuridmerdeka.id/blog/index.php/metode-blended-learning/
Penyaji: Ibu Eneng
Tujuan untuk membuat siswa memecahkan masalah melalui menghasilkan satu produk. Dengan cara ini para siswa berlatih kemampuan menyelesaikan masalah, berkolaborasi karena dilakukan dalam kelompok.- pengenalan masalah
- penyusunan rancangan project
- penyusunan rencana kerja/jadwal
- pelaksanaan dan monitoring
- ...
Penyaji: Kamsatun
Ulasan dari Prof Ihat:
- Tematik pada Penmas tidak bisa utuh karena pada Penmas tidak berbasis mata pelajaran.
- Bedakan antara persyaratan dan kelemahan
- Ada tiga mata uji: sistem pembelajaran akan muncul di dalamnya
Tugas minggu depan
Pa Haruman: Cooperative Learning
Pa Jaka: partisipatif learning
No comments:
Post a Comment