Prof Ihat
Penyaji 1: Yulinda
Desain Pembelajaran Model ADDIE (Instructional Design)
Analysis-Design-Develop-Implement-Evaluate menjadi tools efektif dalam pengembangan output dan sumber belajar lainnya. Konsep yang digunakannya adalah:
- analyze (proses perancangan apa yang akan dipejari dengan cara mementukan konten, metode, penilaian, karakteristik warga belajar.). tujuan dari analisis adalah untuk mengidentifikasi kemungkina penyebab kesenjangan kinerja.
- design: kegiatan merancang kegiatan dan pengetahun untuk mencapai tujuan,
- develop: mengembangkan perangkat, membuat produk sesuai struktur model, membuat instrumen untuk mengukur kinerja produk.
- implement: transformasi kegaitan instruksional yang direncanakan ke dalam praktik. prosedur untuk melatih fasilitator dan warga belajar,
- evaluate: evaluasi proses dan hasil. (Branch, ...)
- identify instructional goal/identifikasi tujuan pembelajaran (suatu pernyataan yang menjelaskan kemampuan apa yang harus dimiliki peserta didik setelah mengikuti suatu pengajaran)
- conduct instructional analysis/analisis pembelajaran (prosedur yang digunakan untuk menentukan keterampilan dan pengetahuan relevan dan diperlukan oleh peserta didik)
- identify entry behaviour (analisis terhadap karakteristik peserta didik yang akan belajar dan konteks pembelajaran yang dapat dilakukan secara bersamaan atau paralel)
- write performance objectives/mengembangakan kompetensi atau tujuan pembelajaran spesifik yang perlu dikuasai oleh peserta untuk mencapai tujuan pembelajaran yang bersifat umum (instructional goal)
- develop criterion reffered test/instrumen penilaian
- develop instruction strategy
- mengembangkan dan memilih materi pembelajaran
- mengembangkan dan melaksanakan evaluasi
- Revise instruction
- Design and conduct summative evaluation
- Berorientasi kelas (ASSURE) analyze learning, state objective, select methods-media and material-utilize media and material, required learner participation, evaluate and revise
- Berorientasi sistem (ADDIE)
- Berorientasi produk (Hannafin)
- Prosedural (Dick and Carl)
- Melingkar (Kemp)
Model CIPP (context, input, proses, product) Stuffbeam
Model Stake (Countenance antecedent (masukan) , transaction/ proses, outcome)
Cakupan evaluasi program pembelajaran
desain program pembelajaran, implementasi program pembelajaran dan hasil program pembelajaran
Tugas Makalah
Sistematika
Kata pengantar
Daftar isi
BAB I PENDAHULUAN
BAB II KAJIAN ...
BAB III SIMPULAN
Daftar Pustaka
Lampiran (PPT dilampirkan)
Kembangkan dari PPT, jumlah halaman sesuai dengan bahasan pada PPT.
Pedoman menulis lihat Panduan penulisan UPI
Bentuk: Hard copy, jilid plastik, dikumpulkan minggu depan.
No comments:
Post a Comment