Monday, October 31, 2022

Diskusi PKG dan Rencana Sekolah BI

Pagi dengan masker putih telur. Tujuan mengurangi kerut kantung mata. 
Pada saat maskernya dipakai lumayan kantung kerut matanya berkurang. Lumayan juga terasa ada tarikan pada kulit dari putih telur yang mengering.

7.15 KMob
Agak siang KMob karena HP dicas di bawah.
Tanggung sedang membuat data penduduk desa Sukamulya untuk penelitian Prof. Ace.
Niatnya ingin diberikan kepada Deden, tetapi bingung karena mendadak harus berangkat ke SMA Negeri 1 Cianjur untuk memenuhi undangan dari koordinator pengawas. Katanya akan membahas tentang instrumen penilaian kinerja guru serta rencana untuk pembangunan SMA Baitul Ilmi.
Sebelum berangkat ke sekolah berusaha menyelesaikan dulu apa yang mau dituliskan mumpung ada mood.

8.00
Tiba di SMA Negeri 1 Cianjur disambut dengan bau dari asap knalpot mobil Tayo yang dibunyikan tetapi tidak diberangkatkan. Bau asapnya berputar masuk ke dalam ruangan. untunglah memakai masker jadi tidak terlalu menusuk baunya.

Membuka laptop mencoba melanjutkan menulis mengenai Learning organization. Saya baru memahami bahwa Learning organization itu adalah bagaimana belajar di sebuah organisasi. misalnya sebuah perusahaan Toyota bagaimana para pekerja dan manajernya itu sama-sama belajar sehingga produknya itu terus laku di pasaran. Lumayan bisa menulis 1 2 paragraf tidak terasa waktu sudah pukul 09.00 dan Bapak koordinator pengawas sudah hadir.
9.00
Satu persatu guru SMA yang akan dinilai oleh Bapak koordinator pengawas hadir. Mereka mau mendiskusikan terkait dengan instrumen yang akan digunakan untuk instrumen penilaian rencana pelaksanaan pembelajaran, saya berikan masukan yaitu dengan mengelompokkan penilaian pada rencana pembelajaran dari 2 bagian, yaitu bagian pertama adalah dokumen pelengkap perencanaan pembelajaran mulai dari pencapaian pembelajaran, tujuan pembelajaran, alur tujuan pembelajaran kktp, dan aspek pemahaman.
Elemen-elemen ini dibuat berdasarkan hasil kesepakatan bersama guru karena mereka membuat instrumen seperti itu untuk dokumen pelengkap perencanaan pembelajaran titik yang kedua adalah perencanaan pembelajaran itu sendiri yang terdiri dari tujuan, langkah-langkah, dan assesment.
Diskusi menjadi alat ketika berbicara tentang penilaian sumatif para guru mengira bahwa penilaian semua tips itu setara dengan ulangan. Saya menawarkan bahwa sumatif itu bisa dilakukan untuk menilai pertemuan misalnya satu TP dicapai dalam 4 pertemuan dalam pertemuan pertama misalnya mau menjelaskan definisi titik kemudian guru menjelaskan definisi setelah itu menanyakan Apa itu definisi, artinya guru sedang melakukan proses formatif kemudian saya sampaikan bahwa dalam pertemuan itu ada hal-hal yang ingin mereka capai itu harus dicek Apakah sudah tercapai atau tidak kalau mengecek ketercapaian pertemuan artinya itu mengecek secara sumatif.
11.30 
Pak boruas mengajak untuk menjadi pemegang bidang akademik yang tujuan dari SMA yang akan dibangunnya itu adalah lulus ke perguruan tinggi sebanyak 50%.
12.30
Pulang

Melanjutkan menulis Learning organization.
Ada kabar pak Jafar menjadi PLT untuk SMAN 1 Sukanagara.
Ada permintaan dari Bu Sri dan Bu Maryati untuk membantu membuat daftar hadir pada saat melakukan penelitian di SMA Pasundan dan SMA 1 Cianjur.

No comments:

Post a Comment