Friday, October 28, 2022

Asumsi Pembelajaran orang dewasa

Badriah dalam setting kuliah daring

 6.55 KMob

7.22 Mulai bergabung dengan zoom penmasfip.
Kegiatan hari ini, tugas Prof Ihat adalah: tugas ke lapangan yah, mengidentifikasi Satuan dan Program yang akan dijadikan tempat observasi. Insya Alloh minggu depan kita bertemu melalui Zoom.

So, Prof Ihat does not give lecturing today. 
I move my attention to joining inspirational superintendent. My plan: just make a video using Gmeet, record, write the script, send. just as simple as that. I did not know whether it will be accepted or not. But, in my hunch said that superintendents from central and east java also outside java will flock joining this competition. 

9.12. Pa Rendy mengambil surat untuk ditandatangan ibu KCD.

9.39 Kuliah daring Materi Prof Jajat dan Ibu Iip Saripah

Materi asumsi belajar orang dewasa

Knowles, 1970 

(1) Konsep diri (the self-concept); 

(2) Pengalaman hidup (the role of the learner’s experience);

(3) Kesiapan belajar (readiness to learn); 

(4) Orientasi belajar (orientation to learning); 

(5) Kebutuhan pengetahuan (the need to know); dan

(6) Motivasi (motivation)





Dari aspek kesiapan belajar, orang dewasa lebih siap untuk belajar. Hal ini terjadi karena tuntutan perkembangan dan perubahan tugas serta peran sosialnya. IMplikasi terhadap pembelajaran: materi pembelajaran yang diberikan sebaiknya sesuai dengan kebutuhan dan peranan sosial. 



Ciri ke-4 Orientasi belajar orang dewasa adalah: 1) berpusat pada pemecahan masalah yang dihadapi (problem posing), 2) belajar lebih bersifat untuk dapat dimanfaatkan dalam waktu segera. Implikasinya dalam pembelajaran adalah materi bersifat praktis untuk diterapkan dalam kehidupan sehari-hari. 

Pertanyaan: Ibu Nenden:
Apakah orang dewasa tidak memikirkan futuristik, kenapa segera?

Pertanyaan Pa Yayat:
Bagaimana cara mengajar kepada orang dewasa untuk menghentikan kegiatan yang membahayakan kesehatannya, seperti merokok.

Pertanyaan Pa Jakaria:
Sebuah keluarga, anak banyak, orangtua sibuk, anak dididik baik: hafiz Quran. 

Respon:
Gunakan pertanyaan tersebut menjadi bahan untuk menulis (karya ilmiah).

Ciri ke-6 Motivasi
orang dewasa memiliki motivasi intrinsik: mandiri, membutuhkan, penghargaan, mampu menemukan dirinya sendiri (self determination), mampu mengarahkan dirinya sendiri (self direction). Implikasi pembelajaran: penciptaan iklim dan suasana pembelajaran, diagnosa kebutuhan, proses perencanaan pembelajaran. 

Minggu depan akan membahas motivasi.

No comments:

Post a Comment