Sajian materi tambahan: Penilaian |
Beragam pertanyaan muncul terkait penilaian pada masa khusus (pandemi), di antaranya:
- Apakah penilaian hasil belajar yang digunakan sama ataukah berbeda?
- Apakah tujuan penialaian hasil belajarnya masih sama?
- Apakah ruang lingkupnya sama?
- Apakah prinsipnya sama?
- Apakah bentuk atau teknik yang digunakan sama?
- Apakah mekanisme penilaiannya sama?
- Apakah mengolan dan melaporkannya sama?
Bagaimana perkembangan pelaksanaan penilaian selama BDR? Berdasarkan hasil surve penilaian dominan menggunakan WA (media sosial) 88%, online (Google classroom) 61%, kuis 39%, LMS 23%, email 10%, kirim paket 4%.
Di sisi lain, teknik penilaian yang telah tercatat dapat digunakan sangatlah beragam untuk mengumpulkan informasi sikap, pengetahuan dan keterampilan siswa.Apakah bisa dilakukan penilaian seperti masa normal. Untuk kebutuhan itu dibutuhkan kajian terhadap tuntutan kompetensi esensial yang harus dikuasai murid.
Penilaian selama BDR menggunakan formatif.
Tugas guru mengajak siswa untuk melakukan penilaian diri sehingga siswa menyadari:
- Saya tahu jika saya tahu
- Saya tahu jika saya tidak tahu
- Saya tidak tahu jika saya tahu
- Saya tidak tahu jika saya tidak tahu
No comments:
Post a Comment