Catatan siapa mengajar apa, jam ke berapa, dan bagaimana mengajarnya merupakan artefak penting bukti bahwa seorang guru mengajar. Dalam pembelajaran secara daring pembuatan agenda mengajar atau jurnal memgajar, atau apapun sebutannya, dapat dibuat secara daring pula. Berikut dipaparkan contoh praktik baik jurnal mengajar yang diterapkan di SMAN 1 Pacet Cianjur.
Jurnal mengajar dibuat dengan menggunakan google form. Setiap guru dapat mengaksesnya setiap kali dia mengajar. Kondisi kemudahan akses ini seolah semudah mengakses agenda mengajar yang ditulis pada buku agenda terbuat dari kertas yang selalu tergeletak pada meja guru pada saat tatap muka.
Jurnal mengajar tatap maya terdiri dari nama, mata pelajaran, hari, tanggal, kelas, jam ke, materi pokok, KD/uraian kegiatan, catatan kejadian penting (jika ada), dan aplikasi yang digunakan dalam belajar daring.
Adanya jurnal mengajar virtual membantu wali kelas dan pihak lain yang membutuhkan untuk tetap dapat mengumpulkan informasi mengenai keberlangsungan layanan pengajaran. Dari jurnal mengajar ini dapat ditelusuri bagaimana guru mengajar. Kolom uraian kegiatan memberikan gambaran bagiamana guru mengajar. Informasi yang diperoleh dari kolom uraian kegiatan akan membantu pihak yang membutuhkan untuk mengkaji teknik dan strategi mengajar. Pengisian berupa "menjelaskan materi, mengerjakan soal, menyimpulkan" menggambarkan bahwa pembelajaran daring secara konten sama dengan pembelajaran luring.
Adanya jurnal mengajar virtual membantu wali kelas dan pihak lain yang membutuhkan untuk tetap dapat mengumpulkan informasi mengenai keberlangsungan layanan pengajaran. Dari jurnal mengajar ini dapat ditelusuri bagaimana guru mengajar. Kolom uraian kegiatan memberikan gambaran bagiamana guru mengajar. Informasi yang diperoleh dari kolom uraian kegiatan akan membantu pihak yang membutuhkan untuk mengkaji teknik dan strategi mengajar. Pengisian berupa "menjelaskan materi, mengerjakan soal, menyimpulkan" menggambarkan bahwa pembelajaran daring secara konten sama dengan pembelajaran luring.
Pada bagian "aplikasi yang digunakan dalam belajar daring" menginformasikan variasi aplikasi dan kemampuan guru dalam memanfaatkan teknologi sebagai media pembelajaran.
Jurnal mengajar dengan menggunakan Google form relatif praktis dalam pengisiannya namun banyak informasi yang dapat diperoleh darinya.
Terima kasih kepada kepala SMAN 1 Pacet, Bapak Dede S.N, lbu Roida, lbu Windu, Ibu Yodi, Ibu Lilis, dan semua pihak yang membantu saya belajar dari kegiatan PPKKS SMAN 1 Pacet Cianjur.
No comments:
Post a Comment