Tuesday, February 11, 2025

Modul Induksi D1

4.00 nunggu di mesjid depan Hypermart 
6.20 makan lontong Padalarang 99
8.52 Aula Cimanuk kantor Bakorwil Garut

10.21 Pembukaan
Wawan, membuka acara 
Febri,  samping kanan
Bona kompetensi dan penilaian kinerja GKSPSTK
119 PS dilantik Désémber 2024. Masih kurang.
Dari jumlah yang ada di jumlah GP 800 hanya 122 lolos ujikom.
Pembekalan PS baru,  Disdik berkewajiban memberikan pendampingan. Komunikasi dengan BPSDM sudah dilakukan 
Program: 
a penguatan PS selama 3 hari per kelas 40 dalam 3 gelombang, 
b. Pembekalan: induksi. GTK baru melaksanakan kali ini. KCD 7 sudah melaksanakan. Namun sejabar harus sama, seragam. Rangkaian kegiatan induksi harus punya 1 pedoman, sumber bahan ajar, yaitu modul induksi PS. Skema diklat dibahas Pa Bona.
Menyiapkan bahan induksi pengawas, skema yang nanti  20% berupa lembaran kerja dan yang 70% itu berupa jurnal, jurnal untuk bapak alat kontrol jadi yang 70% itu nanti disiapkan di dapat dituangkan ke dalam jurnal sebagai alat kontrol progres apa-apa saja sudah dilaksanakan oleh pengawas. Berapa PS yang jadi inductor,  ditentukan kemudian.

Pa Bona:
Ingin memberikan imej baru. Permenpanrb 21/2024 PS jadi Guru Pendamping Satuan Pendidikan. 
119 PS baru menjadi tanggung jawab dan upaya menyelaraskan kinerja. 
ASN muncul karena ada organisasi yaitu RI. Pemerintah pusat dan pemerintah daerah. Pemda mengatur aparatur daerah. 
Bentuk pengembangan kompetensi dulu melalui diklat. UU no 5 /2014 dan no 20 tahun 2023, tentang pengembangan kompetensi.  Manajemen ASN menerapkan meritocracy. Sebelumnya patronasi. Badan pertimbangan Jauh Dekat (guyon badan pertimbangan jabatan...).

Dalam manajemen ASN ada perubahan mulai dari perekrutan sampai pensiun, ada di dalamnya pengembangan kompetensi melalui: a. pendidikan lanjutan (melanjutkan S1, S2, S3), b. pelatihan (klasiksal dan non klasikal). Upaya yang sedang dilakukan sekarang mengkombinasikan klasikal dan non klasikal melalui corporate university, yang tidak mengandalkan pada pertemuan di kelas-kelas. 
Strategi pembelajaran yang digunakan 10-12-70. 
Change is the end result if all true training (Leo Buscaglia) Pembelajaran yang sejati itu ditandai dengan adanya perubahan.
Harapan: saat menyusun tim dan program adalah adanya perubahan mind set, Dari beberapa pengembangan kompetensi rerata di klasikal artinya dalam ruangan, tidak banyak membantu untuk penguasaan kompetensi. usai pelatihan di kelas, lupa teori yang diberikan.

Pengawas merupakan PNS yang berada di sekolah negeri. 

Dunia berkembang pesat, pekerjaan yang sifatnya repetitif mulai diganti seperti teller di bank, akuntan publik bisa digantikan AI. PS harus bisa dipertahankan dalam pekerjaan alih-alih teknologi yang berkembang pesat. Kemampuan analisis dan mencipta masih bertahan engineer chat AI. 

Model 10-12-70 hands-on experience yang tertuang pada seluruh modul. 10 konsep dan teori, 20 pembelajaran interaksi sosial (membahas konsep, seperti apa yang dibutuhkan di lapangan), 70 job assignment/praktik. 
KOnsep bisa diberikan lewat zoom, atau langsung di lapangan (10%).

The model’s creators hold that hands-on experience (the 70%) is the most beneficial for employees because it enables them to discover and refine their job-related skills, make decisions, address challenges and interact with influential people such as bosses and mentors within work settings. They also learn from their mistakes and receive immediate feedback on their performance.

Employees learn from others (the 20%) through a variety of activities that include social learning, coaching, mentoring, collaborative learning and other methods of interaction with peers. Encouragement and feedback are prime benefits of this valuable learning approach. 

The formula holds that only 10% of professional development optimally comes from formal traditional courseware instruction and other educational events, a position that typically surprises practitioners from academic backgrounds.

Bentuk aktivitas pembelajaran metode 10-20-70 (experiential). 20 umpan balik, belajar bareng, apa maksud dari konsep, seperti apa dalam dunia nyata, mereka menyusun rencana kerja.

Konsep JF pengawas di semua KCD sama, maka akan diadakan pertemuan terlebih dahulu.

Masa induksi 10 bulan, 320 JP.
Modul 1: Orientasi Program Induksi
Modul 2: Kebijakan Pendidikan Nasional
Modul 3: Peran guru pendamping sekolah dalam pengembangan pendidikan



Kompetensi GPS




No comments:

Post a Comment