Thursday, February 6, 2025

Pajak dan RHK

 Things to do today

1. Cek pajak, cari EFIN pajak, kalau tidak salah ada pada kertas kuning. 4134111851

2. Siapkan GMeet untuk membimbing Kepala SMAN 1 Kadupandak Cianjur, Ibu Ratih Dewiana menyusun RHK periode Januari-Desember 2025. Cek Rapor Pendidikannya, lihat skor indikator Kepemimpinan Instruksionalnya. Pilih skor terendah untuk dibenahi tahun ini.

3. Coba cek pajak olehmu sendiri, bisa tidak mengisi sendiri.

4. Temui Ibu Kepala Cabang DInas, bicarakan: a) membuat seperti jadwal pertemuan PSMTI dengan SMA/SMK di nitadinaskan supaya saya tidak  kelimpungan mencari sekolah, b) laporan SInergi

5. Pastikan dampingan SMA Baitul Ilmi untuk menambah jurusan IPS dan mengubah Dapodik menjadi dua jurusan IPA dan IPS oleh MIlma dan Adnan kepada Pa Purba pukul 13.00 terlaksana. Tugasmu mendampingi.

6. PIkirkan dan browse materi menulis artikel untuk disajikan pada pelatihan menulis artikel yang diselenggarakan Pa Haruman, kepala SMAN 2 Cianjur.


GMeet RHK

 Google Map dilaksanakan sesuai dengan rencana yaitu mulai pukul 08.00. yang hadir kepala sekolah dan wakil kepala sekolah bidang kurikulum Bapak Asep serta Ibu Emi.

Untuk merancang RHK kepala sekolah, saya meminta kepala sekolah untuk mencermati hasil rapor pendidikan pada kompetensi kepemimpinan instruksional kepala sekolah, visi misi, dan hal-hal lain yang ada pada indikator d. 3

Berdasarkan analisis ditetapkan maka yang akan dijadikan sumber untuk pembenahan adalah bagian visi misi sekolah yang berupaya untuk meningkatkan kualitas pembelajaran.  tetapi secara lebih spesifik, memilih refleksi.

Kemudian kepala sekolah bertanya apakah yang dilakukan itu harus sesuai dengan RPP guru. Saya sampaikan Tentu saja tidak, karena kalau kepala sekolah bukan menyesuaikan dengan RPP guru tetapi sebaliknya kepala sekolah menyusun program yang tujuannya untuk meningkatkan kemampuan guru melakukan refleksi pembelajaran. Saya sudah membahas sedikit bahwa yang dilakukan kepala sekolah untuk menyusun program diawali dengan menganalisis data terlebih dahulu. data-data yang menunjukkan bahwa guru belum memiliki kemampuan refleksi. misalnya dari rapor pendidikan, atau dari hasil komunitas belajar atau dari pengakuan guru terhadap kemampuan dirinya berkaitan dengan kemampuan refleksi. Selanjutnya dari situ disusun program yang membuat para guru dapat terfasilitasi melakukan refleksi. saya berikan nama programnya refleksi istimewa Apakah itu tertangkap atau tidak Harus melihat ke kegiatan selanjutnya. Saya meminta ke kepala sekolah untuk menyusun program pada bulan Februari, dan liburan Maret diadakan review terhadap program setelah itu kalau Programnya sudah disepakati dilakukan sosialisasi kepada para guru mengenai program yang akan dikembangkan oleh kepala sekolah untuk meningkatkan kualitas pembelajaran di lingkungan SMAN 1 kadupandak.

Selanjutnya saya meminta guru untuk memberikan contoh pengajua RHK yang dilakukannya. Pak Asep memberikan contoh bahwa dia itu akan melaksanakan upaya perbaikan kepedulian guru untuk meningkatkan motivasi belajar murid. Saya jelaskan bahwa 9 indikator penanda keberhasilan dari rencana hasil kerja guru harus tertuang di rencana pembelajarannya. Pak Asep menyatakan bahwa Mungkin ada satu RPP yang muat keseluruhan indikator di satu atau dua pertemuan. Saya menyampaikan bahwa jangan terlalu memaksakan semuanya disimpan di satu RPP. Karena untuk menerapkan keseluruhan indikator itu Lamanya 1 tahun. Teknik yang akan digunakan untuk menelusuri penerapan dari setiap indikator tersebut adalah dengan cara lembar rhk yang sudah disepakati tersebut misalnya dari indikator 1.1 yaitu memberikan perhatian kepada peserta didik muncul di RPP nomor berapa pertemuan ke berapa. Sehingga dengan begitu bisa menelusuri dalam setiap pertemuan itu sedang menerapkan upaya kepedulian itu pada indikator yang mana dari 9 yang harus ditunjukkan.

Saya sudah menghubungi kepala sekolah SMAN 1 Cipatat menanyakan apakah sudah menyusun RHK kepala sekolah sebagai pegawai atau belum. Ketika saya mengajukan pertanyaan tersebut kemarin, Jawabannya malah mengirimkan video mengenai kegiatan pendistribusian ijazah.  kemudian pertanyaan itu saya ulang lagi tadi pagi untuk memastikan barangkali pertanyaan yang kemarin diberikan tidak terbaca. Tetapi sampai saya menulis ini belum ada jawaban tetapi wa-nya sudah dibaca.

Badan terasa lelah sangat setelah perjalanan Cianjur, Ciwidey, Kadupandak,  Sukanagara,  Cianjur.


Pengawas baru ngisi Simtendik
Mengantar menyelesaikan Dapodik SMA IT Baitul llmi
SMA IT Baitul Ilmi merupakan sekolah bukaan baru yang baru memiliki kelas 10 dan kelas 11. sekolah tersebut belum melakukan akreditasi, juga masih ada masalah di akurikulumnya. Semula kurikulum yang digunakan itu kurikulum Merdeka, tetapi yang menjadi masalah ketika dicek di Dapodik kurikulum yang harus dipakainya itu kurikulum 2013. Masalah yang muncul adalah anak-anak dominan mengambil IPA, sehingga ibu Maloka sebagai guru ekonomi tidak mendapatkan porsi mengajar karena IPS. Solusi yang ditawarkan oleh Pak purba adalah membuka jurusan IPS sehingga dengan membuka jurusan IPS nanti terfasilitasi ada pelajaran-pelajaran yang IPS.
Yang harus diperhatikan adalah dalam perbaikan Dapodik itu terkait dengan tanah. ketika tanah itu harus dipastikan di tanah itu ada bangunan di bangunan itu ada ruang Di ruang itu ada bilik. Ketika masalah tanah itu diubah atau dihapus maka seluruh data yang ada di Dapodik tersebut akan hilang.
Berikutnya adalah pemenuhan kebutuhan pengajar. Sebaiknya satu pengajar memegang satu mata pelajaran. kalau dia memegang dua mata pelajaran dampaknya adalah ketika dia di sertifikasi dan yang dipanggil itu mata pelajaran yang kedua yang bukan sesuai dengan ijazahnya maka sertifikasinya itu tidak ditanggung oleh pemerintah melainkan harus dibayar karena pemerintah belum menyediakan pendanaan sertifikasi untuk mata pelajaran yang tidak sesuai dengan ijazah.
Selanjutnya untuk memfasilitasi anak-anak yang dari kurikulum merdeka karena dikelompokkan ke IPA dan IPS dilakukan matrikulasi saja. Kemudian dapat memanfaatkan lintas minat untuk mendapatkan mata pelajaran yang di luar dominan penjurusan. Misalnya anak-anak yang jurusan IPA berarti mata pelajaran pilihannya ambil ekonomi. Untuk anak-anak IPS mata pelajaran pilihannya bahasa Inggris, sehingga dengan demikian tidak ada mata pelajaran mata pelajaran yang gurunya menganggur karena tidak dipilih oleh peserta didik.
Selesai dengan Baitul llmi, dilanjutkan dengan Sinergi.

No comments:

Post a Comment