Saya mengira manis. Warnanya sih seperti menawarkan manis, ketika berjumpa lidah bisa saja agak kapok untuk mengonsumsinya.
Tapi itu obat katanya.
------
PMO yang pertama bersama SMA Pasundan Cikalongkulon program transformasi impresif yang dikembangkan sudah dilaksanakan yang masih menjadi kendala adalah pelaksanaan di komunitas belajar jadwal-jadwal belum bisa dilaksanakan karena masih fokus pada kegiatan edufest.
PMO kedua bersama SMA IT Baitul Ilmi. yang menjadi fokus pendampingan adalah pelaksanaan persiapan akreditasi sekolah yang sekarang sudah memiliki kelas 11. Pemenuhan indikator-indikator setiap komponen untuk akreditasi, terkendala Karena Guru memegang dua mata pelajaran, guru juga menjadi pembimbing untuk kegiatan-kegiatan Olimpiade dan lomba-lomba lainnya. Sehingga merasa kewalahan dengan banyaknya tugas yang harus diselesaikan. Saran yang saya berikan adalah selain membuat to do list, juga membuat target waktu yang memastikan kapan Harus selesainya kegiatan tersebut. Kemudian si daftar-daftar pekerjaan tersebut disimpan di tempat yang mudah diakses sehingga mudah diperiksa untuk kemudian dapat segera diselesaikan.
Saya mau ketiga bersama SMA PGRI Cipeundeuy.
Untuk program probay sudah mulai dilaksanakan, bibit cengek sudah ada, tetapi belum bisa disebar kepada anak-anak. per anak kemungkinan diberikan sekitar 5 pohon dengan harapan per pohon itu menghasilkan dua ons. Kemudian ada dua jenis pohon cengek yaitu pohon cengkeh jangka pendek yang satu setengah bulan bisa berbuah, dan pohon cengkeh jangka panjang yaitu berbuahnya setelah 3 bulan. Rencananya para siswa akan dibawa ke kebun terlebih dahulu, diberi pengetahuan mengenai cara merawat cengek, dan ditunjukkan Bagaimana cara menanam jenis yang benar.
PMO yang keempat bersama SMA PGRI Kadupandak. saya baru ngeh bawa SMA PGRI di Kadupandak itu merupakan sekolah penggerak, sehingga seharusnya sudah sangat akrab dengan istilah pmo. Tetapi rupanya mereka baru menyadari pmo itu seperti apa dan apa saja yang harus dilakukan. mereka mengakui pmo bersama fasilitator sebelumnya tidak dipahami dan tidak mengerti kenapa harus ada Pmo dan apa saja yang harus dilakukan pada pmo.
Permasalahan yang dihadapi di sekolah ini sangat beragam mulai dari terdapat siswa yang tidak bisa membaca sebanyak satu orang karena memiliki latar belakang kecelakaan. kemudian koneksi internet sangat buruk. Berikutnya adalah ketersediaan buku sastra juga sangat sedikit. saran yang diberikan adalah guru mengunduh buku-buku sastra kemudian ditayangkan dan dibaca bersama murid. Atau pihak sekolah mengunduh buku-buku sastra kemudian disimpan di Google Drive yang setiap saat bisa diakses oleh para murid.
-----
Pendampingan induksi pada modul 2 sudah muncul lembar kerja. Ada yang berkomentar bahwa seolah-olah lembar kerjanya dipaksakan menjadi ada, karena sebelumnya muncul LK yang salah yaitu diambil dari LK modul ketiga.
Untuk keterkaitan dan keberlanjutan dari modul, saya meminta kepada peserta untuk menghubungkan antara Modul 1 dengan modul 2. yaitu pada bagian fokus kebijakan untuk program yang akan dikembangkan di Modul 1 kaitkan kebijakannya apa yang sesuai sehingga ada keterkaitan antara tugas modul 1 dengan tugas di modul 2.
Sebagai contoh misalnya pada Modul 1 fokus pendampingan kepada guru; misalnya guru memiliki kemampuan penerapan metode-metode pembelajaran. nah dikaitkan dengan modul 2 Carilah kebijakan yang mendukung bahwa guru itu harus menguasai kompetensi pedagogik, yang salah satunya adalah menguasai metode-metode pembelajaran. Carilah peraturan apa yang mengatakan hal tersebut.
Ada tawaran untuk mengikuti pelatihan secara online untuk pengawas agar dapat meningkatkan kompetensi pendampingannya untuk guru-guru matematika. Tetapi kemudian saya dengan sangat menyesal harus mengundurkan diri karena di sana ditulis bahwa peserta itu usianya harus paling tinggi 50 tahun. peraturan ini terdengar janggal karena seorang pengawas bisa saja dia bekerja Sampai usia 65 tahun. Jadi dalam waktu 15 tahun dia itu tidak mengikuti pelatihan-pelatihan, maka kemungkinan semakin banyak pengawas yang tertinggal karena aturan batasan umur ini.
Ada sekolah yang meminta agar permohonan verifikasi ijazahnya dibaca terlebih dahulu. Hal yang menarik adalah walaupun permohonan itu dibuat oleh dua sekolah tapi ternyata bunyinya kurang lebih sama. Mungkin mereka melakukan kerjasama.
----
Si Baranahan pulang dari Dieng mengantarkan bibit kentang. dalam perjalanan menuju kembali ke Bandung mampir membeli kupat tahu katanya di dekat Kampung Naga.
No comments:
Post a Comment