Sesuatu selalu mustahil sampai kamu menyelesaikannya (Nelson Mandela)
TIme line: 27-30 Pembekalan dan menyusun kerangka buku
21-23 Februari Penelaahan tahap 1
31 Maret 2022 Finalisasi Naskah
Pengolahan Naskah, Teacher review, Revisi berdasakan masukan dari teacher review (M2 Mei)
Perbaikan, pengolahan Naskah.
Penulis: 1) kemenarikan, 2) menodorong budaya literasi
Ciri buku:
- memiliki sikap adaftif
- menghindari pelanggaran legalitas, SARA, Norma
- CPVER
- REFLEKSI
- ASESMEN
- PENGAYAAN
- pendahuluan (latar belakang dan tujuan buku)
- capaian pembelajaran
- penjelasan buku suswa (mind map)
buku guru
Modul Ajar menekankan pada menulis dan membaca, padahal teks lebih dari itu. Harapannya kemampuan lisan terasah. Guru-guru mendapatkan gambaran bagamana mengajatkannya.
Urutan breakdown dari CP:
- turunkan ke TP, buat ATP.
- buat pertanyaan esensial
- tentukan bukti pencapaian keterampilan yang dasar
- merancang kegiatan yang dapat dijadikan penilaian akhir
- Beberapa sekolah memiliki privilese keleluasan untuk mengatur learning hour, bukan teaching hours
- AKtivitas berbahasa apa yang bisa dilakukan oleh siswa di luar sekolah, tidak harus selalu dinilai.
- Pembelajaran dalam waktu yang sedikit tetap belajar. Di kelas bentuknya sharing pengalaman, sehingga JP tidak menjadi kendala.
- Blended learning terus dimanfaatkan untuk menjawab kendala waktu. Kegiatan di luar pelajaran bisa dilakukan, tanpa harus selalu sepbagai tugas, kesanya berat.
CP juga memfasilitasi PPP. UNutk kelas 11 dan 12 apakah ada kelanjutan. Pakah kerja berdua, itu sudah pasti melatih berkolaborasi?
- Setiap siswa memiliki peran yang berbeda, KOlaborasi terlihat dalam mendengar secara ktif ketika temqan sedang berbicara, tema bernegosiasi terhadap ide kita. Melatih siswa untuk berkolaborasi (PPP) sehingga pada refleksi, rubrik muncul "Bagaimana kamu menunjukkan kolaborasi pada saat diskusi tadi?"
Itje: jika PPP sudah dimasukkan, sudah cukup.
Penyusunan ATP dari seluruh Fase, selama 3 tahun, mau sampai seperti apa. Yang penting lulus SMA setara CEFR B1.
Instrumen Penilaian dari Pusmenjar. Self reflekction, untuk lihat sendiri.
Tujuan
1. Membuat rancangan buku (mau jadi berapa bab)
2. What is going to be in the book (outline topic)
Mampu menjadi guideline bagi sekolah yang tidak bisa mencari materi lain.
No comments:
Post a Comment