Report teks adalah teks yang berisi penjelasan tentang benda, barang, hewan, fenomena sosial, atau fenomena alam. Yang akan kita pelajari hari ini, tentang benda dan barang. Kita akan mempelajari bagaimana benda atau barang itu secara detil mulai dari namanya, ciri-cirinya, bagian-bagiannya, sejarahnya, dan hal-hal lain yang membuat benda tersebut dapat kita ketahui secara jelas bagaimana benda tersebut bisa hadir dalam kehidupan manusia.
Semua benda yang digunakan manusia umumnya hasil teknologi sederhana juga teknologi canggih. Report yang akan kita pelajari adalah benda yang membantu memudahkan kehidupan manusia, buah karya teknologi.
Perhatikan di sekeliling kehidupan kita: hape, headset, televisi, lemari pakaian, kursi, gedung sekolah, semua benda tersebut adalah contoh barang hasil produk teknologi. Setiap benda tersebut memiliki fungsi tertentu.
Untuk menjelaskan bahwa benda memiliki kegunaan, kita dapat menggunakan pola kalima:1) infinitive: is/are used to ... atau 2) gerund: is/are used for ....
Contoh
Scissors are used to cut paper or cloth.
Scissor are used for cutting paper or cloth.
A juicer is used to make fruit or vegetable juice.
A juicer is used for making fruit or vegetable juice.
Perhatikan: setelah to diikuti kata kerja dasar (cut, make), setelah for diikuti kata kerja berakhiran ing (cutting, making).
Sekarang, carilah 5 benda hasil teknologi dan buatlah penjelasan kegunaannya dengan menggunakan kedu pola kalimat di atas.
Setelah itu selesai, buatlah tabel sebanyak 5 kolom dan masukkan Gadgets, cleaning supplies, Home appliances, tools, office suplies.
Di bawah setiap kolom, tulislah 10 benda yang sesuai. Contoh: kolom: home appliences, isinya: magic jar, blender, juicer, etc.
Perhatikan bahwa setiap benda yang ada di sekeliling kita bisa dijelaskan cara kerjanya. Misalnya rice cooker.
This appliance consists of a removable bowl. Beneath is a heater and a thermostat. A pring pushes the thermostat against the bottom of the bowl for good thermal contact. During cooking, it is heated at full power. By the end of cooking, there will be no free water left. This appliance is used for cooking rice.
Now, kamu pilih dua dari benda yang tadi dibuat pada kolom, buatlah penjelasan seperti di atas, seperti yang untuk rice cooker. Caranya, kamu tulis penjelasannya, tapi jangan sebutkan bendanya, seperti untuk tebak-tebakan. Maka untuk menggantikan bendanya kamu tulis "this appliance, this tool, this gadget, dll sesuai jenis yang ditulis pada kolom atas.
Coba lakukan permainan tebak-tebakan. Kamu bergantian ke depan, bacakan penjelasannya, minta temanmu menebak benda apa yang sedang kamu jelaskan. Teman-temanmu harus menulis jawaban tebakan pada buku, jika benar nilainya 1, jika salah nilainya min 1.
Lakukan permainan ini dengan serius. Untuk bukti, tolong ada siswa yang merekam momen tebak-tebakan. Jangan semuanya, cukup 2 atau 3 saja. Simpan videonya. Nanti kirim ke tugassiswa818@gmail.com, tulis subject: Report MP4.
Itu tugas untuk hari ini.
Have fun, see you next week.
I am in Pekanbaru sharing how to implement Curriculum 2013 for teachers here.
Let's study together and be independent learners.
No comments:
Post a Comment