Friday, July 23, 2021

IHT SMA S Pasundan 2 dan zoom Hapecs

Stem sebagai pendekatan pengajaran abad 21
Logika analitis: berapa perbandinag lkuas pen dengan luas tatakan ini?
Cara berpikir metodik
Logika analitis harus dibangun 
Guru membuat rancangan berbaris STEM.  Guru harus bisa apa dulu?
Misalnya membuat pupuk cair organik. 
Bentuk pengetahuan yang harus guru kuasai untuk bsia ngajat STEM?  Faktual, konseptial  prosedural, dan metakognitif.
Apakah siswa paham konsep itu? Buat stimulus lewat pengalaman terdekat dengan murid. 
Bisa saja siswa tidak memiliki personal realita 
Bukan buat barangnya,  pameran, dihias hias tapi paham bagaimana kincir itu bisa bergerak.  
Jangan jadi siswa bisa lihat kincir air buatanya, itu bukan core. 
Membangum dlaam benak siswa ada sesuatu yang berlimpah secara energi/air. Mengubah bencana menjadi manfaat 

Bahasa; teks deskripsi.  Menjelaskan kincir angin. Menjelaskan lebih mudah jika melihat, memegang barangnya.

Deskripsikan apa yang terjadi air mengalir  dst. 





1. IHT
Aya peserta ngan ngobrol we. Asa kurang nerapkeun lamun manéhna nu ngomong dikitukeun ku batur kumaha. Ngariung 4an, duka ngobrolkeun naon. Padahal budak ngora kabeh, tapi teu bisa investasi waktu ku jalan jadi active listener. 


2. Hafecs
Popi kamalia devi

Pembelajaran STEM
STEM di Indonesia sudah masuk ke Indonesia sejak 2019. 
STEM suatu pendekatan yang menggunakan pengetahuan akademik coupled dengan dunia nyata. Berfokus pada masalah kehidupan sehari-hari dan kehidupan  profesional dengan menggunakan keterampilan proses dasar, terpadu, dan masalah. 
Caranya: Design process, Design thinking 
Ask; what the problem, imagine: to find solutions  improve: perbaikan
Penerapan 
1. Membaca koran: Miris warga menggunakan air kotor
Solusi: penjernihan air dengan botol 
2. Diskusi
3. Pilih rancangan paling pas
4. Uji coba
5. Redesign sampai pas

21 century skills visi pembelajaran sehingga siswa menjadi sukses dalam dunia  ya n g begitu dinamis.
Teknologi dan media skills sangat mendasar untuk dipahami siswa  dan guru karena akses informasi begitu melimpah, setiap hari ada teknologi baru, 
Kecerdasan digital membutuhkan kognitif da  teknis: menciptakan, mengomunkasikan, 
mengapa literasi digital penting? 
Pengguna internet terus menigkat, tahun 2020 59,3%, kebiasaan orang indonesia mengahabkskan waktu terbanyak di dunia,  usia 16-64 7 jam 54 menit per hari. 
Seringnya akses internet belum tentu meningkatkan literasi digital. Samaa halnya dengan sering masuk perpustakan belum tentu literasi membaca. 
salah satu penyebab kecerdasan digital tidak tercapai adalah ada hoax di sana. Yang tidak cerdas karena gullibel, langsung telan  langsung sebar tanpa cek keaslian berita. 

Akibat tidak cerdas: ketipu;  pinjaman online, jejaring jual beli orang 
Sekolah memberikan latihan, pelatihan untuk masalah connectivity
Hambatan litetasi digital
Kalau siswa belajar mandiri bisa mendalami materi secara materi. Bisa knowledge relation. 
motion  banking 
target th 2024 90% ada di Indonesia. 
Masalah: Indonesia secara geografis sulit  untuk membangun bank baru
Digital meningkat: pembukaan rekening online,  uang elektronik, 
Inklusi keuangan sangat penting, maslah: belum banyak yang literat secara keuangan.

No comments:

Post a Comment