Logika analitis: berapa perbandinag lkuas pen dengan luas tatakan ini?
Cara berpikir metodik
Logika analitis harus dibangun
Guru membuat rancangan berbaris STEM. Guru harus bisa apa dulu?
Misalnya membuat pupuk cair organik.
Bentuk pengetahuan yang harus guru kuasai untuk bsia ngajat STEM? Faktual, konseptial prosedural, dan metakognitif.
Apakah siswa paham konsep itu? Buat stimulus lewat pengalaman terdekat dengan murid.
Bisa saja siswa tidak memiliki personal realita
Bukan buat barangnya, pameran, dihias hias tapi paham bagaimana kincir itu bisa bergerak.
Jangan jadi siswa bisa lihat kincir air buatanya, itu bukan core.
Membangum dlaam benak siswa ada sesuatu yang berlimpah secara energi/air. Mengubah bencana menjadi manfaat
Bahasa; teks deskripsi. Menjelaskan kincir angin. Menjelaskan lebih mudah jika melihat, memegang barangnya.
Deskripsikan apa yang terjadi air mengalir dst.
Aya peserta ngan ngobrol we. Asa kurang nerapkeun lamun manéhna nu ngomong dikitukeun ku batur kumaha. Ngariung 4an, duka ngobrolkeun naon. Padahal budak ngora kabeh, tapi teu bisa investasi waktu ku jalan jadi active listener.
2. Hafecs
Popi kamalia devi
Pembelajaran STEM
STEM di Indonesia sudah masuk ke Indonesia sejak 2019.
STEM suatu pendekatan yang menggunakan pengetahuan akademik coupled dengan dunia nyata. Berfokus pada masalah kehidupan sehari-hari dan kehidupan profesional dengan menggunakan keterampilan proses dasar, terpadu, dan masalah.
Caranya: Design process, Design thinking
Ask; what the problem, imagine: to find solutions improve: perbaikan
Penerapan
1. Membaca koran: Miris warga menggunakan air kotor
Solusi: penjernihan air dengan botol
2. Diskusi
3. Pilih rancangan paling pas
4. Uji coba
5. Redesign sampai pas
21 century skills visi pembelajaran sehingga siswa menjadi sukses dalam dunia ya n g begitu dinamis.
Teknologi dan media skills sangat mendasar untuk dipahami siswa dan guru karena akses informasi begitu melimpah, setiap hari ada teknologi baru,
Kecerdasan digital membutuhkan kognitif da teknis: menciptakan, mengomunkasikan,
Pengguna internet terus menigkat, tahun 2020 59,3%, kebiasaan orang indonesia mengahabkskan waktu terbanyak di dunia, usia 16-64 7 jam 54 menit per hari.
Seringnya akses internet belum tentu meningkatkan literasi digital. Samaa halnya dengan sering masuk perpustakan belum tentu literasi membaca.
salah satu penyebab kecerdasan digital tidak tercapai adalah ada hoax di sana. Yang tidak cerdas karena gullibel, langsung telan langsung sebar tanpa cek keaslian berita.
Akibat tidak cerdas: ketipu; pinjaman online, jejaring jual beli orang
Sekolah memberikan latihan, pelatihan untuk masalah connectivity
Hambatan litetasi digital
Kalau siswa belajar mandiri bisa mendalami materi secara materi. Bisa knowledge relation.
Masalah: Indonesia secara geografis sulit untuk membangun bank baru
Digital meningkat: pembukaan rekening online, uang elektronik,
Inklusi keuangan sangat penting, maslah: belum banyak yang literat secara keuangan.
No comments:
Post a Comment