Materi ajar: Argumentative text: Eksposisi Analitis (Tema: Memonetisasi wisata lokal)
Skenario 1: Siswa membaca teks, dijelaskan kosa kata terkait, mempelajari tata bahasa, melakukan latihan lisan dan tulis, mengerjakan soal, Pada pertemuan selanjutnya siswa diminta untuk membaca dari berbagai sumber mengenai hal-hal positif atau negatif dari monetisasi wisata lokal. Kemudian siswa menyajikan hasil selancarnya ke kelas dan guru menilai hasil belajar dari aspek fluency, accuracy of grammar dan vocabulary.
Skenario 2: Siswa membaca teks menotitasi wisata lokal. dijelaskan kosa kata terkait, mempelajari tata bahasa, melakukan latihan lisan dan tulis, mengerjakan soal, Pada pertemuan selanjutnya siswa diminta untuk melakukan observasi dan mengajukan rencana memajukan wisata lokal. Siswa membuat daftar pertanyaan untuk mewawancarai para pelaku bisnis wisata, atau bisa saja melakukan wawancara kepada ahli/praktisi bidang wisata, siswa mengunggah hasil kajiannya pada Blog, IG, atau media lain. Kemudian guru menilai siswa dalam setiap tahap pekerjaannya. (perencanaan wawancara, merancang promosi wisata model baru yang ramah, produk promosi di Fb/IG/Blog,)
Pada skenario 2 kecakapan abad 21 terlibat komunikasi, berpikir kritis, dan kreativitas.
memberi siswa pengalaman topik yang jauh lebih personal dan
sehat. Siswa tidak terbatas pada informasi, kosakata atau tata bahasa yang
diperkenalkan dalam teks yang diambil dari buku pelajaran. Mereka memiliki
kebebasan untuk melihat topik dari prisma yang berbeda dan karena itu
dihadapkan pada banyak bahasa yang mungkin tidak pernah mereka temui di kelas.
No comments:
Post a Comment