Sambutan
Praptono direktur jenderal pengawas, KS
Pelatihan harus ada perbaikan walaupun dari hasil survei menunjukkan adanya pelatihan yang dilakukan oleh Dirjen gtk 98,7% memberikan pemahaman dan keterampilan baru.
Terhadap guru 96, 11%. Artinya pelatihan benar-benar telah memberikan pengalaman yang sangat berharga kepada kepala sekolah dan guru.
Yang membanggakan dan menggembirakan adalah bahwa ternyata 98,2% kepala sekolah dan 85,55% guru yang menjadi responden dari survei ini menunjukkan bahwa pelatihan membantu pekerjaan mereka.
Hal-hal yang masih Perlu diperbaiki di antaranya 2 hal penting yaitu
satu waktu pelatihan terlalu singkat untuk materi yang begitu padat.
Adanya keberagaman kompetensi dari para instruktur.
Akibat dari di hendaknya satu kelas di oleh satu instruktur padahal kemampuan struktur beragam.
90% guru perlu memahami kurikulum secara utuh, 66% belum percaya diri menerapkan kurikulum sekolah penggerak
45% guru perlu memahami pelaksanaan proyek penguatan profil pelajar Pancasila.
38% guru belum memahami kurikulum merdeka secara utuh.
Berdasarkan kondisi itu harus adanya perbaikan.
Pertamax memperbanyak lokasi praktek dalam pelatihan. semula yang hanya dilakukan 10 hari maka menjadi 2 bulan
Beragam konten dalam micro Ning untuk pelatihan akan ditambah.
Memberdayakan pelatih ahli sebagai instruktur pelatihan.
Terminologi pelatih ahli menjadi fasilitator penggerak.
Instruktur nasional hilang menjadi fasilitator itu menjadi sekaligus menjadi pelatih.
Pendampingan yang dilakukan oleh pelatih ahli berdasarkan hasil refleksi bahwa secara umum kekhawatiran menyediakan pelatihan ahli agak kerepotan, Ternyata Dari hasil refleksi dapat memenuhi kebutuhan tersebut. namun ada hal-hal yang perlu diperbaiki yaitu diantaranya adalah waktu penugasan pelatih ahli yang terlambat. Dari rencana awal paling lambat 14 September ternyata molor sampai menjadi November. Akibatnya kepala sekolah dan guru memulai program sekolah bergerak sendiri tanpa didampingi oleh pelatih ahli.
Memenuhi kondisi ini maka ditutup dengan hadirnya instruktur ad interim untuk mengisi kekosongan dari pelatih ahli yang melatih ahli terlambat diturunkan.
Kompetensi perhatian ahli sangat beragam, dan akibatnya mengakibatkan kesulitan dari sekolah untuk menjalankan tugasnya. Perbaikan diantaranya adalah akan adanya penyesuaian kompetensi pelatihnya ahli dengan tugasnya.
Ke depan perbaikan berupa desain dan kualitas pendampingan maupun pendampingan terhadap kuantitas dan kualitas dari fasilitator sekolah penggerak.
Khusus perbaikan kualitas dan kuantitas fasilitator bergerak maka ia akan dilakukan adalah memperbaiki konten kampanye dan sosialisasi pendaftaran fasilitator sekolah penggerak menjaring calon pelatih ahli dari daerah sasaran, melakukan seleksi yang targeted, dan eksplorasi kemitraan dengan Mitra pembangunan sebagai pengelola pelatih ahli.
Bagaimana agar bisa memberikan, memetakan para narasumber atau instruktur nasional yang pada waktu itu untuk menyampaikan materi yang tepat terhadap pelatihan-pelatihan yang akan diberikan, khususnya kepada para pelatih ahli.
Ingin melihat kembali melihat kembali di antara Bapak dan Ibu yang masih setia kok Ma masih mau untuk membersamai gtk mengawal transformasi pendidikan, sehingga bisa perlu ada semacam pendaftaran ulang registrasi ulang, kemudian melihat kemampuan Bapak Ibu kembali, di area mana paling menguasai materi yang akan disampaikan, Apakah di bidang kurikulumnya, di bidang teknis memfasilitasi, kolaborasi, atau di bagian perencanaan berbasis data, atau di bagian lainnya.
Proses yang akan diikuti berupa seleksi, tidak dimaksudkan untuk menunjukkan keraguan tetapi untuk memastikan benar-benar memetakan agar peserta ditempatkan tak sesuai dengan kompetensi dan materi yang akan disampaikan.
Mekanisme pendaftaran fasilitator sekolah bergerak dan pelatihan pengawas sekolah.
Rizki
1. PSP
Bu Riri
Mewujudkan cita-cita, mewujudkan pembelajaran yang berfokus pada peserta didik, mengembangkan hasil belajar secara holistik untuk mewujudkan profil pelajar Pancasila yang diawali dengan SDM yang unggul yaitu kepala sekolah dan guru.
Dengan target terjadi perubahan pada proses pembelajaran, hasil pembelajaran .....
Pengawas masuk ke komite pembelajaran, khusus ada pelatihan untuk pengawas.
Seleksi narasumber diperlukan?
Satu titik membuka kesempatan untuk berbagai pihak dapat bergotong-royong dalam proses transformasi pendidikan melalui rangkaian pelatihan pada program sekolah penggerak.
Perubahan desain pelatihan PSP 2 dan pelatihan komite pembelajaran.
Tugas narasumber
1. Narasumber akan bertugas sebagai fasilitator pembelajaran untuk materi materi sesuai dengan rumpun yang dipilih kurikulum, fasilitasi,, dan peran pengawas, setelah keterampilan sosial emosional.
Pada kegiatan Bimtek fasilitator sekolah penggerak, peserta yang akan difasilitasi adalah fasilitator sekolah penggerak nantinya fasilitator sekolah penggerak yang akan menjadi fasilitator pembelajaran pada kegiatan pelatihan komite pembelajaran.
2. Pada kegiatan pelatihan pengawas sekolah kumat peserta yang akan difasilitasi adalah pengawas sekolah yang membina sekolah penggerak pada angkatan 1 dan 2
3. Tugas narasumber selesai setelah kegiatan Bimtek fasilitator sekolah penggerak atau pelatihan pengawas sekolah.
4. Kedua rangkaian kegiatan tersebut memiliki waktu yang berbeda sehingga kandidat bisa memilih lebih dari satu peran.
Manfaat keterlibatan sebagai narasumber
Bergotong royong dalam upaya mewujudkan visi pendidikan nasional menciptakan pelajar Indonesia yang memiliki profil pelajar Pancasila.
Menyegarkan kembali dan menguatkan pemahaman konten-konten materi kurikulum, fasilitasi,, coaching, sosial emosional dan peran pengawas sesuai pilihan materi yang dilamar,
Penyelenggara akan memberikan kompensasi profesi profesional sesuai dengan jam pelajaran yang dialokasikan untuk mendampingi proses belajar beserta sesuai dengan ketentuan standar biaya masukan yang berlaku umum serta mendapat sertifikat keterlibatan sebagai narasumber pada kegiatan Bimtek pelatihan pengawas sekolah.
Posisi narasumber yang dicari
1. Kurikulum untuk Bimtek fasilitator sekolah penggerak dan PIP 110 narsum serta pelati.han pengawas 154 Narsum
Fasilitasi untuk Bimtek fsp dan VIP 110 narsun peserta pelatihan pengawas 154 narsum
Coaching untuk Bimtek PSP dan PS 80 dan rasul serta pelatihan pengawas 80 narsum
Keterampilan sosial emosional untuk pelatihan pengawas sekolah di sekolah penggerak 154 narsum
Peran pengawas untuk pelatihan pengawas sekolah di sekolah penggerak 154 narsum.
Linimasa
Narasumber ...
Penyamaan persepsi 21 hari, full.
No comments:
Post a Comment