Lapoaran ketua panitia Bp Asep Suhanggan |
Pembukaan, Drs Wahyu Mijaya
Kondisi pandemi menjadi tantangan untuk berinovasi dan berkreasi untuk memberkan pelajaran bermakna bagi siswa. Kejenuhan, rendah intensitas komunikasi merupakan sebagian dari tantangan pembelajaran di masa pandemi. Disrupsi peran guru sebagai penyedia dan sumber belajar menjadi hal tambahan semakin naiknya learning loss. Pada saat yang sama, tuntutan untuk menajdikan murid menjadi skillfull dan kompeten tidak berkurang karena tantangan global dan kondisi siswa yang menjadi warga intrenasional tetap berlaku. Oleh karenanya tuntutan guru inovatif, kreatif, dan supportif dituntut. Kurikulum Jabar Masagi menawarkan pembelajaran problem based learning dengan pijakan kearifan lokal yagn dipandang dapat menjawab tuntutan kebutuhan belajar di masa pandemi.
Pembelajaran yang menyenangkan dan bermakna bagi siswa terlaksana.
Penyaji 1 Zaini |
Belajar dapat diperoleh dari pengalaman, pengetahuan sesama, atau dari ....
Konsep berbagi pada masa lalu disilibkan dengan menggunakan permainan congklak. Tujuh lubang menunjukkan hari. Tangan memungut dan membagikan isi congklak menunjukkan bahwa mengambil, menyimpan dan berbagi diajarkan sejak kecil diterapkan dalam permainan.
Atikan pancaniti (titian pengajaran, untuk menuju kesajatian dalam bentuk harmoni). Pada saat sudah mengenal dengan hati (surti) menolong orang lain tidak lagi memakai hitungan akal,
Pola pendidikan menghasilkan manusia yang baik, bagja dengan pijakan olah pikir yang datang dari leluhur sunda datang dari menjalankan niti surti, bakti, harti, bukti.
Media untuk gurutu jaman sekarang bisa dengan mudah diakses. Akibat negatif akan muncul jika ini diumbar.
Praktik baik yang dpat dilakukan: Rebo Nyunda, memakai iket. Iket koncer, iket lohen, barangkabang seplkan, kuda ngencar, kebo modol. empat kalima pancetr menjadi bentuk segitiga. konsep tiga menjadi konsep tri tangtu, tilu sapalimu dua sakarupa, anu hiji eta keneh. pikiran mah bakal leuwih nepi batan awak urang. kenapa akal ditutup, yang dibuka ingsun dina dada. Lamun menolong dia, mere ka si eta, surti moal ngomong males moal nya, iket ini menutup akal eta.
Memakai warna hitam, kampret, konsep pembelajaran: cik atuh mun teu hideng, hideung-hideung atuh bajuna. pengingat untuk hideng. warna merupakan warna tertinggi, untuk mencapai ke-hidengan. Praktik baik dalam kehidupan dapat menjadi media pembelajaran. dan kita sebagai penyampainya.
Sunda sarubak jamang (baju) namun saampar jagat (memberikan pemahaman bagi diri dan seluruhnya)
Teknik: Gali dari yang dekat (pemakaian iket misalnya) praktik baik di sekitar kita
No comments:
Post a Comment