Saturday, April 24, 2021

Reading to Learn

Reading to learn adalah generasi ketiga dalam genre based, yang secara explisit menggabungkan membaca dan menulis.

 Pengalaman membaca seperti garis kontinum, mencari informasi berada di posisi efferent, sedangkan ujung estetik tujuannya untuk hiburan.


Hal yang menjadi kesulitan terbesar yang dihadapi murid pada saat membaca menurut para guru adalah siswa tidak bisa menginterpretasikan 


Membaca itu merupakan aktivitas transaksi. 


Pada saat membaca, pengalaman dan latar belakang pembaca berpengaruh terhadap memproses bacaan.


Pola lama mengajar membaca umumnya guru menginisiasi membaca, kemudian murid merespon, kemudian guru memberikan fedback. Pola ini paretisipasi tidak wqual. yang jawab yang itu-itu saja. 
interaksi seperti di atas yang terjadi.
R2L pedagogy adalah pembelajaran intinya harus ada bantuan interaksi sesuai kebutuhan muridnya. Scafolding ada yang designed-in, dan interaksional. pada R2L diharapkan scafolding itu direncanakan. DI awal ini akan terasa berat. 

scafolding makro mencakup BKoF, Modeling, dan seterunya
scafolding yang micro adalah

contoh R2L


R2L pedagogy

BOleh guru menggunakan bahasa Indonesia kalau siswanya tidak paham.

contoh penerapan tahapan

Perhatikan gambar berikut



No comments:

Post a Comment