Tuesday, March 30, 2021

Semakin Keren (Refleksi Pendampingan 3)

 Bertumpuknya tugas yang ditanggung oleh CGP, mulai dari tugas sebagai CGP, sebagai guru, sebagai guru dengan tugas tambahan, dan sebagai pribadi (istri/suami/tulang punggung keluarga) menjadikan para CGP benar-benar telah menunjukkan kemampuan dalam mengorganisasikan waktu serta menyelesaikan tuntutan tanggung jawab dengan sangat optimal. Tantangan pembelajaran secara daring, kendala sulitnya berkomunikasi dengan murid, dan kondisi-kondisi kurang mendukung lainnya dapat dilalui. Capaian-capaian yang telah diperoleh oleh para CGP, di antaranya: 

  1. Bapak Mad Rohim, SDN Gunung Picung O4,  telah berhasil dengan kegiatan Sabrek. Sebuah kegiatan yang dilaksanakan setiap hari Sabtu yang mendorong para murid untuk menunjukkan keterampilannya. Para murid terfasiitasi keunikan dan keragaman minat serta bakatnya. 
  2. Bapak Supriyadi, SDN Puraseda 01, telah berhasil melakukan kerjasama yang harmonis dengan para orangtua murid sehingga partisipasi murid dalam pembelajaran daring meningkat. Selain itu, telah berhasil pula melatih para murid untuk mampu mengurangi masalah akut terkait sampah. Melalui program Ketapang, para murid dilatih dan diberi pengalaman untuk memperlakukan sampah secara tepat sehinga tidak menjadi masalah bagi lingkungan.
  3. Ibu Septi Nurhayati, SMA IC Magnet School, telah melakukan dua keberhasilan. Secara personal telah meningkat kemampuan mengomunikasikan gagasan serta ide kepada rekan sejawat juga kepada Kepala Sekolah. Secara pedagogis, telah berhasil menerapkan disiplin kepada murid, mampu memenuhi kebutuhan belajar murid sesuai dengan minat dan profil belajarnya.
  4. Ibu FItri Puspitasari, SMPN 3 Leuwiliang, telah berhasil meyakinkan kepala sekolah untuk membuat satu tempat pameran bagi para murid. Selain itu, berhasil mengajak rekan sejawatnya untuk mengotimalkan kognisi dan keterampilan murid dalam bentuk karya yang bisa menjadi kebanggan murid itu sendiri sekaligus menjadi penanda keberhasilan capaian belajar.
  5. Ibu Tuti Alawiyah, SMAN 1 Dramaga, telah berhasil menggerakkan satu sekolah untuk mewujudkan visi sekolah prestatif berbasis teknologi. Secara pribadi, telah menunjukkan pengembangan diri yang luar biasa, salah satunya adalah, disela kesibukan sebagai CGP dan peran lainnya yang harus diembannya,  mendaftarkan diri sebagai pembina Olimpiade tingkat Provinsi Jawa Barat.
Berdasarkan capaian-capaian yang luar biasa dari para CGP yang dipaparkan di atas, rencana tindak lanjut untuk pendampingan 4, adalah:
  1. Memastikan bahwa semua CGP di atas, membuat instrumen untuk mengukur keberhasilan setiap program yang dilaksanakannya. 
  2. Memastikan bahwa para CGP di atas, melakukan tindak lanjut dari hasil evaluasi terhadap program yang ditanggungjawabinya.
  3. Meminta CGP untuk membuat refleksi setiap kali selesai praktik mengajar. Refleksi bisa dalam bentuk jurnal, catatan, unggahan pada media sosial (Instagram, Facebook, atau Blog)


No comments:

Post a Comment