Pembuatan Tujuan Pembelajaran dari fase yang ada di Capaian Pembelajaran, penyusunan Alur Tujuan Pembelajaran, pembuatan Modul Ajar, serta cara mengakses Buku Teks Pelajaran.
Rumusan tujuan pembelajaran tidak hanya mencakup tahapan kognitif
(mengingat, memahami, mengaplikasi, menganalisis, mengevaluasi,
dan mencipta) dan dimensi pengetahuan (faktual, konseptual,
procedural, metakognitif) tetapi juga mengikutsertakan perilaku
capaian seperti kecakapan hidup (kritis, kreatif, komunikatif, dan
kolaboratif) serta profil pelajar Pancasila (Beriman, berkebinekaan
global, bergotong-royong, kreatif, bernalar kritis, dan mandiri).
1. Tujuan Pembelajaran: Peserta didik dapat membaca dan merespon (kompetensi) teks eksposisi (konten) dengan menemukan informasi rinci tersirat dan tersurat pada teks (variasi) secara kritis (perilaku capaian) dan mandiri (profil pelajar Pancasila)
Kesulitannya pada bagian membuat variasi. Membuat variasi menuntut kecermatan karena terkait langsung dengan bagaimana menentukan aktivitas yang membuat siswa mendapatkan keterampilan berpikir yang kelak dapat membantu siswa mencapai tujuan pembelajaran.
- Gaya Belajar peserta didik
- Kegemaran peserta didik
- Kondisi psikis peserta didik
- Kondisi fasilitas satuan pendidikan tempat Bapak/Ibu bertugas
- Kondisi Sosial dan budaya di lingkungan sekitar satuan pendidikan Bapak/Ibu
- Kearifan lokal di lingkungan sekitar satuan pendidikan Bapak/Ibu
Kegiatan yang bertumpuk: PSP, nu gering Y can cageur, bikin PPT untuk Cisarua dan Ciawi Kuningan, permintaan ngurus anak mau masuk SMA, anak mau masuk SMK, ngurus rumah tangga.
No comments:
Post a Comment