Tiba pukul 6.30. Disambut kabut.
Berangkat dari rumah pukul 04.00 dijemput oleh Kepala SMKN 1 takokak Bapak kan kan. Kemudian berhenti dulu di masjid untuk salat subuh.
Perjalanan ke sekolah tidak terasa mengerikan, padahal kata Kepala Sekolah banyak jalan yang tanahnya bergeser dan longsor sehingga diberi tanda dengan cone untuk keamanan agar para pengguna jalan tidak tergelincir atau menginjak jalan yang di bawahnya tanahnya kosong dan mengakibatkan mobilnya terjatuh.
Pergerakan tanah yang terjadi sangat dahsyat, ada satu daerah yang beberapa rumah bergeser posisinya dan jalan juga ambruk terjadi sekitar di bulan maret ketika ada hujan tiga hari berturut-turut.
Tiba di sekolah saya disambut dan ditawari air minum teh hangat.
Tapi tidak terlalu lama saya menunggu karena ini hari Jumat saya meminta kepada pihak panitia agar kegiatan pukul 07.30 dimulai.
Acara pun dimulai, saya memulainya dengan membahas mengenai trend baru mengenai tes kemampuan akademik dengan cara menyampaikan permendikdasmen nomor 9 tahun 2025 tentang tes kemampuan akademik bagi mahasiswa SD kelas 6 SMP kelas 9 dan SMA kelas 12 serta SMK di kelas akhir.
Pada penjelasannya untuk mata pelajaran yang diujikan ada mata pelajaran wajib yaitu bahasa Indonesia, matematika, bahasa Inggris dan 2 mata pelajaran pilihan. Sedangkan untuk sertifikat TKA sudah disediakan oleh pemerintah dengan format yang sudah disediakan nanti dikirim dengan hasil TKAnya. Pihak sekolah hanya tinggal mengeprint.
Kemudian saya menjelaskan mengenai jenis-jenis soal yang akan digunakan untuk di tes kemampuan akademik dengan dijelaskan bahwa agar bisa menjawab tes soal kemampuan akademik sebaiknya para guru menguasai terlebih dahulu jenis soal literasi dan numerasi.
Untuk soal-soal literasi dan numerasi saya ajak para guru untuk melihat ke rumah pendidikan, masuk ke rumah siswa kemudian melihat soal AKM dan soal AKM kelas.
Selain itu juga diajak masuk ke AKM yang dikembangkan oleh Kemdikbud dan setiap orang bisa login dengan menggunakan token.
Untuk penguatan membaca saya sarankan kepada para guru agar mereka mulai membuat daftar bacaan yaitu dari bacaan-bacaan yang ada di iPusnas dengan cara diunduh dari Play Store.
Kemudian saya juga menerangkan mengenai adanya LED Maya kemudian ada virtual Museum, ada virtual animasi untuk kegiatan-kegiatan seperti pembedahan atau yang lainnya.
Saya juga memperkenalkan rumah belajar untuk mengakses buku-buku yang ada bentuk PDF audio dan buku interaksi.
Ibu Milda menunjukkan mengenai buku-buku yang bisa diakses dari Usnan, diakses juga dari Google Books yaitu dengan menuliskan judulnya kemudian nanti bukunya tampil dalam bentuk PDF.
Di sisi lain pada pukul 09.00-an Ibu Sutini menyampaikan bahwa dia akan melaksanakan metode pendampingan konsulting untuk kepala sekolah secara daring. Saya sudah menyampaikan sejak awal bahwa saya tidak akan dapat hadir karena ada kegiatan iht. dari grup WA saya melihat bahwa banyak dari para pengawas pemula ini yang hadir menjadi observer.
Saat ini lagi musimnya di learning atau pembelajaran mendalam, tetapi saya menemukan informasi tentang Deep teaching. Apakah memang ada istilah Deep teaching?
Dayana mengirimkan bunga yang bagus ini saya memberikan komentar bahwa warna-warna alami itu tidak menyilaukan mata
saya bisa melihat kekontrasan warna yang ada di dalam gambar ini, sungguh sangat menarik.
pulang dari SMKN 1 takokak karena hujan besar jadi saya bersama yang mengantar itu mampir ke bacil.lini kali pertama saya ke Bali Karena saya sendiri tidak pernah tahu bacil itu apa dan Ada apa di sananya.
No comments:
Post a Comment