Mendengar bahasa Inggris dalam percakapan nyata atau otentik, tidak mudah ditemukan dalam konteks kota kecil seperti Cianjur.
Penggunaan film pendek sangat membantu siswa yang tidak mudah menemukan suasana otentik berbahasa Inggris yang sedang dipelajari.
Dengan menggunakan film pendek, para siswa berkesempatan untuk melihat sekaligus mendengar teks dalam konteks. Film juga menjadi bagian keseharian siswa masa kini, ketika digunakan untuk belajar, siswa menemukan kedekatan keseharian mereka dalam belajar.
Saat ini film pendek banyak tersedia di internet. Menggunakan film pendek animasi dengan durasi 3 menit untuk mengenalkan ungkapan, lebih diterima siswa, daripada durasi yang sama tapi pelakunya aktor/aktris (orang).
Berdasarkan wawancara, para siswa mengakui bahwa mereka menyukai penggunaan film pendek terutama untuk pelajaran menyimak ketimbang hanya menggunakan rekaman suara.
Alternatif prosedur yang dapat dilakukan:
1. Siapkan beberapa pertanyaan yang nantinya membantu memahami isi film pendek.
2. Perkenalkan ungkapan yang akan dipelajari dan nanti muncul pada film.
3. Tonton film pendek.
4. Beri pertanyaan yang terkait dengan isi film
5. Menandai ungkapan yang digunakan pada film dengan cara menceklis pada daftar ungkapan yang disiapkan.
6. Mencoba menggunakan ungkapan
7. Membuat simpulan tentang isi film.
Manfaat dari penggunaan film pendek diantaranya:1) para siswa antusias mempelajari materi ajar dengan cara menonton film, 2) kemampuan menyimak meningkat, 3) sikap selama pembelajaran sangat baik.
(Terinspirasi dari Umi pada Konferensi Bahasa, UNSUR 2017)
Oh ia inspiratif bu.saya juga pernah menggunakan film pendek tapi bukan untuk listening tapi untuk mendorong kreatifitas anak untuk membuat script dialog sesuai dengan adegan dalam film.nanti saya mau coba juga buat listening pactice.
ReplyDeleteSaya setuju dengan penggunaan media film yang bisa menggali potensi siswa mamahami kultur dan fungsi bahasa dgn film bahasa Inggris. Pada dasar nya pengajaran bahasa bukan hanya bertumpu pada grammar dan tenses tapi utamakan pada fungsi komunikasi.
ReplyDeleteMenarik sekali artikelnya Bu... Saya pribadi di kelas V SDN 001/XI Kelurahan Pasar Sungai Penuh selalu belajar membuat film pendek untuk Murid2 saya... Hal ini dapat meningkatkan Afektif dan Psikomotor anak... Silahkan kunjungi Blog saya juga ya Bu RUMAH IPA SD
ReplyDeleteMenarik sekali bu
ReplyDeleteSukses selalu
Kunjungi blog saya bu
hendrymechatronics.blogspot.com