Alokasi pembekalan: setiap minggu
Harapan: mahasiswa mencermati, mengkonfirmasi hal yang belum dipahami pada saat pembekalan diberikan.
Paparan:
1. Untuk mengingatkan
2. Soal sudah tersedia
3. Contoh sudah ada
Materi Prof Ihat: Pembelajaran
1. Landasan yuridis UUSPN NO 20 TAHUN 2003
BAB 1 pasal 26, 27
2.Sistem
3. Teori
4. Model pembelajaran pjj, Project Based Learning, tematik, self directed learning, cooperation learning, partisipatif.
5. Komunikasi pembelajaran: one way vs two way, multi way
6. Menyusun desain pembelajaran
7. Model desain
Dalam kegiatan pembelajaran, model pembelajaran partisipatif
A. Jelaskan teori yang mendasari teori partisipatif
Misalnya Progresivisme, konstuktivisme
Nilai yang tinggi: rujukan
Alasan ...
Sesuai dengan pendapat ...
Penilaian per soal
Nilai minimum B, bukan rerata.
Tips:
○ jangan fokus pada 1 soal.
○ Ingat soal lain juga harus selesai.
○ Mulai dari yang bisa dulu.
Jenis soal
Konsep dan materi atau berdasarkan pemahaman mahasiswa.
Contoh 2.
Supaya peserta belajar aktif, pendekatan yang dapat digunakan.
Pendekatan inquiry
Hal ini tepat digunakan karena
Sesuai dengan pendapat
Analisis
Ketika pembelajaran menggunakan narasumber dari luar, metode apa yang akan digunakan?
Tanya jawab
1. Pa Eddy
Respon:
• Setelah ujian selesai, ada wawancara untuk mengklarifikasi tulisan dan konfirmasi: pembelajaran lhat, penelitian Elih dan keilmuan jajat
• Lulus 2,5 tahun bisa lulus
• Seminar Proposal, yang diikuti dengan siapa calon pembimbing
• Perkiraan ujian Akhir Oktober, Awal November 2023
• Teknis ujian ditik.
• uji Turnitin di bawah 20%
Cara menjawab
1. Teknis: rujukan harus ditulis
2. Substansi: kata kunci harus muncul
3. Satu kajian 180 menit (keilmuan, pembelajaran, penelitan)
○○○○○○○○○○○○○○○○○○○○
Materi 2
Prof Jajat
♡ melihat kemampuan akademik ke-Penmasan yang dikuasai mahasiswa.
♡ Menggali pemahaman mahasiswa mengenai ke-Penmasan melalui soal-soal yang diberikan.
Untuk bidang keilmuan, Andragogi, ruang lingkup kajian:
Tips
1. Manfaatkan sources yang ada
2. Narasikan sesuai trade mark masing-masing
3. Contoh, sesuaikan dengan yang pernah di kuliah
Ingat Prof Oong
Penmas sebagai sebuah bidang kajian keilmuan. Aspek filosofis, pandangan filsafat seperti humanis, esensialis, konstruktivisme,
Gagasan/isi, aliran dari filsafat dan bagaimana konteksnya pada penmas.
Argumentasi dan implementasi yang dituangkan dalam bentuk kasus/program
Aspek Kepenmasan: esensi, dimensi sasaran, prinsip,
Ada terminologi keilmuan yang konteksnya penmas: body of knowledge, ilmu dasar, ilmu pendukung, bentuk-bentuk eksisting di lapangan.
Representasi boleh dalam bentuk bagan dan diberikan narasi.
Pilar dasar
Task
Andragogial content knowledge/substansi andragogi, andragogi knowledge, Andragogi technological content knowledge.
Andragogical knowledge: Aspek historis, materi andragogi, andragogi masuk ke dalam keilmuan apa, mono disiplin, multi disiplin dalam rumpun sejenis, trans disipliner (ranah keilmuan bergabung dengan keilmuan lain, contoh Komunikasi-Biologi).
No comments:
Post a Comment