Thursday, July 3, 2025

KSP, Rencana Pembelajaran Mendalam, dan Portofolio

Sasaran: SMA An Naja Boarding School
Paparan dimulai dengan membuka PPT mengenai pembelajaran mendalam yang direpresentasikan pada lingkaran yang intinya tertulis pembelajaran mendalam. 

Penjelasan dimulai dari lingkar terluar yaitu kerangka pembelajaran yang terdiri dari praktik pedagogis lingkungan pembelajaran kemitraan pembelajaran, dan penggunaan platform digital.
Selanjutnya Pada pelaksanaan pengalaman belajar itu harus memuat kegiatan yang memahami, merefleksi dan mengaplikasi. terbalik urutannya memahami, mengaplikasi dan merefleksi.
Sebelum dilanjutkan saya meminta peserta barang kali ada yang mau ditanyakan titik Ternyata Pak Mansyur menanyakan apa beda intrakurikuler, kokurikuler, dan ekstrakurikuler. Kemudian saya jelaskan perbedaannya. Kemudian ada juga yang pertanyaan mengenai bagaimana pelaksanaan pembelajaran lintas mata pelajaran. Kemudian saya menyampaikan ulang apa yang disampaikan oleh ibu Profesor Yuli Rahmawati yang menjadi atase pendidikan yang mengadopsi pembelajaran di planning dari Australia titik menurut beliau Project jangan terlalu banyak dalam satu tahun paling banyak 2 titik kemudian saya menawarkan kepada sekolah Apakah mau melakukan proyek berapa buah. Saya sarankan melakukan proyeknya tidak terlalu banyak, misalnya dalam satu tahun ada dua semester titik dalam satu semester itu ada triwulan berarti dalam satu triwulan bisa satu proyek atau dalam satu tahun bisa 4 proyek kalau dilakukan para triwulan. Untuk SMP misalnya ada 11 mata pelajaran, Berarti ada satu proyek yang dipegang oleh tiga atau empat orang guru. Kalau mau melakukan satu proyek juga bisa tetapi harus ditemukan dulu tp-tp yang dipandang bisa saling berhubungan untuk kemudian dijadikan sebuah proyek di akhir tahun.
Selanjutnya saya mencontohkan kepada para guru Bagaimana cara membuat proyek mata pelajaran dengan menggunakan Al, selanjutnya penjelasan diteruskan ke mengenai pembelajaran mendalam yang dikaitkan dengan penyusunan perencanaan pembelajaran sesuai dengan naskah akademik yang diberikan oleh pemerintah. untuk menyusun pembelajaran mendalam pun saya mengajarkan dengan menggunakan bantuan chat gpt dengan catatan harus dibaca terlebih dahulu baru digunakan atau tidak. kalau tidak sesuai jangan lupa harus diganti. waktu yang saya gunakan untuk memberikan materi tadi mulai dari pukul 09.30 dan selesai pukul 13 berarti waktunya sekitar 3,5.
Saya jadi teringat kepada Pak kusmayadi titik materi itu bisa dibuat panjang bisa dibuat pendek titik kalau Waktunya pendek Ia berikan yang poin-poin pentingnya saja. Dan saya hari ini dapat melakukan itu. Saya bisa menyampaikan materi yang begitu banyak yaitu KSP dan perencanaan pembelajaran dalam waktu yang hanya 3 jam fullnya.

No comments:

Post a Comment