Saturday, August 12, 2023

Lokakarya Pembelajaran dan Asesmen PSP Angkatan 2

I. PEMBUKAAN LOKAKARYA 
Tempat kegiatan di SMPN 4  Cianjur.
Waktu: Sabtu, 08.00-15.30
MC: Ibu Nita 
1. Sambutan dari Dr Beni Iskandar,  Widyaiswara, BBGP Jabar 
Usia 65, mengajar di UNSUR, Koordinator Tasikmalaya.  
Asesmen salah satu dalam proses pembelajaran yang menentukan produk, menjadi feedback. 
Well-being,  nyaman-sejahtera tidak hanya untuk murid, tetapi untuk guru dan KS. Sikap ikhlas merupakan salah satu  cara untuk mencapai Well-being, dalam arti tidak merasa terbebani dengan tugas.

2. Sambutan dari Disdikpora, Kabid GTK, Bapak Wawan.
Fasilitator ada 8, pengawas SD-SMA, peserta 114 orang, panitia.
BOS non tunai. 

Kasus: Forum Guru Honor. Imbalan diharapkan sesuai ARKAS. 

Monitoring ke PSP Angkatan 1 dan 2, akhir tahun mengevaluasi kinerja PSP: mengukur progres, secara fisik sekolah,  prestasi dalam kurun 1 tahun.  Guru yang hadir dari Komite Pembelajaran. 

Peran sekolah harus menjadi inisiator pelaksana karakter lewat P5, hasil belajar yang holistik, peningkatan mutu guru (untuk meningkatkan hasil belajar murid), 

II. KEGIATAN INTI LOKAKARYA 
a. Fasilitator tetap sama (Pak Dr Budi)
b. Perubahan Skema pendampingan:
♡ Pendampingan melalui Lokakarya (Pembelajarandan Asesmen, P5, DisiplinPositif,  Kombel 1 dan2),  Kunjungan Lapangan (Sept-Nov), Refleksi Coaching 
♡ PMO diserahkan kepada KS
Video
Metode Asesmen
Murid A: tes 90 performa 75
Murid B: tes 70 performa 90
Asesmen disesuaikan dengan kompetensi dan tujuan belajar. 
Asesmen --> diagnostik, formatif, sumatif (konfirmasi capaian belajar)
Diagnostik Kuis, penilaian diri
Teknik: observasi, pengamatan, performa (menilai praktik, presentasi, produk,  portfolio,  gerakann, projek, bukti lainnya), tes tulis/lisan
Instrumen: rubrik (panduan penilaian: indikator,  kriteria,  skor), ceklis (daftar informasi,  data-data), lembar pengamatan ( catatan perkembangan)
Pelaku Asesmen: guru, murid, staf, orang tua, kombinasi: sesama guru, antar jenjang)

EKSPLORASI 
Pembelajaran perencanaan pembelajaran dirancang dan dilaksanakan untuk membangun kapasitas untuk menjadi pembelajar sepanjang hayat.

TUGAS 
Peran pengawas membuat rencana bentuk dukungan terhadap sekolah dampingan untuk Melakukan asesmen awal dan pembelajaran terdiferensiasi
 
PRESENTASI
Pa Yadi, SMA Dar El Fikri

Rencana Pendampingan PS
FOTO BERSAMA

No comments:

Post a Comment