Agar semua kegiatan itu dapat berjalan dan saling mengisi di sini mengatur sesuai dengan ibu bapak guru yang ada di sekolah seperti Pak Hendri menghangatkan betul itu dari yang menangani kemudian informasi kita mengekspos kegiatan sekolah kita itu Pak Henry dibantu dengan Bu bapak itu ada dua yang yang mengekspor kegiatan-kegiatan kami sehingga di IG itu kami Setiap kegiatan kami dari saya dari saya pribadi gitu selalu memberikan izin untuk kegiatan di Direktorat karena kami sekolah sangat perlu untuk informasi-informasi yang ini gitu sehingga tidak ketinggalan memang terus diundang gitu ya dengan kegiatan-kegiatan Direktorat akhirnya kami informasi terkini juga sering update Gitu ya sudah update Nah ibu bapak guru yang lainnya juga sangat berperan kami membaginya agar semua memiliki perannya masing-masing saling merekat itu udah udah kami laksanakan ada pada ibu guru yang di dalam itu sangat perlu karena kita menangani berkebutuhan musik itu di dalam itu harum eee menguatkan Bagaimana layanan-layanan kami agar lebih dipercaya oleh masyarakat yaitu orang tua gitu ya karena itu sangat penting walaupun kita program bagus kurikulum bagus kalau pas pelaksanaannya eee tidak sesuai itu tetap orang tua yang eee akan menilai gitu jadi peran yang ibu bapak guru yang di dalam yang di eee interest itu sangat penting sekali kemudian ibu bapak guru di komunitas belajar juga aktif ee dengan belajar dari informasi-informasi yang dibawa oleh Ibu Naya sebagai diibaratkan travel itu sehingga kami bisa belajar bersama Bergerak bersama program-program yang kami laksanakan berjalan sesuai dengan jadwal yang sudah kita taati bersama dan kami pun selalu mengikuti eee arahan atau jangan dari eee ini sebagai pelatihnya ahli sehingga kami berjalan sesuai dengan kode dan kami melaksanakan program-program yang di bully oleh bbgp sebagai sekolah penggerak itu akhirnya Miss jadi saya mewadahi dan eee mengayomi semua guru eee kemudian kita bekerja bersama gitu akhirnya eee program sekolah penggerak Insyaallah di kami eee berjalan sesuai dengan kondisi sekolah keberagaman Siswa kami jadi ya memang bergeraknya sesuai dengan kapasitas yang kami miliki Kalau kami membandingkan dengan sekolah yang luar negeri yang besar itu mungkin tidak akan terjangkau tetapi kami sudah bergerak sesuai dengan kemampuan yang dimiliki oleh sekolah kami dan kami juga sangat berterima kasih kepada ibu bapak guru semuanya sudah kompak eee melaksanakan program sekolah penggerak ini yang sekarang Bu Elly juga Sudah pensiun itu sampai tuntas pensiun juga ikut berjuang dari tubuh untuk berjalannya setelah penggerak ini itu saja nih Kami saya sebagai orang tua terima
Nenok
Ayi burung beo
Sebetulnya Yang alhamdulilah Selama perjalanan menjalani kurikulum Merdeka ini kita atas bimbingan dari kepala sekolah terus dari ibu ayah juga yang aktif setidaknya kemampuan saya terutama saya pribadi dapat mengikuti atau arahan sehingga dapat melaksanakan kurikulum ini walaupun hanya apa ya yang dapat saya terima itu hanya sedikit gitu tapi anak-anak sudah ada lah perubahan Ada apa ya bukan perubahan gitu semacam perkembangan ada kemajuan gitu baik dari pembelajaran di sekolah atau pun pembiasan-pembiasaan di rumah Gitu pun walaupun itu pastinya masih sederhana jadi eee yang anak-anak di kelas itu yang biasanya pada awalnya eh apa ya eee Amat Amat enggak bisa apa yang kebiasaan di rumah pada awalnya ya seperti itu tapi dengan menerapkan eee apa ya arahan-arahan dari kurikulum ini ada enggak kelihatan gitu eee walaupun tidak terlalu eh signifikan tapi ada yang anak yang sama sekali ee Itu tuh yang sifatnya sindrom yang tadinya tidak bisa berkomunikasi atau apa ya komunikasi kontak mata juga hanya sepintas-sepintas gitu tapi eee apa yang sesuai dengan ilmu yang saya dapat dari para eee Ini pembimbing dan pembina di sekolah yaitu dari kepala sekolah dan budaya dan juga narasumber lainnya alhamdulillah ada kelihatan eee perubahan-perubahan itu walaupun hanya sedikit gitu tapi eee membawa apa yang ber- dampak ke orang tuanya juga bisa eh apa ya orang tua itu bisa melihat gitu dari dari perubahan itu gitu ya kemajuan-kemajuan anak tersebut misalnya dari dia kan tidak keluar suara Misalnya menatap pun tidak tapi eee karena tidak apa yang enggak bisa keluar suara aja tapi ketika saya ajarkan misalnya teh huruf vokal kan enggak bisa ada keluar suara baru menata Setelah 1 tahun ambil 1 tahun Bun baru bisa mengikuti apa gerak mimik mulut eee saya sebagai guru misalnya keluar suaranya dia yang mangapnya a gitu terus saya yang bilang kayaknya dia bibirnya eh apa ya Kalau saya bilang ini ngikutin jadi bentuk-bentuknya kayak gitu yang paling suka lihat tuh misalnya ada perubahan eh mengucapkan vokal uh dia belum apa-apa Saya bilang aku dia sudah Ungu gitu
Iya itu sangat luar biasa dalam arti Bagaimana anak walaupun hanya meniru ya meniru itu mungkin jadi awal bagi dia untuk membuka bisa berkomunikasi dengan orang tua dengan teman-teman dengan cara dia tadi ya bisa mengikuti gerakan bibir dan lain-lain itu sebuah apa capaian Kalau misalnya itu sebuah capaian yang luar biasa mungkin saja melampaui perencanaan ppi-nya ya Kalau dpp-nya mungkin membuat anaknya tenang tapi ini malah sampai bisa dia melakukan gerakan atau kegiatan-kegiatan lain eee Walaupun memang perlu waktu panjang ya 1 tahun tadi seperti ibunda Ai sampaikan itu capaian yang besar Ibu Ya kalau memang di anak berkebutuhan khusus itu capaiannya itu bukan dari kemampuan akademik ya tapi seperti tadi Dianya bisa mengikuti gerakan kita memahami apa yang kita perintahkan seperti itu baik ee Bunda ini mungkin ada yang mau
Secara terus-menerus menjadi sebuah upaya untuk semakin hari semakin baik seperti itu Nah hal lain adalah refleksi juga nanti akan Bapak Ibu coba laksanakan di pmo ya nanti di pmo yang langsung akan dipimpin oleh Kepala Sekolah nah pada refleksi itu nanti kita akan melihat apa capaian-capaian yang sudah dilakukan oleh sekolah Nah capaian-capean itu disampaikannya dalam bentuk praktik baik Bapak Ibu seperti tadi bundai ya saya sudah melakukan hal Bagaimana membuat murid itu bisa duduk tenang bisa mengikuti ucapan saya atau kalau bunda-bunda ya praktik baiknya adalah bagaimana beliau berbagi kompetensi dan pemahaman mengenai kurikulum Merdeka kepada rekan-rekan sejawat nah itu hal-hal yang capaian-ca paian yang yang apa ya yang dilaksanakan nanti juga di inventarisir hal-hal apa yang masih perlu ditingkatkan dari berbagai aspek Nah dari berbagai aspek ini tentu saja ya bukan hanya kurikulumnya tetapi misalnya bisa saja dari aspek sarana prasarana dari aspek komunikasi karena aspeknya banyak sekali yang di kurikulum mereka ini yang berpengaruh nah lakukanlah refleksi ini secara berkeadilan ya
No comments:
Post a Comment