Pendahuluan
peserta didik menyimak 3 kata yang menunjukkan kepribadian pendidik.
Peserta didik mendapat pertanyaan tentang
Do you behave differently in different situation think about with your family, with your friends, at school, with stranger.
Pertemuan 1
Ex 1
Peserta didik duduk secara berpasangan.
Peserta didik mengamati lima buah gambar.
Peserta didik membaca instruksi tentang bagaimana cara membuat identitas pada box.
Peserta didik menjawab pertanyaan:
1 what is an identity books?
2. what kind of person do you think owns each box? Why?
3 what does each box show?
Ex 2
Peserta didik membaca paragraf singkat tentang 5 orang remaja.
Peserta didik mencari kata kunci dari setiap profil yang diberikan.
Peserta didik mencari hobi apa yang dimiliki oleh lima orang remaja tersebut.
IPK
Peserta didik dapat menyimpulkan aspek-aspek sosial terkait topik dari paragraf.
Read about the five people below.
Find the key words in its profile. What hobbies does each person have?
Disajikan 5 buah gambar orang yang berbeda, peserta didik dapat menyimpulkan topik dari paragraf terkait 5 orang tersebut.
Ex 3
Peserta didik membaca penjelasan B, C dan G.
Peserta didik mencari informasi yang dijelaskan pada bagian B, C dan G.
Peserta didik mencari profil yang cocok untuk Marla.
Ex 4
Peserta didik membaca deskripsi identitas kotak yang diberikan.
Peserta didik membaca identitas kotak a sampai H dan mencocokkannya dengan orang yang ada pada Ex 2 nomor 2 sampai 5.
Ex 5
Peserta didik membaca deskripsi box.
Peserta didik mencari kata atau frasa dari penjelasan yang maknanya sama dengan soal yang diberikan dari nomor 1 sampai dengan 5.
IPK
Peserta didik dapat menyimpulkan unsur kebahasaan yang terkait dengan isi teks lisan dan tertulis dalam bentuk persamaan kata atau frasa.
Disajikan 5 deskripsi dari identity box peserta didik dapat menyimpulkan unsur kebahasaan dalam bentuk persamaan kata yang sesuai dengan kalimat yang diberikan.
Read the descriptions of identity boxes below from A to H.
Find words or phrases in the descriptions that have these meanings.
Ex 6
Peserta didik duduk secara berpasangan.
Peserta didik menutup bagian bacaan yang berupa deskripsi.
Peserta didik mencari apa yang disimpan oleh siswa ke dalam kotak. Apa alasannya?
Ex 7
Peserta didik bekerja secara berpasangan.
Peserta didik berdiskusi untuk merancang identity box.
Peserta didik mengikuti instruksi berikut untuk membuat identity box.
1. choose 5 things to put in your box. Why did you choose them?
2. what objects, photograph, music, etc. would you choose to show your life? Think about these things: Your family your hobbies, where you live.
IPK
Peserta didik dapat menggunakan makna antar bagian teks terkait rincian cara pembuatan identity box.
Disajikan sebuah pernyataan peserta didik dapat menggunakan kalimat positif untuk menjelaskan cara dan rincian pembuatan identity box.
Plan your identity box. Work in pairs and discuss these things
1. choose the five things to put in your box. Why did you choose them?
2. what objects, photographs, music, etc. would you choose to show your life? Think about these things: your family, your home is where you live.
Grammar
Peserta didik dibantu oleh guru mengeksplorasi penggunaan kalimat yang menunjukkan waktu sekarang.
Peserta didik berlatih menggunakan tata bahasa yang menunjukkan waktu sekarang dengan berbagai soal. Ex 1 - 5.
Pertemuan 2
Pendidik menjelaskan tentang sebuah kota.
Pendidik menjelaskan Bagaimana ikatan antara dirinya dengan kota itu misalnya perasaannya dan ikatan emosinya.
Pendidik mengajak agar menjaga kebersihan kota untuk memotivasi terjadinya warga negara yang peduli kebersihan.
Ex 1
Pendidik meminta siswa untuk menggunakan 6 buah kata sifat yang menunjukkan kota di mana dia tinggal.
Pendidik meminta siswa untuk menjelaskan secara ringkas perasaannya mengenai kota tersebut dan menyebutkan alasannya dengan menggunakan kata sifat berikut ini:
Excited , happy, interested, pleased, relaxed stressed
Ex 2
Peserta didik duduk secara berpasangan.
Peserta didik membandingkan jawaban diantara pasangan.
Ex 3
Peserta didik duduk secara berpasangan.
Peserta didik membaca soal dari nomor 1 sampai dengan nomor 6.
Peserta didik memperhatikan apakah setiap pertanyaan menanyakan persetujuan, ataukah memberikan saran atau perasaan.
Peserta didik mencari kata kunci dari setiap pilihan a b c yang diberikan.
IPK
Peserta didik dapat mengklasifikasi aspek fungsi sosial terkait isu yang diberikan pada teks secara lisan.
Disajikan 6 buah kalimat secara lisan pernyataan peserta didik dapat mengklasifikasikan Apakah kalimat tersebut termasuk persetujuan atau saran atau perasaan.
Work in pairs in read the questions (number 1 to 6). Decide if each questions is asking you to listen for an agreement (A), the suggestion (S) or feeling (F). Then find the key words in the options.
Ex 4
Peserta didik membaca Pertanyaan nomor 1 sampai dengan nomor 6.
Peserta didik menebak frase mana yang muncul dalam percakapan.
Ex 5
Peserta didik menyimak percakapan.
Peserta didik memilih jawaban yang tepat sesuai dengan percakapan.
Ex 6
Peserta didik menyimak percakapan sekali lagi.
Peserta didik memeriksa jawaban nomor 1 sampai dengan nomor 6.
Ex 7
Peserta didik membuka buku halaman 126.
Peserta didik memilih kata yang paling tepat untuk melengkapi kalimat.
IPK
Peserta didik dapat menemukan perbedaan penggunaan before dan after setelah be.
Disajikan 3 buah kalimat peserta didik dapat memilih before atau after dengan benar.
Explore grammar
Adverb of frequency time phrases
Read the grammar books and choose the correct words to complete the rules.
Ex 8
Peserta didik membaca kalimat Acak nomor 1 sampai dengan 6.
Peserta didik menyusun ulang kata yang diacak untuk membuat kalimat yang padu.
Ex 9
Peserta didik membaca frase yang diberikan pada kotak.
Peserta didik menulis kalimat tentang dirinya dengan menggunakan frase yang disediakan pada kotak.
Ex 10
Peserta didik duduk secara berpasangan.
Peserta didik membandingkan kalimat tentang dirinya yang dibuat pada Ex 9.
Peserta didik membandingkan kalimat mana yang sama.
Peserta didik membandingkan kalimat mana yang berbeda.
Pertemuan 3
Pendidik menjelaskan Nama lengkapnya dan keluarganya secara singkat.
Pendidik memotivasi peserta didik untuk tidak sembrono menyimpan data pribadi di media sosial.
pendidik mengaitkan penyimpanan data pribadi pada media sosial yang disalahgunakan sehingga merugikan pemiliknya.
Ex 1
Peserta didik diminta menjawab pertanyaan berikut:
1. What's your name, what's your family name, what's your full name, what's your surname?
2. What's your first name, second name middle name, and nickname?
Ex 2
Peserta didik duduk secara berpasangan.
Peserta didik saling bergantian memberi dan menerima informasi terkait data pribadi.
Peserta didik mengeja nama yang sulit.
Peserta didik menggunakan kata because, as a reason is, for example untuk menunjukkan alasan
IPK
Peserta didik dapat menggunakan unsur kebahasaan yang terkait dengan isi teks lisan dalam bentuk kosakata.
Disajikan sebuah tabel tentang data pribadi peserta didik dapat melengkapinya dengan kosakata terkait data pribadi.
Look at the table of personal information.
Where to eat in pairs. Take turns to ask for and give the information to complete the table. Spell any difficult words. Check that information is correct.
Ex 3
Peserta didik menyimak interview yang disampaikan oleh Elsa dan Chen.
Peserta didik menentukan siapa yang memberikan jawaban yang paling baik untuk pertanyaan:
Where do you live?
Where do you come from?
Peserta didik menyebutkan alasannya kenapa.
Ex 4
Peserta didik duduk secara berpasangan.
Peserta didik berdiskusi bagaimana agar jawaban pada Ex 3 menjadi lebih baik.
Peserta didik menggunakan because dan yang lainnya untuk membantu membuat alasan dan penjelasan.
Ex 5
Peserta didik menyimak jawaban Elsa dan Chen.
Peserta didik mencari jawaban Siapa yang paling baik untuk pertanyaan berikut:
What do you enjoy doing in your free time?
Ex 6.
Peserta didik duduk secara berpasangan.
Peserta didik membaca kata yang dapat menunjukkan alasan dan contoh.
Peserta didik memberikan tambahan bagaimana agar jawaban pada Ex 5 lebih baik.
Peserta didik menggunakan example, opinion dan reasons yang bisa ditambahkan untuk memperbaiki jawaban.
IPK
Peserta didik menganalisis makna antar bagian dalam teks terkait rincian argumentasi.
Disajikan sebuah situasi peserta didik dapat memperbaiki jawaban dengan menggunakan alasan, contoh dan opini.
Listen to Elsa and Chen interview.
Working pair. Read the useful language. How could you improve their answer? Think about examples, opinions and reason they could add.
Ex 7
Peserta didik duduk secara berpasangan.
Peserta didik bergantian memberikan pertanyaan dan jawaban untuk Ex 3 dan Ex 5.
Ex 8.
Peserta didik masih duduk secara berpasangan.
Satu peserta didik berperan sebagai A dan membuka halaman 156.
1 peserta didik berperan sebagai B dan membuka halaman 162.
Peserta didik berlatih berbicara dan menjawab pertanyaan sesuai halaman yang dipegangnya.
Ex 9
Peserta didik duduk secara berpasangan.
Peserta didik melakukan tanya jawab.
Peserta didik berlatih melakukan tanya jawab terkait reasons atau example dengan kalimat berikut:
How do you go to school everyday?
What your favorite subject?
What do you like doing at the weekend?
What do you like to spend time with?
Pertemuan 4
Pendidik menjelaskan apa yang disukainya.
Peserta didik dimotivasi agar tidak terlena dengan kegiatan yang disukainya seperti bermain games sampai lupa waktu.
Ex 1
Peserta didik secara berpasangan saling bergantian bertanya jawab mengenai hal-hal berikut ini:
Something you love.
Something you're interested in.
Something you're keen on.
Something you can stand.
Ex 2
Peserta didik membaca adverb yang dibuat oleh Sofia.
Peserta didik mencatat ulang catatan yang dibuat oleh Novia.
Peserta didik membaca email yang diberikan oleh Sofia.
Peserta didik memasangkan paragraf pada email nomor 1 sampai dengan 4 dengan catatan yang dibuat oleh Sofia dari a sampai d.
Ex 3
Peserta didik mempelajari cara penggunaan quite dan very.
Peserta didik membaca kalimat yang menggunakan quite dan very. Misalnya
He is very funny. It was quite an interesting story!
Ex 4
Peserta didik membaca frase yang disediakan pada kotak.
Peserta didik membaca kalimat yang dibuat oleh Jacob.
Peserta didik melengkapi kalimat rumpang yang dibuat oleh Jacob.
Ex 5
Peserta didik menggabungkan kalimat pada Ex 4 dengan menggunakan: and, but, or, because, so.
Peserta didik melakukan game.
Petunjuk game:
Work in pairs. Close your books. Make a list of all adjectives + prepositions collocations you remember from this unit. Take turn to say an adjective. Your partner has to give the correct preposition. You each get one point for each correct preposition.
Ex 6
Peserta didik membaca adverb pada Ex 2.
Peserta didik mengingat kembali apa yang dapat diingat tentang data pribadinya.
Peserta didik merancang membuat email yang mencakup:
1. Make notes for each poem that you need to write about. Use Sophia's email in exercise to do to help you.
2. Think about your descriptions. Think about ejective and the language you can use to make them stronger or less strong.
3. Work in pairs and check your ideas.
IPK
Peserta didik dapat menggunakan makna antar bagian dalam teks tulis terkait deskripsi.
Disajikan sebuah kasus peserta didik dapat merancang email.
Write your email in about a hundred words.
Look at your notes in exercise and have you include in out what extra information can you add?
Ex 7
Peserta didik melihat catatan di Ex 6.
Peserta didik memperhatikan bagian-bagian yang harus dituliskan pada Email.
Peserta didik menambahkan informasi tambahan untuk setiap poin.
Ex 8
Peserta didik menulis email sebanyak 100 kata.
Ex 9
Peserta didik duduk secara berpasangan.
Peserta didik membacakan hasil emailnya kepada temannya.
Peserta didik mendiskusikan Bagaimana cara memperbaiki emailnya supaya menjadi lebih baik.
Peserta didik menggunakan tiga pertanyaan berikut untuk membuat email nya menjadi lebih baik.
1. Did you partner write about all four points?
2. Does each point have extra information?
3. Did your partner use 'quiet' and 'very'?
No comments:
Post a Comment