Friday, June 28, 2019

Unit 2 B1

8Pertemuan 1
Pendidik menceritakan pengalamannya ketika salah komunikasi.
Pendidik memotivasi dan mengajak peserta didik untuk berkomunikasi dengan bahasa yang baik dan menghindari bahasa yang menimbulkan permusuhan.
Peserta didik mengamati gambar dua ekor zebra yang salah satunya seperti berbicara kepada zebra yang lain.
Peserta didik menjawab 3 pertanyaan berikut:
1. How do you prefer to communicate with your friends?
2. When do you and your friends usually talk?
3.  What kind of things do you talk about?

Ex 1
Peserta didik membaca nama-nama negara.
Peserta didik memasangkan bahasa yang digunakan pada negara-negara tersebut.

Ex 2
Peserta didik duduk secara berpasangan.
Peserta didik mendiskusikan dua pertanyaan berikut:
1. Think of three good things about speaking a language which few other people speak. Are there any problems?
2. What languages are spoken in your country? Do you know any other countries where those languages are spoken?

Ex 3
Peserta didik membaca teks.
Peserta didik mencari apa tujuan dari teks tersebut.

IPK
Peserta didik menemukan aspek fungsi sosial dari teks terkait tujuan dari teks.

Disajikan dua buah teks peserta didik dapat menemukan tujuan dari teks tersebut.

Read the text. What kinds of texts are they? What is their purpose?

Ex 4
Peserta didik membaca teks di Ex 3.
Peserta didik memilih jawaban yang tepat untuk setiap pertanyaan.

Ex 5
Peserta didik membaca artikel pada halaman 23.
Peserta didik mencari Bahasa minoritas mana yang dijelaskan pada artikel.
Peserta didik mencari bahasa apa yang digunakan oleh penulis.

IPK
Peserta didik mencari makna antar bagian dalam teks terkait ide utama teks.

Disajikan sebuah artikel peserta didik dapat menemukan bahasa apa yang digunakan oleh penulis dan bahasa apa yang penggunanya minoritas.

Read the article on page 23 quickly.
Which minority languages are mentioned?
Which does the writer speak?

Ex 6
Peserta didik membaca exam tip dan bagaimana cara melengkapi tugas.
Peserta didik diminta memfokuskan ke pertanyaan tes yang akhir untuk menemukan makna seluruh teks, yaitu:
How does the article argue that languages with few speakers are important?

Ex 7
Peserta didik membaca artikel.
Peserta didik membaca pertanyaan dari nomor 1 sampai dengan nomor 5.
Peserta didik memilih jawaban yang paling tepat untuk setiap pertanyaan.

IPK
Peserta didik menemukan unsur kebahasaan yang terkait dengan isi teks tertulis terkait kata atau frase dalam artikel yang memiliki makna yang sama.

Disajikan 8 kalimat rumpang, peserta didik dapat melengkapi bagian rumpang dengan kata atau frase dari artikel yang memiliki makna yang sama.

Find words or phrases in the article that have these meanings. The first letter of each word is given.

Ex 8
Peserta didik mencari kata atau frase dari artikel yang memiliki makna yang sama.
Peserta didik menggunakan huruf  pertama dari setiap kata yang diberikan untuk menemukan kata atau frase yang harus dicari pada artikel.

Ex 9
Peserta didik duduk secara berpasangan.
Peserta didik mendiskusikan tiga hal berikut:
1. What life was like for the writer as a young child.
2. How did the writer's opinion have changed.
3.  A thing that might help small languages survive.

Ex 9.
Peserta didik dibagi kedalam dua kelompok besar.
Peserta didik membaca statement berikut ini:
In my opinion languages contain a lot of information about the past ...
It's expensive to translate everything in two languages...
Salah satu kelompok peserta didik menyatakan setuju terhadap pernyataan.
Salah satu kelompok menyatakan tidak setuju terhadap pernyataan.
Peserta didik mengajukan alasan sebanyak mungkin.
Peserta didik saling bergantian bertukar pendapat.
Peserta didik memulai debat dengan menggunakan kalimat berikut:
We should try and keep all languages alive.

Grammar
Peserta didik mengeksplorasi cara penggunaan past simple dan past continuous.
Peserta didik berlatih menggunakan past simple dan past continuous dari latihan 1 sampai latihan 5.

Pertemuan 2
Pendidik berbagi pengalamannya mengenai mempelajari sesuatu yang baru di dalam kehidupannya.
Peserta didik diberi motivasi untuk mempelajari bahasa asing untuk memperkaya pengetahuannya.
Peserta didik memperhatikan frase yang ada pada kotak.
Peserta didik mendiskusikan hal berikut:
Do you think these are good ways to learn something new? Why or why not? Which one would you prefer?

Ex 1
Peserta didik menyimak Rick membicarakan tentang pergi kemping.
Peserta didik menemukan camping jenis apa yang diikuti oleh Rick.

Ex 2
Peserta didik membaca teks singkat tentang Rick Summer Camp.
Peserta didik melengkapi kalimat yang hilang pada setiap gap yang ada pada teks tentang Rick.

Ex 3
Peserta didik membaca teks rumpang.
Peserta didik memprediksi kira-kira tanggal atau hari apa yang harus dimasukkan pada teks sebelum menyimak Rick Summer Camp.

IPK
Peserta didik dapat memprediksi unsur kebahasaan yang terkait dengan isi teks lisan berupa kosakata.

Disajikan sebuah teks singkat peserta didik dapat melengkapi dengan kosakata.

Look at the sentences below. What kind of word is missing in each gap (a number,  a day, a date). Predict the word before you listen to Rick talking about a camp he went to last summer.

Ex 4
Peserta didik menyimak percakapan Rick.
Peserta didik melengkapi kalimat rumpang.
Peserta didik melengkapi rumpang dengan satu atau dua kata atau nomor atau tanggal.

Ex 5
Peserta didik menyimak percakapan Rick  sekali lagi.
Peserta didik memeriksa jawabannya.

Ex 6
Peserta didik membaca grammar tentang penggunaan -ing  sebagai subyek dan after preposition
Peserta didik melengkapi review dengan menggunakan -ing.

IPK
Peserta didik dapat menggunakan unsur kebahasaan yang terkait reposisi dan subjek yang berasal dari -ing.

Disajikan sebuah teks rumpang peserta didik dapat melengkapi rumpang dengan -ing form dari verb yang telah disediakan.

Read the grammar boxs and complete the application reviews the form of this verbs.

Ex 7
Peserta didik duduk secara berpasangan.
Peserta didik diumpamakan berkunjung ke sebuah Summer Camp.
Peserta didik secara bergantian melakukan tanya jawab tentang pengalamannya di Summer Camp.

Vocabulary
Peserta didik mempelajari kosakata terkait language and communication.

Pertemuan 3.
Pendidik menjelaskan kepada siapa dia paling banyak berbicara.
Peserta didik diberi motivasi agar mereka menyediakan waktu untuk berbicara kepada keluarganya.

Ex 1
Peserta didik mendiskusikan pertanyaan berikut ini:
Which of these people do you speak to most days? Which do you never speak to? Why? Why not?

Ex 2
Peserta didik berkolaborasi secara berpasangan.
Peserta didik memilih satu dari tiga topik yang diberikan untuk dibicarakan dalam 30 detik.
Peserta didik menggunakan pertanyaan berikut untuk memudahkan berbicara.
Peserta didik membuat catatan sebelum memulai berbicara.

Ex 3
Peserta didik membaca cara menjelaskan foto.
Peserta didik secara berpasangan mendiskusikan foto A dalam 1 menit.
Peserta didik membuat catatan sebelum berbicara yaitu:
1. Where are they? How do you know?
2. What object can you see? What adjectives describe them?
3. What do the people in the photo look like? What adjectives describe them?
4. What are they wearing? What are they doing?

Ex 4
Peserta didik menyimak seseorang menjelaskan foto A.
Peserta didik menjelaskan apalagi yang dapat dibahas dari foto A dalam waktu 60 detik.
Peserta didik berbicara 1 menit berdasarkan foto yang ada pada halaman 147.
Peserta didik menjelaskan foto dengan mencakup empat hal:
1. Introduce the idea.
2. Describe the place.
3. Say what the people look like.
4. Say what the people are doing.

IPK
Peserta didik menggunakan makna antar bagian dalam teks dengan menyebutkan langkah-langkah secara rinci.

Disajikan sebuah foto peserta didik dapat berbicara pada 1 menit dengan menggunakan langkah-langkah yang ditentukan.

Listen to a student describing photo a. The photo is in page 147. What else could she talk about to fill the 60 Seconds? Remember that you need to speak for 1 minute. If it helps, use 15 seconds to introduce the idea. Describe the place. Say what the people look like. Say what the people are doing.

Ex 5
Peserta didik duduk secara berpasangan.
Peserta didik A membuka buku halaman 156.
Peserta didik B melihat foto dari halaman yang sama.
Peserta didik secara bergantian menjelaskan foto dengan menggunakan langkah berikut:
Take turns to describe your photos in approximately 1 minute. Time your partners as your listen. Did she or he speak for one minute? If not what else could he or she talk about? Look at your note from Ex 2.

IPK 2
Peserta didik menerapkan aspek fungsi sosial terkait peran pembicara.

Disajikan sebuah situasi peserta didik dapat berbicara dalam 1 menit dengan peran sebagai A atau B.

Work in pairs. Student A,  turn to page 156. Student B be look at photo B on this page. Follow these steps.
Take turns to describe your photos in approximately 1 minute. Time your partners as your listen. Did she or he speak for one minute? If not what else could he or she talk about? Look at your note from Ex 2.

Ex 6
Peserta didik berbagi pengalaman ketika berbicara dengan seseorang yang tidak dikenalnya.
Peserta didik menjelaskan sedang apa ketika mereka bertemu seseorang tersebut.
Peserta didik menjelaskan apa yang terjadi.

Pertemuan 4

Pendidik berbagi pengalaman ketika pengingat akan sesuatu yang dipandang lucu oleh orang lain tetapi tidak sengaja.
Pendidik mengajak peserta didik untuk berhati-hati dalam menyampaikan pendapat kepada orang yang berasal dari budaya berbeda.

Ex 1
Peserta didik ditanya sebagai berikut:
Have you ever say something funny When You didn't mean to? Why was it funny?

Ex 2
Peserta didik duduk secara berpasangan.
Peserta didik membaca 7 kalimat pernyataan.
Peserta didik membaca kalimat yang berisi kesalahan pengambilan sikap.

Ex 3
Peserta didik kembali membaca 7 kalimat.
Peserta didik menemukan apa sesungguhnya  yang sedang ingin disampaikan dari 7 kalimat tersebut.

Ex 4
Peserta didik menjawab 4 pertanyaan yang terjadi ketika mereka berbicara dengan menggunakan bahasa lain.
1. You forget a word.
2. You go read.
3. You panic and say nothing.
4. You say the wrong word.

Ex 5
Peserta didik menjawab 2 pertanyaan berikut:
1. When we talked about the main events in a story?
2. To say we were doing at a certain time in the past?

Ex 6
Peserta didik membaca cerita rumpang.
Peserta didik melengkapi kalimat rumpang dengan menggunakan past simple atau past continuous dari kosakata yang disimpan dalam kurung.

Ex 7
Peserta didik membaca cerita.
Peserta didik mencari strong adjective dan adverb yang digunakan pada exercise 6.

Ex 8
Peserta didik membaca adjective dan adverb yang disediakan.
Peserta didik membaca 6 kalimat yang menggunakan adjective dan adverb.
Peserta didik mengganti adjective dan adverb yang digunakan pada kalimat dengan adjective dan adverb yang telah disediakan.

Ex 9
Peserta didik berganti pasangan duduk.
Peserta didik menceritakan ulang cerita dari exercise 4.
Peserta didik menceritakan ulang kembali exercise 4 dengan menggunakan past tense dan strong adjective.
Peserta didik dimintai penjelasan apakah dengan menggunakan past tense dan strong adjective aktif cerita terasa berbeda? Bagaimana bedanya?

Ex 10
Peserta didik membaca rancangan menulis yaitu:
Peserta didik telah diminta oleh guru bahasa Inggrisnya untuk menulis sebuah cerita,  cerita harus dimulai dengan kalimat berikut:
I glanced around and everyone in the room was looking at me.
Peserta didik menjawab 3 pertanyaan berikut:
1. Where must the sentence given in the task come in the story?
2. How many words do you need to write?
3. Who are you writing for?
Peserta didik menulis cerita dengan menggunakan kurang lebih 100 kata.

IPK
Peserta didik menggunakan makna antar bagian dalam teks tulis dengan menggunakan rincian dalam cerita.

Disajikan sebuah kalimat  peserta didik dapat menulis cerita.

Your English teacher has asked you to write a story. Your story must begin with this sentence  "I glanced around and everyone in the room was looking at me."
Write your story in about 100 words.

Ex 11
Peserta didik Membuka halaman 154.
Peserta didik membaca saran untuk menulis cerita.
Peserta didik merancang Bagaimana cerita tersebut hendak dikembangkan.
Peserta didik menggunakan tips berikut:
1. I was speaking English in the classroom and made a big mistake.
2. I was singing in a school concert when I forgot the words.
3. I was giving a class presentations and the electricity went off.

Ex 12
Peserta didik memilih salah satu ide untuk cerita yang diambil dari exercise 11.
Peserta didik menjawab 5 pertanyaan untuk merancang cerita:
1.When did it happen?
2. Where did it happen?
3. Who was there?
4. What was the main action?
5. What happened in the end?

Ex 13
Peserta didik menulis salah satu cerita yang dipilihnya dari exercise 11 dengan menggunakan kurang lebih 100 kata.

Ex 14
Peserta didik membaca ceritanya oleh dirinya sendiri.
Peserta didik memperbaiki kualitas tulisannya dengan menggunakan tiga langkah berikut:
1. Find the adjectives. Can you think of a place to add two more?
2. Can you improve on any of the adjectives for example nice becomes delicious, big becomes a huge,  good become, amazing or fascinating?
3.  check the past tenses. Did you use the past simple or past continuous? If not, can you find a place to put them both in?

No comments:

Post a Comment