Faktanya, hasil belajar siswa Indonesia pada pendidikan dasar dan menengah belum memadai untuk dapat berperan optimal di dunia yang kini berubah drastis.
Kemampuan guru Indonesia dalam menggunakan kalimat hanya 3% yanglebih dari 23 kata per kalimat.
... rata2 UKG guru rendah
Disparitas kualitas hasil belajar siswa Jakarta dan Papua sangat besar.
Data di atas adalah warning. Bagaimana cara memperbaiki hasil belajar siswa agar siswa dapat meningkat kemampuan analitis dan interpersonalnya.
Reformasi yang telah dilakukan selama ini melalui para guru didorong melakukan penelitian tindakan kelas. Guru melakukan tindakan yang membantu peningkatan hasil belajar bahkan bonusnya guru yang melakukan PTK dapat naik pangkat.
Tapi tidak demikian, PTK menyontek, tidak benar-benar melakukan tindakan yang meningkatkan hasil belajar tapi semata-mata untuk naik pangkat.
Juklak juknis kurikulum diberikan, pembelajaran tanpa kreativitas
Assessment sangat penting karena feedbacknya dapat memperbaiki hasil menjadi lebih baik.
No comments:
Post a Comment