Tuesday, October 20, 2020

AKM untuk perbaikan pembelajaran 2

Pekerjaan berubah sebagai dampak berubahnya peran teknologi dalam kehidupan manusia. Pekerjaan dapat diotomasi dengan teknologi. Pekerjaan yang membutuhkan kemampuan analitis dan interpersonal saja yang tidak tergantikan mesin. Dengan kata lain, jika siswa ingin bisa memperoleh pekerjaan pada masanya,  mereka harus memiliki keterampilan aras tinggi (HOTS). 
Faktanya, hasil belajar siswa Indonesia pada pendidikan dasar dan menengah belum memadai untuk dapat berperan optimal di dunia yang kini berubah drastis.  

Kemampuan guru Indonesia dalam menggunakan kalimat hanya 3% yanglebih dari 23 kata per kalimat. 
... rata2 UKG guru rendah

Disparitas kualitas hasil belajar siswa Jakarta dan Papua sangat besar.

Data di atas adalah warning. Bagaimana cara memperbaiki hasil belajar siswa agar siswa dapat meningkat kemampuan analitis dan interpersonalnya.

Reformasi yang telah dilakukan selama ini melalui para guru didorong melakukan penelitian tindakan kelas. Guru melakukan tindakan yang membantu peningkatan hasil belajar bahkan bonusnya guru yang melakukan PTK dapat naik pangkat. 
Tapi tidak demikian, PTK menyontek,  tidak benar-benar melakukan tindakan yang meningkatkan hasil belajar tapi semata-mata untuk naik pangkat.

Juklak juknis kurikulum diberikan, pembelajaran tanpa kreativitas 


 Assessment sangat penting karena feedbacknya dapat memperbaiki hasil menjadi lebih baik.

No comments:

Post a Comment