Bu maaf bertanya utk ekstrakurikuler. Apakah menyalahi aturan jika 2 jenis ekskul dilaksanakan dalam 1 bulan. Maksudnya 2 minggu utk ekskul A, 2 minggu utk ekskul B?
Permasalahan guru:
Malam Bu. Maaf bertanya apakah ada Permen baru utk struktur kurikulum? Utk bhs inggris jml jam pelajaran jd 3 jam utk semua fase. Benarkah ini Bu? Tks
Baik Bu, sy sudah dapat permen itu tp belum beres membaca. Lg mencermati CP baru Bu
Bu utk siswa jurusan ipa, apakah wajib mengambil 3 mapel khas ipa? Atau boleh hanya memilih 2 saja, misalnya biologi dan fisika?
Sore Bu, sy tuliskan tujuan workshop nanti :
1. Penulisan soal (esai dan PG) dan kisi2 dg KKO yg tepat. Pemakaian KKO yg terkesan asal2an. Belum paham bgm mengklasifikasikan apakah soal tsb termasuk C1, 2, 3, 4, 5 atau 6.
2. Penyusunan stimulus soal (PG dan esai)
3. CP baru, sebaran materi di fase F
4. Konsultasi model pembelajaran projek (PjBL). Nanti sy minta guru2 menyiapkan 1 rpp/modul berbasis projek
Demikian ya Bu. Tks
Kami jg punya CSI, customer satisfaction index, nilai kurang pd bagian pembelajaran
Sy perhatikan guru tidak mau memberikan waktu utk memikirkan rancangan pembelajaran, yg penting buat modul/rpp dan jg tdk dijalankan. Jd utk formalitas sj
2 minggu lalu sy sdh adakan pra raker spy guru bs punya waktu khusus nyusun
Utk thn ajaran depan sy minta semua guru utk nyusun rpp utk 1 materi dr awal gr msk memberi materi smp penilaian
Ada 1 guru sy yg punya soal ulangan dr tahun ke tahun modelnya itu2 saja, baik pelj PAK dan PKn. Sdh sy arahkan tp spt nya beliau ga bisa membuat soal. Jawaban 1 nomor bs sampe 1/3 halaman. Dan itu utk semua kls. Masuk akal kl selalu mengeluh banyak waktu tersita. Dan sy pernah amati diam2 cara mengoreksi jawaban ulangan. Dlm hitungan bbrp detik bisa memberi score dg cepat. Dan dr tahun ke tahun komposisi nilai ulangan harian kl ndak 85, 80, 90. Begitu terus. Sy saja mengoreksi jawaban 1 atau 2 kalimat ga bs secepat itu. Berikut fotonya
Dlm membuat rubrik jg begitu utk esai. Nilai tergantung pd kondisi jawaban siswa. Menurut sy sepanjang apapun jawaban siswa guru hrs punya kriteria2/acuan
Acara saya mulai dengan memberikan jawaban terlebih dahulu terhadap pertanyaan ibu kepala sekolah, dengan menggunakan peraturan Permendikbud Nomor 12 tahun 2024. Pada peraturan tersebut dijelaskan bahwa untuk ekskul bisa saja dilakukan dalam satu minggu untuk 2 eskul dengan catatan beban belajar yang sudah disepakati dipenuhi. mengacu pada peraturan Permendikbud Nomor 12 bahwa ekstrakurikuler harus memiliki kompetensi capaian pembelajaran dan beban belajar yang ditetapkan. Jadi jika dilakukan dua minggu sekali itu tidak apa-apa selama beban belajar yang ditetapkannya terpenuhi.
Setelah itu saya memaparkan materi sesuai dengan permintaan. yaitu pertama penyusunan fase. Pada penyusunan fase saya menyampaikan mengenai perubahan materi di bahasa Inggris. Yaitu mengacu kepada CEFR B1 yang setara dengan intermediate. kepada gurunya darki, saya sarankan untuk melakukan pengujian dulu ke muridnya. Apabila belum siap B1 tidak apa-apa muridnya diturunkan dulu ke A2 titik Setelah itu baru masuk ke B1.
ada flyer dari patata untuk kegiatan workshop secara daring selama 3 hari berturut-turut. Pemateri Ibu Nining, mudah-mudahan saya bisa banyak belajar darinya.
No comments:
Post a Comment