Wednesday, July 3, 2024

SMAN 18 Kota Bandung

KS Pa Dani yang sakit gigi waktu kegiatan di Hotel Santika.

Laporan kegiatan Raker oleh Pak Wika:
dilaksananan 69 guru,  TU 23 orang, caraka 10, komite 4, OSIS 10.
Menggali berbagai akar permasalahan dan mencari solusi dalam rangka mencapai mutu pendidikan, khususnya rapor pendidikan SMAN 18 Bandung.
Produk: dokumen, rencana kerja tahunan, SOP. 

Sambutan KS, Bapak Dani
Sekolah sedang beberes, atap jebol. 
Kegiatan ini jangan hanya untuk memenuhi administrasi saja. 
Masuk PT 49. Pendaftar 600 siswa.
Animo masuk ke 18 makin naik.
Nagih kebutuhan guru untuk ngajar satu tahun ke depan.
Kegiatan MGMP hadir berapa kali dalam sebulan.
Lomba mapel.
Pak Sugarman Korwas Bandung Cimahi. Memegang 18 sekolah.

Bagaimana cara membenahi sekolah supaya melejit tanpa berbelit-belit?
1. Bawa semua guru dan kepala sekolah untuk melakukan identifikasi laporan rapor pendidikan.
2. Urutkan laporan rapor pendidikan menjadi ke sorting dari angka yang terkecil sehingga yang terbesar.  dengan cara ini kelihatan, skor mana saja yang terkecil sampai dengan yang terbesar. tetapi tidak lagi muncul berdasarkan indikator yang sudah dikelompokkan. 
3. Berdasarkan pengelompokan yang ada pada laporan rapor kemudian ajak para guru untuk melakukan benahi sesuai dengan mata pelajarannya titik sebagai contoh misalnya permasalahannya di kemampuan numerasi maka guru bahasa Indonesia membenahinya dengan memberikan materi nomor resi lintas mata pelajaran. Beritahukan kepada guru bahwa untuk pembenahan ini, dilakukan dalam waktu selama 1 tahun ajaran titik sehingga nanti hasil dari analisis ini digunakan untuk konten-konten pembelajaran, atau strategi-strategi pembelajaran yang nanti akan digunakan di tahun ajaran 2024 2025.
4. Selanjutnya guru diajak lagi melihat ke indikator yang harus dibenahi titik dari indikator yang harus dibenahi tersebut dikaitkan dengan 8 indikator yang ada pada rhk. Sebagai contoh misalnya well being peserta didik rendah maka rhk yang tepat untuk dipilih oleh para guru adalah ekspektasi pada peserta didik. pada ekspektasi peserta didik, rubriknya meminta para guru untuk mengenal karakteristik poster tadi di menghargai peserta didik Memberikan motivasi kepada peserta didik. Dengan cara ini terjadi korelasi antara indikator yang harus dibenahi dan pembenahan yang dilakukan oleh guru tetapi dilakukan dengan cara yang betul-betul merubah perilaku guru titik karena kegiatan ini dilakukan berdasarkan kontrak pada rhk yang dinilai langsung oleh Kepala Sekolah.
5. Ajak kepala sekolah untuk melihat identifikasi bagian d. 3 kepemimpinan instruksional. Pada bagian mana Yang Masih belum baik, Misalnya visi misi atau pengelolaan kualitas pembelajaran maka hal ini juga sama kaitkan dengan rhk kepala sekolah. Jika kualitas di pembelajaran jelek maka kepala sekolah bisa memilih Bagaimana kepala sekolah mendorong dan memberikan arahan peningkatan kualitas pembelajaran, kemudian dikontrak di rhk.
5. Untuk dukungan kegiatan pembelajaran supaya bisa berjalan lancar maka seluruh guru mengidentifikasi rapor pendidikan, tetapi kali ini digunakan untuk mengisi lembar 3 yaitu lembar rencana kerja tahunan. Hal-hal yang dirancang di bagian perubahan perilaku untuk lingkup kelas yang tadi dikerjakan di nomor 2, juga di nomor 3 untuk perilaku di rhk, digabungkan di sana untuk diajukan kepada sekolah titik pengajuan misalnya untuk kebutuhan perubahan misalnya dibutuhkan ATK berupa kertas HVS atau kertas fosil untuk memberi nama pada murid.
 

No comments:

Post a Comment